kazee
Blog
Analisis Research Intelligence: Masyarakat Jabodetabek Habiskan Lebih dari 6 Juta Per Bulan untuk Produk FMCG

Analisis Research Intelligence: Masyarakat Jabodetabek Habiskan Lebih dari 6 Juta Per Bulan untuk Produk FMCG

Cahaya Muslim

23 April 2024 03:18

Image

Kazee Peeps, tahukah Anda bahwa rata-rata masyarakat Jabodetabek menghabiskan lebih dari 6 juta per bulan untuk berbelanja produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG)? Hal ini didasarkan pada analisis yang dilakukan Kazee Research Intelligence bekerja sama dengan T-Survey.

Ratusan responden ditanya mengenai kebiasaan berbelanja FMCG mereka. Apakah Anda penasaran dengan hasilnya? Yuk, simak tulisan ini sampai habis.

Umur dan Pendidikan Responden

Dalam survei FMCG Jabodetabek, responden terbanyak usianya berkisar antara 26-35 tahun, yaitu sebesar 39 persen. Sementara itu, usia 56 tahun ke atas menjadi responden yang paling sedikit berpartisipasi karena hanya menyumbang 2 persen.

Alasannya, karena berkaitan dengan penggunaan smartphone untuk mengisi survei ini. Mayoritas responden cenderung lebih aktif dan melek terhadap teknologi. 

Terkait pendidikan, rata-rata sudah menempuh pendidikan hingga D3/S1, yaitu sebesar 46 persen responden. Paling sedikit adalah lulusan SMP/sederajat karena hanya diisi sebanyak 2 persen.

Pengeluaran Responden

Data ini menyajikan kepada Anda mengenai berapa besaran biaya bulanan untuk berbelanja FMCG. Hasilnya, 48 persen bisa menghabiskan hingga lebih dari 6 juta persen. Akan tetapi, tidak dapat dimungkiri bahwa responden yang menghabiskan kurang dari 350 ribu per bulan ternyata masih cukup banyak.

Setidaknya, responden mencapai 26 persen. Terkecil adalah mereka yang berbelanja pada kisaran 500 - 1,2 juta per bulan untuk produk FMCG. Kebanyakan, responden berdomisili di DKI Jakarta dan paling sedikit dari kota Bogor.

Preferensi Tempat Belanja dan Alasannya

Dalam membeli produk FMCG, responden lebih menyukai berbelanja di minimarket dan supermarket. Sementara itu, pasar tradisional menjadi tempat pilihan paling kecil dalam survei ini. Mengapa demikian?

Salah satu alasan terbesar nya adalah karena masalah kedekatan. Banyak masyarakat Jabodetabek yang lebih mudah aksesnya menuju supermarket dibandingkan ke pasar. Tidak hanya itu, minimarket juga lebih banyak menawarkan berbagai pilihan barang serta adanya diskon yang bisa menghemat uang.

 

Produk yang Sering Dibeli

Salah satu produk FMCG yang sering dibeli adalah minyak goreng. Alasannya karena minyak goreng menjadi kebutuhan dasar yang dapat digunakan untuk memasak atau membuat makanan sehari-hari.

Di urutan berikutnya, ada mie instan yang mana di Indonesia juga menjadi makanan favorit pengganti nasi. Barangnya yang mudah didapatkan dan cepat dalam pembuatannya membuat banyak masyarakat jatuh hati.

Analisis-analisis di atas hanyalah sedikit dari banyaknya hasil survei mengenai kebiasaan berbelanja konsumen. Dengan mengetahui kebiasaan konsumen, Anda bisa lebih baik dalam menyajikan produk yang sesuai kebutuhan serta keinginan pelanggan.

Apakah Anda ingin membaca lebih banyak lagi mengenai analisis tentang kebiasaan berbelanja masyarakat di Jabodetabek ini? Yuk, unduh analisisnya di sini sekarang. Setelah membaca hasil analisis, biarkan Kazee membantu dalam menyajikan data terbaik untuk kemajuan bisnis Anda.

 

Share :

Related Articles