Tips Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ritel dengan Media Intelligence

Cahaya Muslim

15 March 2024 10:12

Dalam membuka sebuah bisnis, tentunya Anda ingin menghasilkan keuntungan semaksimal mungkin. Maka dari itu, terapkanlah tips meningkatkan keuntungan bisnis ritel berikut dengan menggunakan media intelligence.

Umumnya, sasaran dari bisnis ritel adalah orang-orang yang memang membeli produk untuk digunakan oleh mereka sendiri. Oleh sebab itu, untuk memaksimalkan keuntungan, Anda harus membuat pelanggan membeli dalam jumlah banyak atau menarik pelanggan yang tidak sedikit.

Bagaimana cara meningkatkan keuntungan bisnis ritel dengan media intelligence? Yuk, cari tahu semua jawabannya di sini.

Baca Juga: Memahami Kebutuhan Pelanggan Bisnis Ritel dengan Media Intelligence

Cara Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ritel

Sebelum memaksimalkan penggunaan media intelligence, Anda perlu mengetahui terlebih dahulu bagaimana cara meningkatkan keuntungan bisnis secara umum. Seperti diketahui, ritel berarti menjual barang dalam jumlah sedikit. Oleh sebab itu, Anda perlu melakukan ini untuk menambah lagi keuntungan Anda. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Menjual Bundling Produk

Bundle produk dapat diartikan sebagai penggabungan dua atau lebih produk untuk dijual dalam satu harga. Misalkan, roti dijual berbarengan dengan mentega. Bisa juga, satu rice bowl dijual bersamaan dengan es teh manis.

Intinya, bundling produk memungkinkan Anda untuk menjual dua barang sekaligus. Walaupun, pada kasus-kasus tertentu, bundling ini mengharuskan Anda menurunkan harga sehingga menarik perhatian pelanggan.

Akan tetapi, bundling bisa menjadi cara efektif untuk menjual produk yang memang sulit laku. Jadi, Anda bisa menggabungkan produk tersebut dengan produk yang memang laris manis.

  • Berjualan Secara Online

Melakukan promosi sekaligus penjualan secara online membantu Anda menghemat biaya. Tidak hanya itu, berjualan secara online juga memudahkan pelanggan mendapatkan apa yang mereka butuhkan secara cepat dan mudah.

Jadi, pelanggan biasanya akan lebih membeli produk secara online. Oleh sebab itu, ini kesempatan bagi Anda untuk menggaet pelanggan secara online. Pastikan Anda mudah ditemukan di media sosial dan memiliki fitur untuk memudahkan pelanggan melakukan transaksi.

  • Melakukan Efisiensi Biaya Produksi

Anda harus melihat kembali keuangan bisnis Anda. Tujuannya, untuk menganalisis bagian mana yang masih bisa Anda efisienkan. Salah satu tips untuk melakukan efisiensi adalah dengan menggencarkan penjualan online.


Namun, tidak hanya itu, Anda juga bisa melakukan efisiensi dengan cara lain, seperti memaksimalkan penggunaan teknologi. Hal ini membantu Anda untuk melakukan produksi lebih cepat dan murah.

  • Memperluas Target Pasar

Terakhir, Anda bisa memperluas target pasar. Tujuannya, agar pembeli produk tidak hanya itu-itu saja. Dengan memperluas hal ini, Anda bisa memungkinkan untuk menjangkau lebih banyak pembeli baru.

Anda bisa memperluas target pasar dengan cara membuka cabang atau menambah jenis serta jumlah produk Anda. Dari sini, bisnis Anda berpotensi untuk menarik pembeli baru.

Peran Media Intelligence dalam Meningkatkan Keuntungan Bisnis Ritel

Seperti diketahui, salah satu cara untuk meningkatkan keuntungan bisnis ritel adalah dengan memaksimalkan penggunaan teknologi. Salah satu hal yang bisa Anda manfaatkan adalah media intelligence.

Kazee Media Intelligence merupakan salah satu tools yang bisa Anda gunakan untuk memajukan bisnis Anda. Bagaimana peran media intelligence? Berikut hal-hal yang bisa dilakukan media intelligence

  • Melakukan Pengembangan Produk

Media intelligence dapat membantu dalam melakukan pengembangan produk. Caranya adalah dengan mengumpulkan data mengenai pendapat atau sentimen pelanggan mengenai bisnis atau produk Anda.

Dari pendapat-pendapat yang tersebar di berbagai media tersebut, Anda dapat mengetahui dengan mudah apa yang dibutuhkan serta diinginkan pelanggan. Jadi, Anda bisa memahami dengan pasti apa yang harus dikembangkan agar produk diserbu pelanggan.

  • Menganalisis Trend Terkini

Tidak dapat dimungkiri, trend merupakan sesuatu hal yang sangat ramai dibicarakan dan dicari orang. Oleh sebab itu, bisnis ritel Anda harus memanfaatkan tren dengan baik. Namun, mungkin Anda akan bertanya-tanya mengenai cara mengetahui trend terkini.


Di sinilah peran media intelligence. Kecerdasan ini bisa membantu Anda untuk mengetahui secara pasti trend apa yang sedang banyak dibahas saat ini. Anda pun bisa mengaitkan trend terkini dengan produk yang Anda jual.

  • Menunjukkan Keunggulan dan Kelemahan Produk Anda

Terakhir, media intelligence membantu menunjukkan keunggulan dan kelemahan produk Anda. Melalui hal ini, Anda bisa mengetahui alasan mengapa pelanggan membeli produk Anda.

Tidak hanya itu, Anda juga dapat memahami seperti apa kekurangan yang ada sehingga bisa dilakukan perbaikan. Dengan meningkatkan nilai produk serta memperbaiki kekurangannya, hal tersebut membantu pelanggan untuk setia pada produk Anda. Akhirnya, dari sini, Anda pun mendapatkan pelanggan yang berpotensi untuk melakukan pembelian produk Anda secara berulang-ulang.

Itulah tips meningkatkan keuntungan bisnis ritel dengan media intelligence. Sebelum terlambat, yuk segera tingkatkan omzet bisnis Anda. Mulailah dengan menceritakan apa yang Anda butuhkan dan inginkan di sini

Share :

Related Articles