Mengenal Social Media Intelligence yang Bermanfaat bagi Bisnis

Cahaya Muslim

24 June 2024 16:59

Image

Social Media Intelligence (SMI) merupakan kecerdasan yang harus dimiliki oleh para pemimpin bisnis. Salah satu alasannya karena media sosial saat ini menjadi tempat banyak informasi berkumpul.

Tahukah Anda bahwa setiap informasi tersebut dapat membantu untuk pengambilan keputusan lebih baik dalam bisnis? Dengan informasi-informasi yang dikumpulkan serta dikelola dengan tepat, Anda akan mendapatkan insight berharga yang bisa memberikan kemajuan bagi bisnis Anda.

Sebenarnya, apa itu social media intelligence dan mengapa penting bagi bisnis? Simak semuanya di sini!

Baca Juga: Alasan Social Media Analytics Diperlukan

Apa itu Social Media Intelligence?

Secara sederhana, Social Media Intelligence adalah kegiatan mengumpulkan hingga menganalisis informasi yang ada di berbagai platform media sosial. SMI merupakan pengumpulan informasi dari sumber-sumber yang terbuka untuk umum, seperti media sosila.

Tujuan utama kegiatan ini dilakukan adalah untuk mengubah data mentah dari media sosial untuk dijadikan sebagai data yang bisa digunakan sebagai acuan untuk menentukan langkah bisnis ke depannya.

Dalam melakukan hal ini, diperlukan teknik serta tools-tools yang tepat agar data yang dihasilkan juga berkualitas. Secara spesifik, seperti apa manfaat dari social media intelligence bagi bisnis ini?

Manfaat Social Media Intelligence?

Social media Intelligence memiliki banyak manfaat bagi bisnis. Contohnya adalah dapat meningkatkan layanan pelanggan melalui cara memahami kebutuhan serta keinginan pelanggan dari apa yang mereka sampaikan di media sosial. Selain itu, terdapat beberapa manfaat lainnya dari social media intelligence. Di antaranya adalah sebagai berikut.

Meningkatkan Brand Awareness

Brand awareness sangatlah penting agar membuat produk atau layanan Anda mudah laku. Pelanggan lebih menyukai brand yang mereka telah kenal dengan baik. Dengan SMI, Anda bisa meningkatkan brand awareness melalui pembuatan konten yang lebih relevan serta menarik bagi audiens.

Mengidentifikasi dan Mengelola Krisis

Berikutnya, social media intelligence membantu Anda mengetahui sejak dini postingan-postingan atau informasi yang kemungkinan mengganggu citra bisnis Anda. Oleh sebab itu, dengan SMI, Anda dapat membantu organisasi untuk mengidentifikasi serta mengelola krisis dengan cara memantau apa yang netizen katakan tentang brand Anda di media sosial sehingga mengambil tindakan untuk mengatasi masalah.

Menemukan Peluang Bisnis Baru

Di media sosial, Anda bisa mengetahui tren-tren terkini dan mendapatkan ide-ide baru sehingga menemukan apa yang bisa ditingkatkan dari bisnis Anda. Social media intelligence dapat mengidentifikasi potensi pasar baru untuk memenuhi kebutuhan pelanggan, 

Meningkatkan Strategi Pemasaran

Terakhir, social media intelligence juga bisa meningkatkan strategi pemasaran. Caranya adalah dengan membantu memahami apa yang disukai serta tidak disukai oleh audiens mereka. Jadi, hal ini dapat digunakan untuk mengoptimalkan campaign serta mengevaluasi strategi pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya.
 

Rekomendasi Tools Social Media Intelligence

Salah satu tools social media intelligence yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Media Monitoring. 

Dengan Kazee Media Monitoring, Anda bisa melakukan social media listening & analytics. Jadi, Anda pun dapat melakukan pemantauan atau mendengarkan apa yang netizen katakan di media sosial dari setiap komentar atau postingan yang ada.

Kazee Media Monitoring membantu dalam mengumpulkan data mentah, menganalisis serta mengelolanya sehingga dapat menjadi wawasan berharga untuk acuan Anda dalam pengambilan keputusan.

Tools ini pun membantu para pemimpin untuk melakukan pengambilan keputusan yang lebih baik.

Apakah Anda ingin segera mencoba tools Kazee Media Monitoring? Klik di sini untuk segera mendapatkan banyak insight berharga dari berbagai media sosial, seperti Facebook, X, Instagram, hingga Tiktok.

Share :

Related Articles