Social Media Listening untuk Identifikasi Peluang Pasar Baru

Cahaya Muslim

28 August 2024 17:08

Image

Salah satu cara untuk meningkatkan pendapatan perusahaan adalah dengan menargetkan peluang pasar baru. Hal tersebut menjadikan produk Anda dapat dijual lebih banyak dengan ruang lingkup yang lebih luas sehingga dapat menambah keuntungan.

Namun, mengidentifikasi peluang pasar baru tidak bisa secara asal-asalan. Penting bagi Anda untuk mendengarkan audience agar produk atau layanan Anda dapat sesuai dengan kebutuhan mereka. 

Social media listening membantu Anda agar bisa memaksimalkan peluang pasar baru. Berikut penjelasannya untuk Anda. 

Cara Social Media Listening Mengidentifikasi Peluang Pasar Baru

Social media listening membantu Anda untuk untuk mendapatkan insight langsung dari konsumen. Insight-insight tersebut membuat Anda memahami apa yang sedang dibicarakan oleh target audiens Anda.

Dari sini, Anda dapat mengetahui secara pasti apa yang mereka butuhkan serta inginkan. Dengan informasi ini, Anda dapat menemukan peluang untuk memperkenalkan produk baru, hingga mengubah strategi pemasaran Anda agar lebih efektif.

Langkah pertama dalam menggunakan social media listening untuk mengidentifikasi peluang pasar baru adalah dengan menentukan kata kunci yang relevan dengan industri Anda. 

Dengan memantau kata kunci ini, Anda dapat mengidentifikasi pola dan tren yang menunjukkan adanya peluang pasar baru. Sertakan kata kunci yang menggambarkan masalah umum atau kebutuhan yang belum terpenuhi di pasar.

Setelah menentukan kata kunci, langkah berikutnya adalah menganalisis percakapan konsumen yang terkait dengan kata kunci tersebut. Cari tahu apa yang mereka bicarakan dan analisislah. Analisis ini dapat memberi Anda insight mengenai kebutuhan serta keinginan yang belum terpenuhi di pasar. 

Dengan social media listening, Anda bisa mengetahui keluhan pelanggan terhadap produk yang sudah ada di pasaran.

Kemudian, social media listening juga membantu mengidentifikasi tren yang sedang berkembang saat ini. Tren umumnya dapat memengaruhi perubahan banyak hal, seperti preferensi konsumen, maupun perkembangan teknologi yang bisa memengaruhi bisnis Anda. 

Selain itu, Anda bisa memantau kinerja kompetitor dengan produk atau layanan yang mereka tawarkan di pasar saat ini. Dari sini, Anda pun bisa mengetahui apa kekurangan yang belum terpenuhi dari produk kompetitor. Jadi, Anda bisa hadir untuk memenuhi kebutuhan konsumen.

 

Share :

Related Articles