Simak Tugas Public Relation dan Tujuannya yang bisa Kamu Terapkan

Bayu Septian

28 December 2022 03:56

Public Relation adalah strategi dan metode yang digunakan untuk melakuan filterisasi atau kontrol terkait informasi perihal seseorang atau perusahaan yang akan sampai ke publik, khususnya untuk media.

Tujuan Utama Public Relation

Adapun tujuan utama public relation adalah untuk melakukan publikasi berita terkait progres atau pencapaian, menjaga citra baik, meningkatkan brand awareness, dan melakukan counter issue terhadap beberapa sentimen negatif terhadap perusahaan.

Baca Juga Memahami Apa itu Public Relation dan Seluk Beluknya

Metode yang biasa digunakan oleh public relation atau hubungan masyarakat (humas) adalah memberikan pemaparan melalui siaran pers perusahaan, konferensi pers dengan pewarta, wawancara dengan jurnalis, postingan di media sosial, dan yang lainnya.

Biasanya, setiap pelaku bisnis atau perusahaan yang bersinggungan dengan publik terkait informasi, mereka menggunakan public relation. Meski demikian, terdapat perusahaan skala kecil atau UMKM yang belum memiliki humas.

Bagaimana Public Relation Bekerja?

Diketahui bahwa public relation tidak sama dengan marketing atau divisi iklan. Mereka tidak menawarkan suatu produk, membuat cerita untuk beberapa media, dan melakukan promosi berdasarkan lini bisnis perusahaan tempat humas bekerja.

Namun, public relation mendapatkan isu, ulasan atau review terkait merek perusahaan berdasarkan beberapa sumber media massa, termasuk media sosial. Hal tersebut bertujuan untuk mengetahui testimoni atau penilaian terhadap perusahaan.

Berikut merupakan job desk yang dilakukan manajer public relation:

  1. Melakukan analisis perihal apa yang orang pikirkan dan rasakan terkait merek atau brand, serta produk.
  2. Merencanakan konten editorial untuk menanggulangi isu tersebut.
  3. Melakukan rilis perusahaan dan menulis siaran pers.
  4. Berpidato untuk menjangkau impresi publik.
  5. Merawat hubungan baik dengan media massa.

Baca Juga Mengenal Public Relation Value, Ketahui Cara Menghitungnya

Tak hanya itu, peran public relation saat ini, bisa dipermudah oleh tools berbayar untuk mengetahui media massa dan media sosial mana saja yang memberitakan atau menginformasikan perihal suatu perusahaan dan lembaga.

Salah satu tools berbayar yang direkomendasikan adalah media monitoring atau media intelligence. Produk Kazee tersebut memudahkan public relation untuk melihat media pemberitaan mana saja yang memberitakan perusahaan.

Selain itu, media monitoring Kazee juga dapat melakukan analisis sentimen, sehingga terlihat media online atau offline mana saja yang memberitakan perusahaan dan lembaga dengan sentimen yang negatif.

Dengan demikian, peran public relation akan lebih mudah jika ingin mengetahui sentimen negatif atau isu yang perlu dilakukan counter isu dan diredam dengan produk media intelligence dari Kazee.

Tertarik mencoba atau trial? Daftarkan data diri Anda dan perusahaan di sini.

Referensi: https://economictimes.indiatimes.com/definition/public-relations-pr

https://online.maryville.edu/blog/what-is-pr-a-guide-to-understanding-public-relations/#:~:text=What%20Do%20PR%20Professionals%20Do,persuade%20for%20or%20earn%20it.

https://online.maryville.edu/blog/what-is-pr-a-guide-to-understanding-public-relations/#:~:text=What%20Do%20PR%20Professionals%20Do,persuade%20for%20or%20earn%20it.

Share :

Related Articles