Mengenal Public Relation Value, Ketahui Cara Menghitungnya

Bayu Septian

15 June 2022 16:55

public-relation-value
Picture created by storyset - www.freepik.com

Public Relation Value (PR Value) - Public Relations hadir sebagai jembatan antara organisasi dengan para pemangku kepentingan (stakeholders). PR berperan dalam membangun citra dan reputasi sebuah perusahaan maupun organisasi melalui opini publik. Selain itu, PR juga mengemban tanggung jawab dalam membuat press release.

Tujuan dibuatnya press release ini adalah untuk memberikan informasi pada publik melalui media massa atau surat kabar baik offline maupun online. Press release juga membantu perusahaan dalam melakukan transparansi pada stakeholder mengenai program yang sedang dilakukan oleh perusahaan atau organisasi.

Selain menerbitkan press release di situs web, PR juga perlu melakukan monitoring pada berita-berita di media terkait perusahaan atau organisasi. Karena pada dasarnya, semua pemberitaan yang tayang di media pasti memiliki PR dan News Value (nilai berita). Dalam dunia humas, dikenal dengan istilah Public Relation Value.

Lantas, apa sebenarnya Public Relation Value itu? Bagaimana cara mengukur dan menghitung PR Value? Mari kita cari tahu dalam penjelasan dibawah ini.

Apa Itu Public Relation Value?

Public Relation Value adalah nilai yang diperoleh dari publikasi/eksposure portal berita pada suatu artikel/program perusahan atau organisasi. PR Value merupakan salah satu cara mengukur kinerja PR berdasarkan tingkat kesuksesan sebuah brand dan kampanye komunikasi. PR value bisa didapatkan dengan memeriksa biaya penempatan iklan. Dengan begitu, praktisi PR dapat membuktikan seberapa besar efek kampanye yang dilakukan.

Mengapa Public Relation Value Menjadi Penting?

Kesuksesan PR dapat diukur dari seberapa efektif pemberitaan positif yang diangkat oleh media-media kredibel. Oleh karenanya, hadir sebuah matriks pengukuran yang disebut PR Value. PR Value menjadi penting karena dengan matriks tersebut, kita dapat melihat dan mengukur tingkat kesuksesan sebuah brand dan kampanye komunikasi yang telah dirancang PR.

Jika sebuah brand berhasil melakukan strategi komunikasi brand pada publik, tentu akan banyak pula media kredibel yang memuat pemberitaan perusahaan dalam portal mereka. Semakin besar volume dan tingginya kredibilitas media maka semakin tinggi pula nilai PR value. Efek positif lainnya dari berita perusahaan yang dimuat media adalah publik menyadari keberadaan sebuah brand atau produk yang akan berpengaruh pada nilai penjualan produk tersebut.

Pengukuran kinerja PR menggunakan PR Value juga membantu brand dalam mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan program PR. Dengan begitu, akan memberikan gambaran bagi perusahaan mengenai program atau produk terbaru apa yang diminati pelanggan. Oleh karena itu, PR Value membantu brand membentuk strategi komunikasi mereka untuk memposisikan brand di elemen yang tepat.

Apa Saja Variabel Penentu Public Relation Value?

1. Media Offline

Dilansir dari appricode.id, terdapat beberapa variabel dalam menentukan PR Value untuk media offline seperti media cetak/TV/radio, yaitu :

  • Media Tier

Media Tier merupakan pengelompokan media berdasarkan jumlah sirkulasi/reach, dimana penentuannya dilakukan melalui kesepakatan antara PR agency dengan klien.

  • Mention Campaign/Brand/Company’s Name

Mention merupakan penyebutan nama kampanye / brand / perusahaan klien baik itu pada judul dan/atau artikel.

  • Key Message Pick-Up

Variabel ini untuk menunjukkan seberapa efektif pesan kunci yang dirancang, dipublikasikan oleh pihak media.

  • Quotes

Variabel ini untuk menunjukkan seberapa efektif quotes (kutipan) yang dirancang, dipublikasikan oleh pihak media.

  • Photo / Illustration

Variabel ini untuk menunjukkan bagaimana sebuah artikel dilengkapi dengan foto/ilustrasi yang menjelaskan artikel tersebut.

2. Media Online

Sedangkan beberapa aspek yang harus diperhatikan dan dihitung pada media online seperti portal berita maupun blog, diantaranya :

  • Source Rank

Source Rank adalah perhitungan level pembaca suatu portal berita maupun blog, pembaca bisa datang dari lokal hingga internasional. Berikut dibawah ini merupakan skor perhitungannya.

Gambar : Tabel Perhitungan Source Rank
  • Order Rank

Order rank menunjukkan lokasi postingan pada halaman, apakah dimuat pada halaman utama atau di halaman lainnya pada portal berita. Jika dimuat di halaman utamakan mendapat point 1. Khusus untuk blog karena setiap postingan pasti dimuat di halaman utama, ada sedikit memodifikasi sistem penilaian. Perhitungannya yakni dengan membagi nilai yaitu untuk Source Rank 1 dan Source Rank 2 akan mendapat point 1 dan 2, tergantung jumlah karakternya dan intensitas dalam membagikan artikel.

