Gunakan Media Intelligence untuk Membantu Proses Riset dan Pengembangan Produk

Cahaya Muslim

21 February 2024 02:43

Media intelligence bisa digunakan untuk membantu proses riset dan pengembangan produk. Bagaimana cara kerjanya dan mengapa itu penting? Seperti diketahui, ulasan atau pendapat dari pelanggan adalah yang utama dalam bisnis. Apabila ingin mengetahui sejauh mana produk atau layanan Anda disukai, komentar dari merekalah yang perlu diperhatikan sebagai bahan acuan pembuatan strategi.

Baca Juga: Media Intelligence: Definisi, Manfaat, dan Cara Kerjanya

Namun, bagaimana cara mengumpulkan data mengenai respons pelanggan ini? Tentunya, tidak semuanya menyampaikan pendapat dalam satu platform yang sama. Semua pendapat mengenai brand Anda bisa tersebar di internet dalam berbagai media mana pun.

Oleh sebab itu, inilah pentingnya menggunakan media intelligence untuk mengetahui semua respons tersebut dalam satu dashboard yang sama. Apa itu media intelligence? Temukan jawaban selengkapnya di sini.

Manfaat Kazee Media Intelligence untuk Membantu Proses Riset dan Pengembangan Produk 

Secara sederhana, media intelligence adalah kecerdasan dalam mengumpulkan informasi dengan memantau dan menganalisis data yang dibutuhkan. Kegiatan ini mengumpulkan data mengenai tren terkini, hingga mengetahui strategi kompetitor.

Tidak hanya itu, media intelligence juga dapat mengumpulkan data mengenai pelanggan Anda. Dari sini, Anda dapat mengetahui dengan mudah berbagai pendapat yang ada di media sosial maupun media massa. 

Salah satu tools media intelligence yang bisa Anda coba gunakan adalah Kazee Media Intelligence. Setidaknya, berikut beberapa hal yang bisa Anda lakukan dengan tools ini.

  • Mention Analyst

Di media intelligence, Anda bisa memantau berita terkini yang ada di seluruh platform mengenai brand Anda. Dari sini, Anda pun dapat mengetahui peristiwa atau isu apa yang sedang dikaitkan kepada Anda.

  • Sentiment Analyst

Anda bisa memahami bagaimana tanggapan orang-orang mengenai brand Anda berdasarkan sentimen. Dari sini, Anda dapat mengetahui bagaimana ukuran kepuasan pelanggan melalui percakapan online.

  • Trend Analyst

Anda dapat mengetahui tren terkini yang bisa dimanfaatkan bagi pengembangan produk Anda. Dari tren yang ada, Anda dapat menganalisis dan menerapkannya dalam produk atau layanan Anda.

  • Top Publications

Artinya, Anda bisa melihat postingan atau publikasi seperti apa yang paling banyak membicarakan bisnis Anda. Hal ini penting karena sebuah publikasi dapat berpengaruh besar pada produk Anda.

  • Top Locations

Hal ini didasarkan pada lokasi atau tempat di mana pengguna mengupload postingan yang menyebut bisnis Anda. Jadi, Anda dapat mengetahui sebaran lokasi target audience Anda.

  • Top Influencers

Maksudnya, mengetahui siapa influencer yang paling banyak menyebut bisnis Anda. Top influencers ini juga dapat membantu Anda menemukan influencer yang tepat untuk diajak berkolaborasi dalam mempromosikan produk baru Anda.

  • SNA Analysis

Cari tahu kata kunci apa yang berkaitan dengan bisnis Anda. Di SNA Analysis inilah Anda bisa mengidentifikasi seberapa sering kata kunci itu muncul. Dari sini, Anda bisa menggunakan datanya untuk menjadi pertimbangan dalam mengembangkan produk.

  • Buzzer Tracking

Media intelligence juga membantu Anda memantau intensitas aktivitas buzzer. Seperti diketahui, buzzer adalah orang yang memanfaatkan media sosial untuk menyebarluaskan informasi. Dari sini, Anda bisa memantau seperti apa pesan yang disampaikan oleh mereka dalam mempromosikan sebuah produk atau layanan.

Kemudian, salah satu alasan lain mengapa media intelligence dapat membantu proses riset dan pengembangan produk karena banyaknya data yang didapatkan dari berbagi sumber.

Contohnya, dari berita online. Kazee dapat memindai sumber berita online lokal dan internasional untuk memberikan update terkini serta komprehensif. Kemudian, sumber dari media cetak.

Kazee bermitra dengan lebih dari 150 media cetak Indonesia yang terverifikasi untuk menjamin akses informasi terpercaya. Data juga didapatkan dari berbagai platform media sosial. Jadi, Anda bisa mengetahui semua postingan atau aktivitas di medsos, seperti Instagram, Facebook, Tiktok, LinkedIn, dan sebagainya dalam satu dashboard. 

Kazee juga dapat memantau 81 saluran TV dan 7 stasiun radio. Semua informasi berharga dari berbagai sumber tersebut bisa Anda dapatkan dengan mudah melalui Kazee Media Intelligence. 

Kesimpulannnya, cara media intelligence dalam membantu proses riset dan pengembangan produk adalah dengan memberikan insight berharga yang dibutuhkan tim R&D. Seperti diketahui, saat ingin melakukan pengembangan, terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan, mulai dari kebutuhan pelanggan, evaluasi terkait produk atau layanan sebelumnya, dan sebagainya.

Menganalisis itu semua tentunya membutuhkan waktu yang panjang dan harus melalui berbagai tahapan rumit. Oleh sebab itu, Kazee Media Intelligence hadir untuk menyederhanakan semuanya. Cukup dalam satu dashboard, Anda bisa mendapatkan semua insight atau data yang dibutuhkan untuk pengembangan produk atau layanan Anda.

Apakah Anda tertarik untuk mencobanya? Yuk, segera klik di sini sekarang untuk membuat proses research & development Anda lebih efektif. 

Share :

Related Articles