Mengapa Big Data Begitu Penting?

Bayu Septian

06 January 2023 07:58

Image by Freepik

Seiring berkembangannya teknologi seperti saat ini, data informasi menjadi sangat penting khususnya dalam menyusun suatu strategi dalam pengambilan keputusan. Untuk memiliki data informasi yang dibutuhkan, kita dapat melihat dan mencari informasi dari berbagai sumber yang ada. Jika telah terkumpul maka itu dapat disebut dengan big data.

Apa itu Big Data?

Mengutip situs builtin, Singkatnya, Big data adalah istilah yang menggambarkan volume besar data, baik terstruktur maupun tidak terstruktur.

Big data adalah sekumpulan data dengan jumlah yang banyak dan kompleks yang dihasilkan dan dikirim dengan cepat dari berbagai sumber. Kumpulan data tersebut terdiri atas dari data yang terstruktur, semi-terstruktur, dan tidak terstruktur yang dihasilkan dari berbagai sumber.

Karakteristik Big Data

Dalam big data terbagi menjadi tiga karakteristik, atau three V, three V ini yaitu volume, velocity, dan variety. Apa itu? Berikut penjelasannya;

Volume

Karakteristik big data yang paling mudah dipahami yakni terkait volume, dari namanya saja kita pasti sudah tau, data yang terkumpul dari berbagai sumber dengan volume yang tinggi merupakan aspek yang dikatakan sebagai big data.

Velocity

Velocity dapat berkaitan dengan kecepatan dalam menghasilkan data, selain itu berapa cepat data tersebut dapat dianalisis dan diproses untuk menjadi satu insight yang dapat digunakan secara langsung

Variety

Sedangkan, Variety merupakan beragam sumber data yang dikumpulkan, kumpulan data tersebut bisa berbentuk angka, teks, video, gambar, audio, dan kata-kata Jika data yang ditemukan tidak memuat three V, atau tiga karakteristik diatas, maka tidak dapat dikatakan sebagai data besar atau big data.

BACA JUGA: 5 Tren Social Media Marketing di Tahun 2023

Manfaat dari Big Data

Meskipun sifatnya yang besar dan sangat banyak, namun data ini biasanya digunakan oleh perusahaan atau pelaku bisnis sebagai informasi yang dapat menjadi keuntungan atau bahkan ini merupakan aset bagi mereka.

Kumpulan data besar dapat dikelola untuk dijadikan pola untuk menyusun strategi yang tepat dalam mengambil keputusan.

Jika sudah diolah atau disusun, maka data tersebut dapat digunakan untuk menambah wawasan, meningkatkan efisiensi bisnis atau bahkan dapat memprediksi tren bisnis di masa depan.

Contoh bagaimana big data digunakan oleh organisasi:

  • Dalam industri Minyak dan gas, big data dapat membantu perusahaan untuk  mengidentifikasi lokasi pengeboran potensial, dan memantau jalur pipa yang digunakan, dan melacak jaringan listrik.
  • Selanjutnya jika diterpatkan pada Perusahaan jasa keuangan, sistem big data digunakan untuk manajemen risiko dan analisis pasar secara real-time.

Tools Big Data

Proses pengumpulan dan menganalisis data dengan jumlah besar tentunya akan memakan waktu yang sangat panjang. Untuk itu, dibutuhkan tools yang memudahkan dalam pengumpulan data dari berbagai sumber.

Untuk itu, Kazee Media Intelligence hadir untuk membantu Anda dalam memperoleh informasi dari berbagai sumber seperti, media massa, media sosial, media cetak, forum, televisi dan lain sebagainya secara realtime.

Selain itu, Kazee Media Intelligence juga dilengkapi dengan berbagai fitur canggih, salah satunya yakni sentimen detection. Yang dimana dari informasi tersebut kita juga dapat langsung mengetahui sentimen dari konten dari informasitersebut.

Kazee Media Intelligence juga sudah digunakan dan membantu ratusan perusahaan nasional maupun internasional dari mulai perusahaan swasta, pemerintahan, pendidikan, dan UMKM.

Untuk itu, saatnya giliran Anda menjadi decision making yang profesional dengan Kazee Media Intelligence. Klik link untuk Informasi selengkapnya!

Share :

Related Articles