Marketing Summit, Solusi Temukan Inovasi Terkini di Bidang Pemasaran

Cahaya Muslim

14 October 2024 16:32

Image

Marketing summit bisa menjadi jawaban untuk Anda dalam menghadapi tantangan dunia pemasaran yang terus berkembang seperti sekarang ini. Makin hari, preferensi konsumen terus berubah disebabkan oleh berbagai faktor.

Entah itu karena tren terkini, harga pasaran, dan lain sebagainya. Sebagai tim marketing, Anda tidak bisa melakukan strategi pemasaran yang itu-itu saja. Sebab, hal tersebut akan membuat Anda kesulitan menjual barang.

Dalam mempromosikan produk atau jasa, penting bagi Anda mengetahui inovasi strategi pemasaran terkini agar apa yang Anda lakukan lebih efektif dan relevan.

Mengapa marketing summit bisa menjadi solusi untuk menemukan inovasi pemasaran terkini?

Seperti diketahui, marketing summit adalah ajang atau event yang mempertemukan para ahli pemasaran dari berbagai industri. Di sini, para peserta akan mendapatkan insight berharga yang telah disesuaikan dengan kebutuhan saat ini. 

Tujuan marketing summit diadakan adalah untuk saling berbagi insight, membangun hubungan profesional dengan sesama marketing, hingga membedah strategi pemasaran yang dapat diaplikasikan dalam dunia pekerjaan sehari-hari.

Investasi Berharga dengan Menghadiri Marketing Summit

Bisa dibilang, ikut menghadiri marketing summit merupakan investasi berharga yang bisa Anda lakukan. Di sini, Anda akan mendapatkan insight dari para ahli pemasaran di industri masing-masing.

Mereka telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun untuk membagikan bagaimana kisah jatuh bangunnya sehingga bisa memotivasi serta menginspirasi Anda. 

Selain itu, menghadiri marketing summit juga berarti memperbarui pengetahuan tentang strategi pemasaran serta selalu update tentang tren terbaru. Seperti diketahui, strategi pemasaran harus tetap relevan untuk pelanggan agar mereka merasa terbantu dengan kehadiran Anda.

Tidak hanya itu, mengapa marketing summit menjadi investasi berharga karena dapat membantu Anda membangun jaringan profesional yang lebih luas.

Anda dapat mengenal para ahli marketing dari perusahaan-perusahaan besar dan bisa berkolaborasi atau belajar banyak dari mereka. Jaringan yang kuat juga bahkan bisa membuka peluang kesempatan karier yang lebih baik ke depannya.

Contoh-Contoh Inovasi Pemasaran

Saat ini, sudah ada berbagai macam inovasi di bidang pemasaran. Inovasi-inovasi berikut membantu memudahkan kegiatan pemasaran agar meningkatkan peluang terjadinya closing atau penjualan.

Berikut beberapa inovasi pemasaran yang sedang berkembang saat ini

Influencer Marketing

Inovasi influencer marketing berkembang saat penggunaan media sosial begitu masif. Terlebih lagi, banyak pengguna medsos yang memang mudah terpengaruh terhadap kata-kata atau rekomendasi yang diberikan oleh sang influencer.

Mereka memiliki followers yang loyal sehingga mampu membantu meningkatkan brand awareness dan mendatangkan konversi. 

Pemasaran Omnichannel

Omnichannel merupakan inovasi yang membantu bisnis Anda mudah ditemukan oleh para konsumen. Secara sederhana, omnichannel adalah pendekatan pemasaran yang menghubungkan berbagai saluran komunikasi pemasaran. 

Omnichannel mencakup banyak hal mulai dari media sosial, email, toko fisik, situs web, hingga aplikasi seluler. Inovasi ini dilakukan untuk memberikan pengalaman yang lebih baik kepada konsumen.

Penggunaan Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR)

Saat ini, pengalaman terbaik yang dirasakan oleh pelanggan ketika menggunakan sebuah produk atau jasa adalah hal paling utama. Oleh sebab itu, inovasi berupa Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) menjadi cara untuk memenuhi hal tersebut.

Dengan teknologi AR dan VR, pelanggan bisa merasakan langsung pengalaman berinteraksi dengan sebuah produk atau layanan sebelum membeli.

Contohnya, AR bisa digunakan bisnis furniture untuk membantu pelanggan melihat secara langsung bagaimana rasanya apabila furniture tersebut ada di rumah mereka.

Artificial Intelligence (AI)/Kecerdasan Buatan 

Terakhir, ada inovasi berupa kecerdasan buatan yang memudahkan segala kegiatan pemasaran. AI bisa melakukan banyak hal, seperti personalisasi konten, melakukan riset yang mendalam tentang audiens, analisis data, hingga segmentasi audiens.

AI membantu marketing membuat campaign yang lebih tepat sasaran dan efektif. Hal ini membantu menghindari terbuangnya biaya secara sia-sia yang menguras banyak waktu dan tenaga. 

 

Sebenarnya, masih banyak lagi contoh-contoh inovasi pemasaran yang kini sudah banyak membantu meringankan pekerjaan marketing. Tidak dapat dimungkiri, inovasi-inovasi ini akan terus berkembang melalui pemikiran serta diskusi para ahli.

Salah satu tempat untuk melahirkan inovasi tersebut adalah dengan menghadiri marketing summit. Alasannya karena di event-event seperti itulah para marketing bisa berkumpul dan saling berbagi insight.

Dari sini, sangat mungkin sekali apabila ada sebuah inovasi pemasaran yang dihasilkan guna membantu mengefektifkan pekerjaan marketing.

Jadi, sudah siapkah Anda menemukan inovasi pemasaran terbaru di marketing summit?

Jangan khawatir apabila Anda masih belum menemukan event marketing yang cocok. Cek link berikut untuk mengikuti acara marketing summit yang telah disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

 

Share :

Related Articles