Apa Itu Media Monitoring? Ini Alasan Kamu Membutuhkannya

Bayu Septian

06 January 2023 12:03

Media monitoring adalah tools untuk melihat strategi komunikasi, pemasaran, melakukan pelacakan dalam aspek target audiens, dan mengumpulkan sentimen, impresi seputar merek, brand, perusahaan, atau lembaga suatu negara.

Pemantauan media sangat dibutuhkan oleh tim public relation atau humas. Pasalnya, di era digitalisasi saat ini, konten media massa maupun media sosial, muncul dengan waktu yang sangat cepat. Tak jarang, muatan konten tersebut mengandung sentimen negatif.

Aspek yang paling penting dengan digunakannya media monitoring adalah mengetahui pihak mana yang menyampaikan keluhan, kritikan, dan pandangan terhadap perusahaan, brand, produk, atau lembaga tempat di mana Kamu bekerja.

Bagaimana Media Monitoring Bekerja?

Beberapa petinggi lembaga atau perusahaan pasti bertanya, bagaimana media monitoring bekerja dan apa manfaatnya pemantauan media massa atau media sosial bagi perusahaan serta lembaga yang dipimpin oleh mereka.

Untuk cakupan pekerjaan yang dilakukan tools pemantauan media, di antaranya melihat mention yang dilakukan media massa (online maupun cetak atau offline), siaran TV, radio, media sosial Facebook, Twitter, Instagram, dan blog.

Nantinya, seluruh platform di atas dipantau secara sistem, salah satunya produk media intelligence yang di-provide Kazee Digital Indonesia. Dengan demikian, citra lembaga atau perusahaan diketahui apakah sedang didominasi sentimen negatif atau masih positif.

Agar Kamu yakin untuk menggunakan media monitoring, berikut lima alasan mengapa pemantauan media itu penting:

  • Pemantaua Media Menghubungkan Kamu dengan Target Audiens

Ketika Kamu mendengarkan seseorang yang sedang menyampaikan penilaian terhadap perusahaan, hal itu lebih penting daripada sesuatu yang lainnya. Tanpa media monitoring, hal itu susah dilakukan karena harus mengumpulkan data tersebut secara manual. Terlebih lagi, sentimen positif dan negatifnya tidak diketahui.

  • Mampu Memangun Strategi Pemasaran yang Lebih Baik

Setelah Kamu mengetahui respon konsumen atau target pasar melalui analisis media massa atau media sosial, Kamu bisa merumuskan strategi pemasaran atau marketing dengan lebih baik, karena berdasarkan respon customer atau media massa.

  • Membantu Penyelesaian Manajemen Krisis

Isu negatif yang menimpa suatu perusahaan atau lembaga, pada umumnya tidak bisa diprediksi kapan kehadirannya. Dengan media monitoring, terdapat tim yang melakukan pengecekan secara berkala terhadap brand, sehingga bisa mengetahui kapan isu krisis tersebut muncul.

Setelah isu negatif tersebut teridentifikasi, tim humas bisa merumuskan kebijakan berdasarkan adanya permasalahan tersebut. Hal itu bertujuan untuk meminimalisir berkembangnya isu negatif.

  • Analisis Kompetitor

Analisis pemantauan media sangat memungkinkan Kamu mengetahui strategi kompetitor, hal yang paling banyak dikeluhkan pelanggan kompetitor, dan analisis lainnya yang menguntungkan Kamu.

  • Mendorong Reputasi Perusahaan, Brand, atau Lembaga

Pada umumnya, terdapat jarak antara aspek di internal dengan persepsi merek di media sosial atau media massa. Sehingga sulit untuk bisnis tersebut bisa berkembang secara maksimal.

Sehingga media monitoring sangat penting digunakan untuk para pemimpin organisasi, perusahaan, lembaga, dan institusi negara. Seperti halnya produk media intelligence dari Kazee yang mampu membuat perusahaan bertumbuh.

Sudah siap melakukan counter issue bersama media monitoring Kazee?

Share :

Related Articles