Cara Mengukur Program PR dengan Mudah

Cahaya Muslim

20 May 2024 12:43

Image

Penting bagi seorang Public Relations (PR) untuk mengetahui bagaimana cara untuk mengukur keberhasilan program mereka. Mengapa demikian? Karena, hal tersebut bisa dijadikan acuan atau patokan untuk mengukur sejauh mana efektivitas program yang dijalankan.

Tidak hanya itu, mengukur keberhasilan program PR juga untuk memastikan apakah upaya yang Anda lakukan telah berhasil mencapai tujuan yang ada atau belum. Sebenarnya, seperti apa cara mengukur keberhasilan program PR? Indikator-indikator apa saja yang bisa Anda lihat? Cari tahu selengkapnya di sini!

Baca Juga: Cara Kerja Public Relations

Mengukur Keberhasilan PR

Berikut beberapa cara mengukur keberhasilan program PR

Mengukur Return On Investment (ROI)

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menghitung biaya pengeluaran dalam melakukan program PR dengan hasil yang didapatkan. Apakah biaya yang dikeluarkan sebanding dengan hasilnya yang memuaskan?

Seperti diketahui, target atau tujuan PR bermacam-macam, seperti meningkatkan citra positif perusahaan, memperluas relasi, dan sebagainya. Tentunya, untuk mencapai target-target itu terdapat biaya yang harus dibayarkan. Maka dari itu, Anda bisa mengukur apakah target yang diinginkan sudah tercapai atau belum.

Analisis Perkembangan Website

Website menjadi tempat informasi mengenai perusahaan. Umumnya, saat melakukan program atau campaign, hal tersebut bisa dilihat dampaknya pada website perusahaan.

Contohnya, setelah program berjalan, kunjungan atau traffic terhadap website meningkat. Tidak hanya itu, bisa juga tingkat interaksi lebih meningkat karena adanya program dari PR. Hal ini dapat menunjukkan keberhasilan setiap program yang dijalankan PR.

Media Tradisional

Media tradisional meliputi surat kabar, radio, televisi, hingga majalah. Mungkin, saat ini media tersebut sudah jarang dijadikan metrik pengukuran keberhasilan.

Akan tetapi, Anda juga bisa memanfaatkan media tradisional dalam hal-hal tertentu. Terdapat beberapa metrik yang bisa diukur dari media tradisional. Contohnya, menghitung jumlah artikel, berita, hingga siaran yang melakukan penyebutan terhadap brand Anda.

Selain itu, bisa juga mengukur dengan seberapa banyak orang yang menyaksikan tayangan atau mendengarkan mengenai brand Anda baik di radio maupun televisi.

Analisis Media

Media menjadi tolok ukur untuk mengetahui efektivitas program yang dijalankan. Sebagai contoh, Anda berusaha membuat citra perusahaan Anda tetap positif. Untuk mengukurnya, Anda bisa memantau atau memeriksa berbagai media online atau sosial.

Nantinya, Anda akan mengetahui apakah pemberitaan, postingan, atau komentar lebih banyak mengarah kepada hal positif atau negatif. Dari sini, Anda bisa mengukur apakan program PR Anda disambut dengan baik atau tidak oleh publik.

Namun, tidak dapat dimungkiri bahwa melakukan pemantauan media bukanlah merupakan hal yang mudah dan cepat. Oleh sebab itu, Anda memerlukan tools atau alat bantu untuk melakukan itu semua.

Salah satu tools yang bisa Anda coba gunakan adalah Kazee Media Monitoring. Dengan produk ini, Anda tidak perlu kesulitan dalam memantau penyebutan terhadap brand atau bisnis Anda.

Cukup dengan mengetikkan nama brand Anda atau kata kunci yang berkaitan, Anda bisa mengetahui bagaimana brand Anda dibicarakan di media saat ini. 

Demikianlah penjelasan mengenai cara mengukur keberhasilan program PR. Apakah Anda tertarik untuk mencoba tools media monitoring agar mudah dalam melakukan pengukuran? Segera hubungi Kazee untuk mencobanya: Request Demo Media Monitoring

 

 

Share :

Related Articles