Gambar : Tabel Perhitungan Order Rank
  • Page Rank

Page Rank adalah sebuah algoritma yang telah dipatenkan yang dapat mengukur mengenai seberapa populer sebuah portal berita atau situs web dalam pencarian Google. Untuk  menghitung  page rank blog dapat dicek dengan memasukkan link portal berita pada PR Checker. Link tersebut akan memberitahu Anda berapa jumlah PR blog. Berikut perhitungan poinnya berdasarkan nilai PR sebuah portal berita.

Gambar : Tabel Perhitungan Page Rank

Bagaimana Cara Menghitung PR Value?

Perhitungan PR Value dibagi menjadi 2, yaitu pada media cetak dan media online. Pada media cetak perhitungan dasar PR Value seperti berikut:

rumus-public-relation-vaule
Rumus Perhitungan PR Value Media Cetak

Contoh perhitungannya misalnya, berita sebuah perusahaan dimuat di halaman sebuah media, isinya memuat teks dan foto. Jika ukuran artikel 500mmk, dan rate iklan di media tersebut Rp46.000. Berapa PR Valuenya?

mmk = mm x kolom = ukuran artikel

(500mmk x 50.000 x 5) = Rp 125.000.000

Berdasarkan perhitungan diatas, maka PR Valuenya adalah Rp 125.000.000

Adapun Perhitungan PR Value pada media daring, sebagai berikut:

rumus-public-relation-vaule
Rumus Perhitungan PR Value Media Online

Contoh perhitungan AD Value pada Blog kazee.id

Source Rank : Blog berbahasa Indonesia, lebih dari setahun = Lokal+ = 300

Order Rank : Lokal+, sudah cukup banyak posts dan rutin mempublikasikan artikel, maka blog ini dkategorikan Lokal+ 1 = 30 poin

Page Rank : Setelah di cek ternyata mendapatkan 5 poin

Maka perhitungannya adalah :

AD Value = (Order Rank x Page Rank) + Source Rank

AD Value = ((30 x 5) + 300) x Rp 2.500 = 450  

Berarti  nilai  AD  value  blog  kazee.id  adalah 450.  Jika  dikonversi  ke dalam rupiah akan  menjadi  senilai (450 x Rp 2.500) = Rp 1.125.000 dan akan mendapatkan  nilai  PR  Value sebesar (Rp 1.125.000 x 3) = Rp 3.3750.000,-

Berdasarkan penjelasan diatas dapat dikatakan bahwa PR Value sangat penting bagi praktisi public relation untuk mengukur tingkat kesuksesan suatu brand. Program PR yang inovatif akan mendatangkan pemberitaan positif terkait perusahaan Anda yang dimuat dalam media. Hal ini dapat dikatakan sebuah achievement bagi PR sendiri karena perusahaan secara tidak langsung mengiklankan brand mereka di media cetak maupun daring tanpa membayar space.

Perannya sebagai tolak ukur kinerja PR, membuat PR value menjadi salah satu hal yang wajib diketahui bagi public relation sendiri. Namun, tidak sedikit PR perusahaan yang masih terkendala dalam melakukan perhitungan menggunakan matriks PR value. Di era serba teknologi ini, Anda tidak perlu lagi menghabiskan waktu dengan menghitung PR value secara manual karena terdapat sebuah tools yang akan memberi kemudahan bagi Anda.

Kazee Media Monitoring hadir sebagai alat bantu pemantauan media yang dapat membantu Anda untuk mengukur PR Value brand maupun perusahaan Anda di media. Fitur terbaru PR Value dari tools Kazee ini mampu mengukur seberapa besar tingkat kesuksesan brand dan kampanye komunikasi yang sedang dilakukan. Sangat berguna bagi Anda yang berprofesi sebagai pelaku bisnis maupun public relation. Tertarik mencobanya?

Kesimpulan

Salah satu cara untuk mengukur kinerja PR dan bagaimana brand dan programnya bisa dikatakan sukses atau tidak adalah dengan mengetahui PR Value. PR Value merupakan nilai yang diperoleh dari publikasi portal berita pada suatu artikel/program perusahaan maupun organisasi. Adapun cara menghitung PR Value dibagi menjadi dua yakni media cetak dan online. Bagi yang memiliki kendala dalam menghitung PR Value, Anda bisa memanfaatkan tools media monitoring dalam mengukur PR Value perusahaan Anda. Coba Sekarang!

Referensi

https://appricode.id/static/pr-measurement/

https://imogenpr.com/pr-agency-di-jakarta-jelaskan-4-metode-mengukur/

Share :

Related Articles