Rekomendasi Tools Social Media Listening

Cahaya Muslim

29 April 2024 18:12

Image

Social media listening dapat diartikan sebagai upaya untuk mendengar percakapan yang ada di media sosial. Namun, seperti diketahui bersama bahwa tidak semua yang ada di media sosial dapat terjangkau secara mudah oleh Anda.

Maka dari itu, Anda memerlukan tools yang bisa membantu Anda melakukan social media listening ini. Bisa dibilang, saat ini sudah banyak tools tersedia yang bisa Anda gunakan.

Akan tetapi, tools mana yang menjadi rekomendasi? Di artikel ini, Anda akan menemukan rekomendasi tools yang mudah digunakan dan hasilnya efektif.

Baca Juga: Social Media Listening


Kazee Social Media Listening

Salah satu rekomendasi yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Media Intelligence. Produk ini memiliki salah satu fitur yang bisa melakukan social media analytics dan listening.

Dengan produk ini, Anda dapat memaksimalkan potensi brand Anda dengan strategi berbasis data yang membantu Anda memahami tren, sentimen, dan perilaku pelanggan dari media sosial.

Anda juga bisa berinteraksi dengan audiens Anda secara lebih efektif. Apa saja manfaat dari tools social media listening milik Kazee ini? Berikut beberapa manfaatnya.

  • Mengukur Kepuasan Pelanggan

Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan dengan melihat pendapat netizen di media sosial terhadap produk atau jasa Anda.  Dari sini, Anda pun dapat mengetahui apakah mereka sudah puas atau belum. Jadi, Anda bisa merespons masalah dengan cepat dan memastikan pelanggan tetap puas.

  • Mengidentifikasi Tren dan Kata Kunci

Social media listening membantu Anda mengidentifikasi tren terkini dan kata kunci yang sedang tren di industri Anda. Hal ini dapat membantu Anda merancang konten yang lebih relevan dan menarik.

  • Mendapatkan Informasi Secara Real Time

Anda bisa mendengarkan secara real time setiap informasi yang ada di media sosail. Jadi, Anda bisa melakukan pemantauan pada saat itu juga. Maka dari itu, Anda bisa mendengarkan di mana dan kapan saja sehingga tetap terhubung dengan audiens Anda.

  • Lebih Dekat dengan Audiens 

Di media sosial, Anda bisa menjadi lebih dekat dengan audiens dengan meningkatkan interaksi atau membuat konten relevan. Dari sini, Anda bisa lebih unggul dari audiens. Sebab, audiens akan lebih loyal kepada Anda karena mereka mendapatkan apa yang mereka butuhkan serta inginkan.

  • Manajemen Krisis

Segala pendapat yang ada di media sosial dapat memengaruhi reputasi Anda. Maka dari itu, penting untuk mengetahui secara cepat dan dini pendapat atau postingan yang bisa berpengaruh buruk kepada citra Anda. Dengan mengetahui lebih cepat, Anda juga bisa merespons semua itu agar tidak menjadi besar masalahnya.

Brand yang Pernah Menggunakan Kazee Social Media Listening

BRI

BRI memanfaatkan Kazee Social Media Listening untuk menanggapi keluhan nasabah di media sosial.  Dengan Kazee, BRI dapat memantau percakapan online, menanggapi komentar dan postingan, mengelola krisis, dan mempertahankan citra mereknya mereka.  Pendekatan ini meningkatkan kualitas layanan pelanggan dan memberikan wawasan untuk strategi komunikasi dan pemasaran.

HINO

Hino Motors memanfaatkan media sosial untuk menganalisis postingan dan konten teratas, komentar, hingga konten dengan tingkat interaksi tertinggi.

Tidak hanya itu, HINO juga bisa mengetahui sentimen dari konten dan komentar tersebut sambil memantau pertumbuhan jumlah followers dan likes serta melakukan branding atau  perbandingan entitas.

Apakah Anda penasaran ingin mencoba social media listening Kazee? Yuk, klik di sini untuk mencoba sekarang!

Share :

Related Articles