Peran Big Data Untuk Media Sosial

Bayu Septian

03 April 2020 17:39

Big Data

Big Data atau maha data kini hadir untuk memenuhi segala kebutuhan di segala sektor baik itu ekonomi, bisnis, pendidikan pemerintahan hingga Media Sosial. Big Data sendiri adalah suatu tindakan yang memanfaatkan segala informasi dari berbagai sumber yang dapat digunakan untuk menemukan sebuah keputusan yang sangat baik sesuai harapan. Dengan kata lain, dengan kata lain maha data merupakan suatu konsep untuk menganalisa, mengumpulkan sekaligus juga memahami sejumlah data yang begitu besar.

Menurut artikel yang dikutip dari Blog kazee pada tanggal 26  Maret 2020 “Pentingnya Big Data bukan jumlah besar informasi yang tersedia, tetapi sebaliknya, itu adalah nilai yang dapat diciptakan untuk meningkatkan kinerja, dan lebih memahami pesaing, konsumen, karyawan, media, dan publik lainnya. Organisasi harus mempelajari dan mengenali bahwa data saja tidak menjawab “mengapa” atau menjelaskan wawasan yang disimpulkan.

Baca Juga Apa Itu Media Monitoring? Ini Alasan Kamu Membutuhkannya

 Lantas seberapa besar peran Big Data terhadap Media Sosial?

Sebagaimana hal yang telah kita ketahui bahwa Media Sosial merupakan sebuah platfrorm atau wadah yang memiliki sumber data yang cukup besar dengan data yang sangat dinamis, pergerakan data di Media Sosial cukuplah cekap dan berkelanjutan,dalam 60 detik di Media Sosial terdapat perubahan data hingga jutaan. Sehingga data yang terdapat di Media Sosial sangat massive.

Disinilah analisis maha data berperan bagi Media Sosial, di era seperti ini, Media Sosial sudah menjadi keharus bagi Brand maupun Perusahaan dalam mengelola pamor dan menariik perhatian audiensnya. Dengan penggunaa maha data sebuah Brand atau perusahaan bisa menggunakannya untuk menganalisis pamor atau citra mereka di Media Sosial yang nantinya bisa digunakan sebagai acuan prediksi apa yang akan terjadi pada suatu tujuan atau bahkan pasar (market).

Sehingga hasil analisis yang dilakukan dari social media ini sangat bermanfaat dan sangat dibutuhkan untuk meningkatkan kualitas pengambilan keputusan sehingga bisnis dari suatu organisasi akan lebih memiliki intelijen dan dapat melakukan pengambilan keputusan yang tepat terutam untuk beberah langkah keputusan yang sangat vital dampaknya terhadap keberlangsungan bisnis organisasi tersebut.

Contoh sederhana adalah penggunaan Twitter, menurut artikel yang dikutip dari mudanews.

Update-an photo dan status yang para pengguna Twitter upload merupakan bagian dari data. Setiap hari nya lebih dari 400 juta tweets yang di kirim ke Twitter. Dan bagi para pengguna Youtube, ada 72 jam video yang diupload setiap menitnya.

Baca Juga Mengapa Big Data Begitu Penting?

Media sosial juga bisa mendapatkan data tentang kontak kita, hal apa saja yang sering kita cari dan hal apa saja yang kita ikuti di Media Sosial dan kebiasaan para pengguna Media Sosial.

Jadi secara garis besar peran maha data dalam Media Sosial adalah jadi semua teks, foto, video, audio dan gambar yang kita upload di platform Media Sosial kita itu akan menjadi sebuah data yang dinamakan dengan Big Data. Data yang kita unggah di Media Sosial akan tetap tersimpan dan dijadikan sumber untuk memperbaiki kekurangan-kekurangan Media Sosial yang bersangkutan baik itu Brand ataupun sebuah perusahaan.

Dalam praktiknya, big data bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan apapun, salah satunya adalah untuk digunakan sebagai referensi dalam menentukan keputusan kebijakan para pemimpin, perusahaan, atau lembaga pemerintahan khususnya bagian humas.

Salah satu produk pemanfaatan big data dari Kazee Digital Indonesia adalah media intelligence. Media monitoring merupakan tools yang memanfaatkan big data untuk mengetahui isu atau permasalahan yang sedang terjadi, sehingga pemimpin atau public relation bisa melakukan counter issue.

Kapan perusahaan Anda menentukan keputusan berdasarkan isu permasalahan bersama media monitoring Kazee? Klik link di sini.

Sumber:

https://mudanews.com/ekononomi-bisnis/2019/07/06/peran-big-data-analitik-terhadap-media-sosial/

http://blog.kazee.id/2020/03/26/the-public-relations-of-big-data-revolution/

Share :

Related Articles

No related posts