Pentingnya Influencer Marketing bagi Bisnis Anda

Cahaya Muslim

17 April 2024 01:25

Image

Influencer marketing ternyata memiliki pengaruh yang penting untuk membantu bisnis Anda berkembang. Dengan influencer marketing, Anda bisa menjangkau lebih banyak orang sehingga dapat meningkatkan penjualan.

Tidak hanya itu, influencer marketing juga membantu bisnis Anda makin dikenal. Sebenarnya, apa itu influencer marketing? Yuk, simak semua penjelasannya di sini.

Baca Juga: Cara Menentukan Harga yang Layak untuk Berkolaborasi dengan Influencer

Apa itu Influencer Marketing?

Secara sederhana, influencer marketing adalah istilah pemasaran yang mengacu pada kerja sama dengan influencer atau orang berpengaruh untuk memasarkan bisnis Anda. Umumnya, influencer memiliki jumlah pengikut yang banyak di media sosial. Hal ini yang menjadikan nilai tambah bagi influencer.

Tidak hanya itu, influencer juga membantu Anda untuk menampilkan konten atau campaign marketing yang lebih relevan dan menarik. Jadi, audience akan lebih mudah memahami apa bisnis Anda dan seberapa besar manfaatnya bagi mereka.

Namun, perlu diingat bahwa influencer marketing tidak sekadar mengajak sembarangan influencer untuk bekerja sama. Bukan sekadar banyaknya jumlah followers, Anda harus mempertimbangkan berbagai macam aspek lainnya sebelum bekerja sama.

Sudah banyak bisnis yang mengeluarkan uang secara sia-sia karena tidak memahami influencer seperti apa yang cocok untuk bisnis mereka. Apa saja tips dalam memilih influencer agar marketing Anda efektif? Baca terus artikel ini sampai habis untuk menemukan jawabannya.

Manfaat Influencer Marketing

Seperti diketahui, salah satu manfaat utama dalam menerapkan influencer marketing adalah bisa menjangkau lebih banyak orang. Anda tidak perlu capek-capek untuk mengumpulkan orang lagi.

Sebab, influencer yang Anda pilih memiliki followers yang bisa jadi merupakan pelanggan potensial Anda. Kemudian, terdapat beberapa manfaat influencer marketing lainnya. Di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Meningkatkan brand awareness,
  • Menghemat biaya marketing,
  • Bisnis Anda dikenal lebih unik dan relevan oleh audience,
  • Menjangkau calon pelanggan potensial,
  • Memperbesar peluang keberhasilan campaign, 
  • Meningkatkan interaksi dengan calon pelanggan, dan
  • Meningkatkan penjualan

Intinya, influencer membantu Anda untuk mengenalkan bisnis Anda kepada orang-orang yang sulit Anda jangkau sebelumnya. Melalui penerapan strategi marketing ini, Anda bisa mengenal lebih jauh tentang audience Anda.

Tips Memilih Influencer

Seperti diketahui, tidak semua influencer bisa Anda ajak berkolaborasi. Anda harus mengenal siapa influencer yang akan diajak bekerja sama. Pastikan memang konten-konten mereka sesuai dengan bisnis Anda, citra yang dibangun mampu membantu menaikkan bisnis Anda, dan sebagainya. Setidaknya, terdapat beberapa tips memilih influencer, yaitu sebagai berikut.

  • Menganalisis Konten-Konten yang Dibuat

Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah menganalisis konten-konten yang dibuat. Jadi, Anda bisa memastikan followers yang mengikuti influencer itu merupakan calon pelanggan potensial.

Contoh, Anda merupakan bisnis yang bergerak di bidang kuliner atau makanan. Maka dari itu, influencer yang cocok untuk bisnis Anda adalah mereka yang suka membuat konten berhubungan dengan hal tersebut. Misalnya, banyak membahas mengenai F&B, mukbang, review makanan, dan semacamnya. Jadi, pengikut influencer tersebut sudah dipastikan menyukai segala hal yang berhubungan dengan kuliner.

  • Meminta Insight Mengenai Performa Akun

Tips ini membantu Anda memastikan apakah influencer yang diajak bekerja sama bisa menjangkau banyak orang atau tidak. Masih banyak influencer yang sebenarnya memiliki jumlah followers tinggi, tetapi ternyata kurang mampu untuk menarik keterlibatan audience.

Oleh sebab itu, Anda bisa meminta laporan mingguan atau bulanan mengenai performa akun mereka. Tujuannya, guna memastikan seberapa jauh influencer tersebut bisa membantu Anda.

  • Berdiskusi Mendalam Secara Pribadi

Terakhir, Anda bisa berdiskusi mendalam secara pribadi dengan influencer yang Anda pilih. Hal ini membantu Anda menjelaskan secara detail apa yang Anda harapkan dari mereka dan kemampuan si influencer itu sendiri.

Di tahapan ini juga, Anda bisa membicarakan ide-ide konten menarik bersama yang bisa membantu bisnis Anda jauh lebih dikenal oleh orang banyak.

Kesimpulannya, pengaruh influencer marketing bagi bisnis Anda adalah dalam segi menjangkau calon-calon pelanggan potensial. Jadi, Anda tidak perlu melakukan campaign yang salah sasaran lagi. Influencer dapat membantu mempromosikan bisnis Anda dengan lebih efektif. 

 

Share :

Related Articles