Apa itu Social Media Listening dan Mengapa Penting untuk Bisnis Anda?

Cahaya Muslim

02 April 2024 15:48

Image

Pernahkah Anda mendengar istilah social media listening? Memahami hal tersebut ternyata bisa berpengaruh positif terhadap bisnis Anda, loh. Sesuai namanya, istilah ini memang mengacu pada bagaimana Anda mendapatkan informasi dari media sosial.

Memangnya apa itu social media listening? Mengapa penting bagi bisnis? Cari tahu semua jawabannya di artikel berikut.

Baca Juga: https://blog.kazee.id/inilah-perbedaan-social-media-listening-dan-social-media-monitoring

Apa itu Social Media Listening?

Social media listening adalah upaya untuk mendengar atau memantau percakapan yang ada di media sosial. Artinya, setiap postingan serta komentar yang relevan dengan bisnis Anda bisa dengan mudah Anda temukan dan pahami.

Tentunya, tidak mudah menemukan hal-hal tersebut secara manual. Anda perlu menggunakan tools seperti social media listening ini untuk mendeteksi hingga menganalisis secara cepat dan mudah.

Dengan social media listening, Anda bisa memahami apa pendapat netizen mengenai bisnis Anda. Sesuai namanya, Anda bisa mendengar apa kata mereka tentang Anda. Tidak dapat dimungkiri, komentar netizen secara langsung akan memengaruhi citra bisnis Anda.

Oleh sebab itu, social media listening diperlukan untuk mencegah percakapan-percakapan buruk tentang Anda makin meluas. Tidak hanya itu, social media listening juga bisa membantu Anda sebagai bahan pengembangan produk atau evaluasi.

Manfaat Social Media Listening

Secara spesifik, social media listening tidak hanya sekadar untuk melakukan peningkatan atau perbaikan produk saja. Akan tetapi, masih banyak manfaat yang bisa Anda rasakan dari social media listening. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mengumpulkan insight berharga dari media sosial secara cepat dan mudah
  • Menghemat waktu dan tenaga untuk mengetahui ulasan pelanggan
  • Memahami kebutuhan dan keinginan pelanggan
  • Mengetahui tren terkini yang bisa diterapkan untuk materi promosi atau campaign
  • Membuka potensi peluang bisnis baru dari kritik & saran pelanggan
  • Menjaga citra bisnis agar tetap positif
  • Meningkatkan interaksi dengan pelanggan
  • Membantu menyebarkan promosi atau iklan agar lebih tepat sasaran
  • Menemukan influencer yang tepat dalam mempromosikan bisnis Anda
  • Mengukur efektivitas kampanye

Manfaat-manfaat di atas menjadi alasan mengapa social media listening penting bagi bisnis Anda. Dari tools ini, Anda bisa mendapatkan landasan untuk melakukan pengambilan keputusan lebih baik lagi. Jadi, Anda tidak perlu mengulangi kesalahan yang sama atau mencoba strategi yang sudah terbukti tidak efektif.

Melalui pantauan percakapan netizen, Anda dapat meningkatkan personalisasi pelanggan. Hal ini membantu Anda menghadirkan produk atau layanan yang relevan bagi pelanggan.

Rekomendasi Tools Social Media Listening

Salah satu rekomendasi tools social media listening yang bisa Anda gunakan adalah Kazee Media Intelligence. Produk ini menawarkan fitur social media analytics & listening. Artinya, Anda bisa mengoptimalkan media sosial Anda agar bisa membantu untuk mengembangkan bisnis.

Dengan tools dari Kazee ini, Anda bisa mengetahui semua percakapan online yang ada di berbagai media sosial. Contohnya, mendapatkan data dari X atau Twitter, Facebook, Instagram, YouTube, LinkedIn, hingga Telegram.

Terdapat beberapa manfaat yang ditawarkan oleh produk Kazee ini. Berikut beberapa manfaatnya.

  • Mengukur Kepuasan Pelanggan

Melalui social media listening. Anda dapat mengukur kepuasan pelanggan dengan memeriksa tanggapan mereka di media sosial terhadap produk atau layanan Anda. Dari sini, Anda bisa lebih cepat tanggap dalam menanggapi pelanggan. 

  • Mengidentifikasi Tren dan Kata Kunci Terkini

Social media listening dapat membantu Anda mengidentifikasi tren terkini dan kata kunci yang sedang tren. Hal ini Ini dapat membantu Anda merancang strategi konten atau pemasaran yang lebih relevan serta menarik.

  • Mendapatkan Data Secara Real Time

Anda bisa mendengarkan pendapat netizen secara real time. Dengarkan semuanya di mana saja, kapan saja, dan tingkatkan kedekatan dengan pelanggan Anda.

  • Manajemen Krisis

Terakhir, melalui social media listening, Anda dapat memahami sentimen atau emotion analyst dari setiap percakapan pelanggan. Jadi, Anda bisa mengetahui sentimen positif atau negatif yang mendominasi. Dari sini, Anda dapat bersikap lebih bijak dan cepat untuk mengendalikan sentimen tersebut agar tidak memperburuk citra.

Demikianlah penjelasan mengenai social media listening dan manfaatnya. Kesimpulannya, social media listening membantu Anda memahami pelanggan lebih dalam. Dengan mendengarkan pendapat mereka, Anda bisa lebih baik dalam melakukan pengembangan serta perbaikan produk.

Apakah Anda penasaran dan ingin segera mencoba social media listening? Yuk, klik di sini untuk mendengarkan apa kata pelanggan mengenai bisnis Anda.

 

Share :

Related Articles