Apa itu Kegiatan Summit? Mengapa Penting untuk Diikuti?

Cahaya Muslim

09 October 2024 17:01

Image

Saat ini, istilah summit sering ditemukan dalam acara-acara yang memiliki konsep pameran, seminar, atau semacamnya.

Secara singkat, summit dapat diartikan sebagai puncak. Dalam dunia pendakian, summit berarti perjalanan yang hampir menuju puncak.

Namun, kegiatan summit di sini bukan merujuk pada bagian gunung yang paling atas. Akan tetapi, summit bisa diistilahkan sebagai sebuah acara puncak yang dilaksanakan dengan berbagai macam tujuan berbeda.

Ada yang melaksanakan kegiatan summit sebagai wadah untuk sharing atau berdiskusi, menjadi tempat bertemunya para ahli, hingga merumuskan strategi serta kebijakan baru.

Tidak heran, umumnya konsep kegiatan summit banyak berbentuk pameran atau seminar karena bertujuan untuk berbagi ilmu pengetahuan. 

Summit sering kali dihadiri oleh para ahli di bidangnya masing-masing. Itulah mengapa ada banyak sekali kegiatan summit berdasarkan tema yang diangkat, mulai dari kesehatan, pendidikan, teknologi, hingga Public Relations (PR) & marketing.

Macam-Macam Kegiatan Summit

Kegiatan summit dapat dilihat macam-macam perbedaannya dari industri yang menyelenggarakan acara serta tema yang diangkat. Berikut beberapa macam kegiatan summit.

1. Marketing Summit

Sebuah acara yang mempertemukan para ahli marketing untuk membahas banyak hal tentang pemasaran. Mulai dari tren terkini, strategi pemasaran, hingga tools atau alat-alat yang bisa membantu mengefektifkan kegiatan pemasaran.

Contoh-contoh marketing summit adalah Kazee Summit dan The MarTech Summit.

2. Public Relations (PR) Summit

Umumnya, PR summit menghadirkan para PR atau humas berpengalaman dari berbagai perusahaan. Di sini, mereka saling berbagi insight mengenai strategi komunikasi, cara mengelola reputasi, hingga bagaimana mengelola krisis. 

Salah satu contoh PR summit adalah Kazee Summit.

3. Climate Summit 

Summit ini biasanya berfokus pada isu-isu lingkungan dan perubahan iklim. Para aktivis lingkungan, profesional akan duduk bersama untuk menyusun strategi mengatasi masalah iklim dan lingkungan, seperti pemanasan global dan polusi.

Pesertanya biasanya perwakilan antar negara yang berkumpul untuk membuat kebijakan yang bisa berdampak secara global. 

4. Health Summit 

Sesuai namanya, health summit berfokus pada masalah-masalah yang ada di ndustri kesehatan. Summit ini penting karena untuk menjaga kesehatan masyarakat serta mewujudkan inovasi-inovasi yang mampu mengatasi masalah kesehatan global.

5. Education Summit 

Terakhir, ada education summit yang berfokus pada pendidikan, mulai dari inovasi, sistem pembelajaran, hingga isu kesejahteraan guru.

Education summit mempertemukan para tenaga pengajar untuk berdiskusi membuat sistem yang lebih baik lagi.

Selain macam-macam summit di atas, sebenarnya masih sangat banyak summit lainnya tergantung kebutuhan industri. Misalkan,ada leadership summit, technology summit, sampai business summit.

 

Intinya, setiap summit biasanya dihadiri oleh para ahli atau pemimpin di bidang masing-masing. Semuanya berkumpul untuk berdiskusi serta menemukan solusi atau inovasi baru terkait tema yang diangkat.

Manfaat Mengikuti Kegiatan Summit

Kegiatan summit tidak hanya bermanfaat untuk para ahli yang hadir. Namun, summit juga bisa bermanfaat untuk masyarakat umum. 

Dengan menghadiri kegiatan summit, peserta bisa memahami masalah apa yang terjadi dalam industri terkait serta mengetahui bagaimana solusi untuk mengatasinya.

Insight yang didapatkan dari kegiatan summit bisa diterapkan dalam menyelesaikan permasalahan dalam pekerjaan sehari-hari. Selain manfaat-manfaat tersebut, ada beberapa manfaat lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

1. Menjadi Tempat Networking yang Efektif

Saat hadir dalam kegiatan summit, tentunya Anda akan bertemu dengan orang-orang yang memang memiliki ketertarikan atau bergelut di bidang yang sama. 

Dari sini, Anda bisa lebih mudah untuk melakukan kolaborasi serta membangun hubungan baik untuk keperluan lainnya. Maka dari itu, summit bisa dibilang merupakan tempat networking yang efektif karena Anda bisa bertemu dengan orang-orang yang tepat dalam satu tempat.

2. Transfer Ilmu Pengetahuan

Seperti diketahui, summit sering kali menghadirkan para ahli dan pemimpin di bidangnya. Mereka umumnya akan berbagi wawasan, pengalaman, dan ide-ide inovatif. 

Hal ini membantu Anda sebagai peserta untuk belajar banyak hal baru. Di sini, terjadi transfer ilmu pengetahuan yang insightnya bisa diterapkan dalam kegiatan sehari-hari Anda dalam bekerja atau berbisnis.

3. Update tentang Tren Terbaru

Apabila mengikuti kegiatan summit, Anda tidak perlu khawatir lagi ketinggalan tren terbaru yang berkembang di industri Anda. Peserta bisa mengetahui perkembangan terbaru yang mungkin saja tidak Anda duga sebelumnya.

Anda juga bisa memahami perubahan dalam pasar yang relevan dengan pekerjaan atau bisnis Anda. Dari sini, Anda pun bisa segera beradaptasi mengikuti setiap tren terkini. Jadi, Anda bisa menjadi yang terdepan karena mengikuti tren yang ada.

4. Membuka Peluang Bisnis dan Investasi

Summit umumnya juga dihadiri oleh para investor yang mencari perusahaan-perusahaan yang cocok untuk diberikan investasi. Summit mempertemukan para investor dan pemimpin perusahaan untuk saling bekerja sama.

Peluang bisnis dan investasi ini akan membantu mengembangkan industri terkait serta meningkatkan omzet bisnis.

Kesimpulannya, kegiatan summit adalah acara puncak yang mempertemukan para ahli di bidang atau industri terkait. Mereka berbagi pengetahuan kepada para peserta dan saling berdiskusi untuk membahas permasalahan yang ada. 

 

Apakah Anda tertarik untuk menghadiri kegiatan summit dalam waktu dekat ini?

 

Share :

Related Articles