5 Langkah Pengumpulan Data yang Penting Diketahui

Cahaya Muslim

18 June 2024 14:34

Image

Memahami langkah-langkah pengumpulan data akan membantu Anda untuk mendapatkan informasi yang akurat dan relevan. Saat ini, pengumpulan data merupakan proses yang penting untuk dilakukan agar bisa mendapatkan informasi berharga dan bisa digunakan sebagai acuan pengambilan keputusan atau bahan analisis.

Pengumpulan data tidak bisa dilakukan sembarangan, Anda memerlukan langkah-langkah atau proses yang tepat supaya data yang dikumpulkan juga benar. Apa saja langkah-langkah yang penting Anda ketahui? Cari tahu jawabannya di artikel ini.

Baca Juga: Apa itu Data Collection?

5 Langkah Pengumpulan Data

1. Menetapkan Tujuan Pengumpulan Data Dilakukan

Dalam melakukan pengumpulan data, Anda harus terlebih dahulu menentukan tujuan yang jelas dan spesifik. Anda harus bisa mencari tahu informasi apa yang sedang Anda butuhkan dan alasannya apa. 

Menetapkan tujuan ini membantu dalam merancang struktur data agar pengumpulan lebih efektif. Jadi, Anda bisa langsung mengumpulkan data sesuai kebutuhan. Misalnya, tujuan Anda melakukan pengumpulan data adalah untuk menilai seberapa efektivitas campaign marketing yang dilakukan.

2. Menentukan Desain Penelitian

Setelah tujuan ditentukan, waktunya Anda menentukan desain penelitian Anda. Desain penelitian ini mencakup banyak hal, mulai dari jenis data yang digunakan, metodenya, hingga sampel yang dipilih.

Seperti diketahui, ada jenis kualitatif, yaitu data yang bersifat deskriptif seperti wawancara. Kemudian, ada data kuantitatif yang bersifat angka atau numerik seperti survei. Selain itu, Anda juga bisa menentukan instrumen pengumpulan data, yaitu alat yang digunakan untuk mengumpulkan data. Anda dapat membuat pertanyaan jelas dan relevan sehingga jawaban yang diterima sesuai kebutuhan Anda.

Dalam desain penelitian ini, Anda juga harus memperhatikan populasi dan sampel yang dipilih untuk pengumpulan data. Tentukan sampel yang memang sesuai dengan tujuan pengumpulan data Anda. 

3. Mengumpulkan Data

Apabila Anda sudah menentukan tujuan dan desain penelitian, waktunya untuk mengumpulkan data berdasarkan apa yang telah direncanakan. Selama proses pengumpulan data, Anda harus mencatat serta menyimpan data dengan benar. Tujuannya agar data tetap akurat dan bisa menjadi bahan analisis

Salah satu bukti bahwa pengumpulan data tidak bisa dilakukan secara asal-asalan adalah adanya proses pembersihan atau validasi data. Anda harus melakukan pengecekan inkonsistensi, data yang hilang, dan berbagai kesalahan lainnya. 

4. Menganalisis Data

Analisis data menjadi proses penting berikutnya. Sebab, dari analisis ini, insight berharga akan ditemukan apabila analisis dilakukan dengan tepat. Analisis yang dilakukan dapat membantu mengidentifikasi antara hubungan dan pola data yang ada.

Selain itu, analisis juga dapat berfokus pada pemahaman mengenai permasalahan yang ada saat ini. 

5. Melaporkan Hasil

Terakhir, waktunya untuk melaporkan hasil yang telah Anda temukan. Hasil pengumpulan data tersebut dapat  dilaporkan kepada penguasa, pemangku kepentingan atau klien yang membutuhkan.

Laporan yang diberikan berisi mengenai tampilan visualisasi data yang mudah dipahami, jelas, dan informatif. Hal ini nantinya menjadi rekomendasi untuk perusahaan agar bisa menggunakan data untuk sesuatu yang bermanfaat. 

Dari langkah-langkah pengumpulan data tersebut, langkah apa saja yang masih kesulitan Anda lakukan? Pengumpulan data akan jauh lebih mudah apabila Anda menyerahkan kepada ahlinya, yaitu perusahaan konsultan data.

Anda tidak perlu kebingungan lagi dalam mengumpulkan, mengelola, hingga menganalisis data yang ada  Anda cukup merima laporan yang informatif dan mudah dipahami untuk Anda jadikan sebagai acuan pengambilan keputusan lebih baik. Klik di sini sekarang

 

Share :

Related Articles