Memahami Kebutuhan Pelanggan Bisnis Ritel dengan Media Intelligence

Cahaya Muslim

14 March 2024 08:02

Bagi bisnis ritel, sangat penting untuk memahami kebutuhan pelanggan. Sebab, ritel bisa diartikan sebagai penjualan yang dilakukan secara satu-satu atau dalam jumlah sedikit. Anda bisa membayangkan bagaimana jadinya apabila jenis bisnis ini sepi pembeli akibat tidak dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. 

Hal tersebut dapat membuat penjualan menurun sehingga berdampak negatif bagi keberlangsungan bisnis Anda. Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa mengetahui setiap keinginan pelanggan bukanlah hal yang mudah. Tidak mungkin Anda langsung menanyakan satu per satu orang yang membeli.

Itulah mengapa Anda membutuhkan yang namanya media intelligence. Apa itu dan bagaimana perannya dalam membantu memahami pelanggan? Simak semuanya sampai habis.

Baca Juga: Gunakan Media Intelligence untuk Membantu Proses Riset dan Pengembangan Produk

Apa itu Media Intelligence?

Secara sederhana, media intelligence dapat diartikan sebagai kegiatan pengumpulan data dari berbagai media, seperti media sosial atau media massa. Data yang dikumpulkan juga berbagai macam, seperti postingan pelanggan, publikasi berita, sentimen, hingga isu yang paling banyak dibicarakan.

Tujuannya untuk mendapatkan wawasan atau insight berharga yang dapat diterapkan untuk pengambilan keputusan lebih baik. Contohnya, saat ingin mengetahui produk apa yang pelanggan sukai dan alasannya.

Media intelligence membantu mengumpulkan hingga menganalisis menjadi data yang sudah siap Anda gunakan. Jadi, Anda bisa mengetahui dengan cepat tanpa perlu merasa kebingungan untuk mencari tahu kebutuhan pelanggan ritel secara manual.

Cara Memahami Kebutuhan Pelanggan Bisnis Ritel dengan Media Intelligence

Lalu, bagaimana cara kerja media intelligence ini? Seperti apa ia membantu memahami kebutuhan pelanggan bisnis ritel? Salah satu caranya adalah dengan memantau pendapat para pelanggan melalui media sosial.

Seperti diketahui, saat ini, kebanyakan pelanggan memberikan penilaian hingga keluhan terhadap sebuah bisnis melalui postingan atau kolom komentar yang berkaitan dengan bisnis tersebut. Di sini, media intelligence membantu Anda agar bisa mengetahui secara mudah dan cepat apa yang mereka katakan.

Jadi, Anda pun dapat memahami apa keunggulan serta kelemahan bisnis ritel Anda. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menemukan apa yang sebenarnya pelanggan inginkan dari bisnis Anda. 

Kemudian, media intelligence juga memudahkan Anda mendapatkan berita-berita terbaru yang secara langsung memengaruhi bisnis ritel Anda. Melalui pemberitaan-pemberitaan ini, Anda dapat memahami tren terkini sehingga bisa menyesuaikan apa yang sedang ramai dicari oleh pelanggan.

Media Intelligence juga dapat menganalisis sentimen pelanggan. Jadi, Anda bisa mengetahui apakah bisnis ritel yang dijalankan sudah sesuai dengan harapan mereka atau belum. Umumnya, ada tiga sentimen, yaitu positif, negatif, dan netral. Media intelligence memberikan Anda data yang jelas terkait indikator seberapa besar kesukaan pelanggan terhadap bisnis Anda.

Apabila positifnya mendominasi, artinya bisnis ritel Anda sudah cukup disukai oleh pelanggan. Namun, tentunya Anda harus melakukan perbaikan ketika persentase negatifnya lebih besar. Kabar baiknya, media intelligence bukan hanya sekadar menampilkan besaran angkanya.

Akan tetapi, Anda dapat mengetahui dengan jelas isi postingan atau publikasi yang memiliki sentimen terkait. Sebagai pemilik bisnis ritel, Anda bisa segera memperbaiki kekurangan dan meningkatkan apa yang sudah disukai oleh pelanggan.

Apakah Anda tertarik untuk mencoba media intelligence ini? Yuk, hubungi kami sekarang untuk mendapatkan data mengenai kebutuhan pelanggan Anda.

Share :

Related Articles