Mengenal Consumer Insight yang Bisa Bantu Tingkatkan Penjualan

Cahaya Muslim

24 April 2024 09:50

Image

Pernahkah Anda mengenal istilah consumer insight? Salah satu manfaatnya adalah membantu meningkatkan penjualan, loh. Apabila Anda memahami istilah ini, artinya Anda akan berfokus kepada pelanggan.

Jadi, hal tersebut akan memengaruhi tingkat pembelian mereka. Bisa jadi lebih banyak pembelian terjadi atau bisa menjangkau pelanggan-pelanggan baru. Oleh sebab itu, yuk simak sampai habis artikel ini untuk mencari tahu tentang consumer insight. 

Baca Juga: Service Consumer Insight

Apa itu Consumer Insight?

Secara sederhana, consumer insight dapat diartikan sebagai wawasan atau pemahaman mengenai pelanggan. Istilah ini mengacu pada bagaimana Anda memahami segala hal tentang pelanggan Anda, mulai dari kebiasaan berbelanja, minat mereka, hingga pendapat tentang produk Anda.

Mengapa ini penting? Tujuannya supaya Anda bisa menghadirkan produk atau layanan yang tepat sesuai kebutuhan serta keinginan pelanggan. Tahukah Anda bahwa banyak bisnis yang gagal karena tidak mengetahui secara pasti apa yang dibutuhkan pasar.

Maka dari itu, penting bagi Anda untuk memahami consumer insight dengan baik. Melalui consumer insight, Anda bisa mengetahui hal apa dari produk Anda yang harus dikembangkan atau diperbaiki.

Consumer insight bisa didapatkan dengan berbagai cara. Misalnya, dengan melakukan media monitoring atau mengandalkan proses riset. Anda bisa memantau apa saja yang dikatakan oleh pelanggan di media sosial tentang bisnis Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengumpulkan data dengan cara melakukan survei, wawancara, atau observasi secara langsung. Anda bisa memahami pelanggan dari jawaban-jawaban yang diberikan.

Manfaat Consumer Insight

Selain bermanfaat untuk mengetahui secara pasti kebutuhan pasar, consumer insight masih memiliki banyak manfaat lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut. 

  • Cepat Beradaptasi dengan Tren Terkini

Consumer insight membantu Anda untuk cepat beradaptasi dengan tren terkini. Tidak jarang, keinginan pelanggan juga akan ikut berubah bergantung tren yang ada. 

Oleh sebab itu, wawasan ini membantu memberikan data yang jelas mengenai efek tren tersebut terhadap kebiasaan berbelanja pelanggan. Dari sini, Anda bisa lebih cepat untuk menyesuaikannya.

  • Mengetahui Target Pasar yang Sesuai

Melalui consumer insight, Anda tidak perlu takut lagi salah target pasar. Sebab, Anda bisa menemukan insight yang jelas mengenai perkembangan pelanggan Anda saat ini. Dari data yang dihasilkan, Anda dapat melihat dengan jelas apakah selama ini sudah menyasar target pasar yang sesuai atau belum.

  • Memperkuat Hubungan dengan Pelanggan

Customer insight membuat Anda bisa mengetahui apa yang dirasakan dan dipikirkan oleh pelanggan. Dari sini, Anda bisa memperkuat hubungan dengan pelanggan dengan cara hadir untuk memberi solusi dari permasalahan mereka melalui bisnis Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa dapat melakukan personalisasi pelanggan sehingga pelanggan akan merasa dekat dengan bisnis Anda.

Selain tiga manfaat di atas, consumer insight juga bermanfaat untuk menjadikan kegiatan bisnis Anda lebih efektif. Jadi, Anda bisa meminimalisir risiko kegagalan dan meningkatkan peluang keberhasilan. Hal ini bisa lebih menghemat biaya operasional serta menghindari kebangkrutan. 

Contoh Consumer Insight

Customer insight bisa diterapkan dalam berbagai bidang bisnis. Jadi, tidak hanya terbatas pada satu industri tertentu. Bisa juga dimanfaatkan untuk bisnis ritel, e-commerce, dan sebagainya.

Salah satu contoh consumer insight adalah analisis pelanggan dari industri Fast-Moving Consumer Goods (FMCGG) yang berada di wilayah Jabodetabek. Dengan menggunakan Research Intelligence, Kazee pernah melakukan pengumpulan data untuk mendapatkan consumer insight tersebut dengan melakukan survei.

Berikut contoh tampilan laporan datanya untuk Anda.

 

Dari data di atas, dapat terlihat dengan jelas produk FMCG apa yang paling banyak dibeli atau dicari oleh pelanggan. Minyak goreng menjadi produk yang sering dibeli di wilayah Jabodetabek.

Tidak hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan data secara spesifik untuk produk tertentu. Contohnya pada gambar di bawah ini.

 

Dari insight di atas, Anda bisa mengetahui seberapa sering pelanggan membeli biskuit. Consumer insight FMCG ini juga mencakup banyak hal, seperti data tentang usia responden, tingkat pendidikan responden, hingga jumlah pengeluaran mereka saat berbelanja.

 

 

Masih banyak lagi data-data yang dikumpulkan untuk mendapatkan consumer insight yang tepat dan menarik. Apakah Anda ingin melihat contoh consumer insight FMCG lebih detail? Yuk, unduh semuanya di sini secara gratis.

Demikianlah penjelasan singkat mengenai apa itu wawasan pelanggan. Kesimpulannya, consumer insight menjadi salah satu upaya untuk Anda memahami seperti apa pelanggan Anda. Pemahaman ini membantu Anda untuk menyediakan produk serta layanan yang relevan atau sesuai kebutuhan serta keinginan mereka.

Consumer insight bisa didapatkan dengan berbagai cara, seperti menggunakan media intelligence atau research intelligence. Kazee mempunyai kedua produk itu sehingga bisa membantu Anda menampilkan consumer insight yang berharga. Anda cukup mengisi form berikut agar bisa segera mengenal lebih jauh segala kebutuhan pelanggan Anda melalui consumer insight.

 

Share :

Related Articles