Arti Data Governance dan Alasan Anda Membutuhkannya

Cahaya Muslim

17 May 2024 02:01

Image

Data governance makin hari makin dibutuhkan oleh setiap organisasi maupun bisnis. Alasannya, kepentingan terhadap data yang terorganisir harus diperhatikan karena menyangkut kemanan data serta aturan negara.

Tidak hanya itu, data governance juga bermanfaat untuk meningkatkan kualitas data. Jadi, data governance bertujuan menjaga data Anda agar tetap relevan, mudah digunakan dan aman. Sebenarnya, apa itu data governance? Simak penjelasannya di bawah sini!


Apa itu Data Governance

Data governance atau bisa juga disebut tata kelola data adalah cara mengelola data secara efektif yang mencakup perizinan mengakses data, bagaimana data tersebut diakses, hingga seperti apa data tersebut akan digunakan.

Data governance dapat diartikan juga sebagai sistem yang dirancang untuk memberikan otoritas kepada pihak tertentu untuk mengakses data perusahaan sehingga data bisa tetap terlindungi dengan baik.  

Pihak yang diberi wewenang memiliki tanggung jawab untuk membuat serangkaian kebijakan, prosedur, dan standar yang mengatur bagaimana data diakses, digunakan, dijaga kualitasnya, dilindungi, hingga dihapus.

Karena berkaitan dengan keamanan dan kualitas data, maka sangat penting bagi perusahaan untuk segera menerapkan data governance. Penerapan datta governance harus menyesuaikan terhadap Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). 

Manfaat Data Governance

Sesuai definisinya, data governance membuat data lebih terorganisir sehingga lebih mudah digunakan nantinya. Namun, tidak hanya itu, data governance juga masih memiliki manfaat lainnya. Misalnya, data governance dapat meningkatkan kepercayaan publik karena kepastian perlindungan data yang sesuai undang-undang. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya, yaitu di antaranya sebagai berikut:

  • Memperkuat Keamanan Data: Data governance memastikan privasi data Anda dan meminimalisir risiko kebocoran data.
  • Meningkatkan Kualitas Data: Apabila data governance diterapkan, hal tersebut membantu meningkatkan keakuratan data dan konsistensi.
  • Mematuhi Regulasi Hukum yang Ada: Aturan atau hukum yang dibuat tentunya ada tujuan dan demi kebaikan bersama. Maka dari itu, regulasi yang dijalankan dengan baik akan berdampak positif kepada perusahaan pula.
  • Mengefisiensi Operasional: Bagi yang memiliki otoritas, data akan lebih mudah diakses dan tepat serta efisien untuk dimanfaatkan.
  • Membantu Pengambilan Keputusan Lebih Baik: Data governance dapat membantu dengan menyajikan insight berharga yang mudah digunakan.
  • Meningkatkan Kepercayaan Pelanggan: Data governance menunjukkan komitmen Anda terhadap keamanan data.

Contoh Data Governance

Salah satu contoh data governance yang terlihat jelas adalah platform milik pemerintah bernama Satu Data Indonesia (SDI). SDI adalah kebijakan tata kelola data pemerintah yang memiliki tujuan mengorganisir data berkualitas dan mudah diakses.

Melalui SDI, seluruh data pemerintah dan data instansi lain yang terkait sudah terintegrasi dalam Portal Satu Data Indonesia (data.go.id).

Melalui Portal Satu Data Indonesia, pemerintah berusaha memperbaiki tata kelola data untuk mewujudkan transparansi dan akuntabilitas pemerintah dan mendukung pembangunan nasional.

SDI menjadi platform yang mengintegrasikan data dari berbagai sumber berbeda untuk memfasilitasi pertukaran informasi yang lebih efisien dan efektif di antara lembaga pemerintah. 

Selain SDI, masih banyak contoh data governance yang bisa dilihat. Misalnya, data governance di rumah sakit. RS bisa menetapkan kebijakan mengenai seperti apa data pasien bisa diakses dan digunakan.

Tentunya, tidak sembarangan orang bisa mengakses data dari rumah sakit. Maka dari itu, diperlukan data governance agar data terorganisir dengan baik dan keamanan data terjamin. 

Tidak hanya rumah sakit, contoh data governance juga bisa diterapkan pada industri bisnis lainnya, seperti ritel dan pendidikan.

Dalam penerapan data governance, penting untuk mematuhi Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi (UU PDP). Apa itu? Ketahui penjelasannya di sini: Mengenal Undang-Undang Perlindungan Data Pribadi 

Share :

Related Articles