Pahami Pergerakan Kompetitor dengan Media Monitoring

Cahaya Muslim

22 May 2024 07:08

Image

Mengetahui pergerakan kompetitor dengan media monitoring dapat membantu Anda untuk memahami lebih cepat apa yang harus dilakukan agar menjadi lebih unggul. Seperti diketahui, melakukan pemantauan media memungkinkan Anda agar mendapatkan banyak insight mengenai kompetitor.

Dari monitoring, Anda dapat mengetahui apa saja yang sedang dilakukan kompetitor, respons publik mengenai brand mereka, dan sebagainya. Berikut penjelasan lengkapnya untuk Anda mengenai pemantauan kompetitor dengan media monitoring.

Baca Jugaa: Mengenal Media Monitoring

Apa itu Media Monitoring?

Media monitoring adalah kegiatan untuk melakukan pengumpulan data atau informasi dari berbagai media. Tidak sekadar dikumpulkan, data tersebut akan difiliter, dianalisis, hingga bisa digunakan dalam melakukan pengambilan keputusan lebih baik.

Salah satu hal yang bisa dipantau dari kegiatan ini adalah pergerakan kompetitor. Caranya adalah dengan memantau berita, mention, komentar, dan tren yang terkait dengan kompetitor.

Dalam pemantauan ini, Anda juga bisa memahami bagaimana strategi pemasaran kompetitor, seperti apa peluncuran produk baru yang dilakukan, analisis sentimen terhadap mereka, hingga mengidentifikasi tren terkini agar lebih unggul dari kompetitor.

Manfaat Memantau Pergerakan Kompetitor

Tidak hanya sekadar menjadi yang lebih unggul dari kompetitor, terdapat beberapa manfaat lain dari memantau pergerakan kompetitor. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengelola Risiko dan Krisis

Dengan media monitoring, Anda dapat memantau sentimen brand sendiri atau kompetitor. Dari hasil pantauan, Anda dapat mengidentifikasi risiko dan krisis yang kemungkinan terjadi.

Melalui pemberitaan serta komentar-komentar netizen di berbagai media, Anda bisa mengidentifikasi segala potensi yang bisa memengaruhi citra. Jadi, Anda pun dapat mempersiapkan strategi mitigasi yang lebih baik.

  • Membuat Strategi Pemasaran Lebih Baik

Jadilah lebih unggul dalam hal strategi pemasaran dari kompetitor Anda. Dengan melakukan pemantauan, Anda dapat mengetahui seperti apa strategi yang diterapkan oleh mereka. Dari sini, Anda pun dapat melakukan analisis sehingga bisa membuat strategi pemasaran lebih baik. Melalui medmon, Anda bisa belajar dari keberhasilan dan kegagalan kompetitor.

  • Mengidentifikasi Peluang Pasar Baru

Memantau kompetitor bisa membuat pandangan Anda lebih luas. Anda bisa melihat produk baru seperti apa yang diluncurkan oleh kompetitor. Dari sini, Anda akan mengetahui target market yang sedang disasar kompetitor. Jadi, Anda pun dapat mengidentifikasi apakah bisa memfokuskan di area pasar tersebut atau tidak.

Kesimpulan

Umumnya, terdapat media monitoring tools untuk memudahkan kegiatan Anda dalam mengetahui pergerakan kompetitor. Anda cukup mengetik nama brand atau kata kunci di tools tersebut untuk mengumpulkan informasi yang Anda butuhkan. 

Salah satu rekomendasi tools yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Media Monitoring. Tools tersebut membantu Anda mendapatkan banyak informasi mengenai kompetitor Anda.

Apa yang bisa dilakukan Kazee Media Monitoring?

Kazee Media Monitoring dapat memberikan perbandingan terhadap kompetitor dengan cara menyajikan wawasan berharga yang dikumpulkan dari berbagai media. Misalnya, memahami sentimen publik, pemberitaan, analisis top influencers, hingga trend yang berkembang. 

Apakah Anda sudah siap memantau pergerakan kompetitor? Pantau segala hal tentang kompetitor Anda dengan media monitoring. Klik di sini untuk mencobanya sekarang!

Share :

Related Articles