5 Tren Social Media Marketing di Tahun 2023

5 Tren Social Media Marketing di Tahun 2023

Bayu Septian

03 January 2023 10:29

Image Social Media by Freepik

Apakah Kamu merupakan seorang pemilik usaha baru yang ingin membawa bisnismu tumbuh ke level yang lebih tinggi? Jika begitu, social media marketing mungkin menjadi kuncinya. Karena cara ini masih diperlukan dan efektif untuk para pengusaha karena keunggulannya yang dapat menjangkau pelanggan baru dan tentu akan mengembangkan bisnismu.

Merintis bisnis dari awal perlu mengandalkan social media marketing untuk menjangkau lebih banyak calon customer, menciptakan brand awareness, dan tentunya mencapai target marketing brand kamu. dengan social media marketing, kita tidak perlu mengeluarkan uang yang banyak untuk memasang iklan pada postingan brand kita. Namun perlu cara strategis yang efektif untuk mengembangkan bisnis di Media Social. Berikut merupakan platform yang dapat kamu manfaatkan untuk melakukan kampanye produk atau jasa bisnismu.

TikTok

Siapa sih yang gak tau social media asal China ini? Yaps tren social media marketing di tahun 2023 tentu sangat erat dengan aplikasi satu ini.

Meski pengguna aktif TikTok belum melebihi sosial media lain seperti Instagram dan Facebook, Tiktok merupakan aplikasi media sosial yang paling banyak di-download sepanjang awal tahun 2022.

Tentunya dengan kepopuleranya tersebut dapat dijadikan sebagai alat tempur kamu untuk menjangkau target pasar yang seluas-luasnya.

Instagram

Ya meskipun Instagram yang satu ini juga tidak bisa ditinggalkan. Karena sejak perilisannya hingga saat ini instagram masih menjadi platform yang digandrungi orang banyak khususnya di Indonesia.

Alasannya, Instagram selalu melakukan update fitur sehingga tidak akan pernah termakan oleh zaman. Selain itu, fitur yang di tawarkan instagram-pun sangat banyak, dan tentu kamu bisa memanfaatkan fitur tersebut untuk berjualan, salah satunya yakni dengan fitur Instagram Shopping yang memungkinkan orang untuk berbelanja dengan mudah lewat foto dan video merek kamu di seluruh Instagram.

Social Media Ads

Seperti dijelaskan diatas, menggunakan ads sebenernya bisa saja untuk mengembangkan bisnis, namun tidak dapat dimungkiri bahwa, social media Ads masih akan masif digunakan untuk meningkatkan kunjungan dan penjualan pada produk yang kamu jual.

Kamu sebenarnya dapat mengusahakan pertumbuhan organik bagi strategi marketing-nya. Namun, algoritma media sosial sering kali memprioritaskan postingan dari akun yang sering berinteraksi dengan user.

Interaksi Dengan Pengikut

Mengutip dari laman curemedia, interaksi merupakan keharusan, sekarang algoritme menginginkan interaksi. Menempatkan sosial kembali ke media sosial, platform memperkenalkan cara baru bagi brand dan pemilik untuk membuat komunikasi dua arah dengan pengikut mereka.

Hal ini efektif untuk membangun dan hubungan nyata dengan audiens Kamu, hal kecil seperti membalas komentar individu dapat menjadi cara yang bagus untuk membuat followersmu merasa didengarkan, kamu juga dapat menjelaskan manfaat produk atau layanan Kamu, atau bahkan hanya dalam mengikuti akun Anda sehingga meningkatkan audiensmu lebih jauh.

Memantau Komentar dan Keaktifan Social Media Marketing

Yang terakhir, seorang pengusaha harus senantiasa memantau aktifitas penjualan di social media. Kamu juga dapat menggunakan tools Media Listening agar kampanye bisnis yang kamu jalankan bisa ter-tracking. Adapun beberapa fitur dari media listening diantaranya:

  1. Dapat mengetahui sejauh mana efektifitas campaign yang kamu jalankan
  2. Memantau engagement rate dari produk kamu
  3. Mengetahui sentimen dalam kolom komentar
  4. Mengetahui jam posting yang efektif untuk menjual produk Anda.

Itu merupakan sedikit manfaat yang akan kamu dapatkan jika menggunakan tools social media listening, jika ingin mencobanya klik disini!

Share :

Related Articles