Cara Menentukan Harga yang Layak untuk Berkolaborasi dengan Influencer

Cahaya Muslim

11 January 2024 00:38

Setiap influencer memiliki rate card atau besaran harga yang berbeda untuk berkolaborasi dengan mereka. Bagaimana cara menentukan harga yang layak untuk berkolaborasi dengan influencer? Seperti diketahui, kesuksesan campaign bersama influencer juga dipengaruhi performa akun mereka. Tidak sedikit influencer yang memiliki banyak pengikut, tetapi kurang bisa menarik jangkauan atau interaksi. Hal ini tentu saja membuat campaign tidak efektif. Simak di sini cara menentukan harga yang layak saat berkolaborasi dengan influencer.

Baca Juga: 5 Tips Memilih Influencer yang Tepat untuk Campaign

Faktor-Faktor yang Memengaruhi Rate Card Influencer

Saat memilih influencer, faktor jumlah pengikut bukanlah segalanya. Dalam artian, Anda tidak bisa menjadikan followers sebagai satu-satunya pertimbangan. Terdapat beberapa hal lain yang harus menjadi perhatian. Apa saja faktor-faktor yang memengaruhi rate card influencer? Berikut beberapa faktornya.

  • Jumlah Akun yang Dijangkau Influencer

Pada umumnya, influencer yang bisa membuat konten menarik akan lebih banyak menjangkau follower maupun non followers. Maka dari itu, periksa kembali seberapa banyak akun yang bisa dijangkau influencer.

Tidak jarang, jumlah follower yang banyak tidak diikuti dengan jangkauan serupa. Konten pun menjadi sepi sehingga campaign Anda tidak terdistribusi dengan baik kepada audience.

  • Jumlah Akun yang Berinteraksi dengan Influencer

Serupa dengan jangkauan akun, interaksi juga menjadi pertimbangan penting. Mungkin, influencer bisa menjangkau banyak orang. Akan tetapi, pertanyaan berikutnya adalah apakah konten yang dibuatnya mampu mendorong orang-orang berinteraksi?

Interaksi meliputi pemberian like, komentar, hingga membagikan postingan. Anda bisa melihat setiap konten yang dibuat. Umumnya, apabila followernya banyak, interaksinya pun akan tinggi.

  • Scope of Work (SOW)

Scope of Work (SOW) adalah brief antara brand dengan influencer. Artinya, SOW ini berisi penjelasan tentang kewajiban apa yang harus dilakukan influencer. Rate card influencer tentunya akan dipengaruhi oleh SOW ini.

Misalnya, influencer yang memiliki kewajiban untuk melakukan posting di story atau feed tentu berbeda harganya. Bisa juga dipengaruhi berapa kali jumlah postingan yang ada di SOW tersebut.

  • Kesesuaian Audience dengan Brand

Terakhir, kesesuaian audience influencer dengan brand juga bisa memengaruhi rate card. Contohnya, brand fashion berani membayar mahal influencer yang memang fokus membuat konten di bidang tersebut. Sebab, akun yang banyak mengikuti sang influencer kemungkinan besar juga menyukai fashion.


Berbeda lagi apabila menggaet influencer hanya karena terkenal atau memiliki banyak follower. Padahal, sebenarnya audience yang mengikuti akun influencer tersebut random, tidak relevan atau tidak sesuai dengan brand. Jadi, walaupun jangkauan dan interaksi akun tinggi, belum tentu mereka membeli produk yang dipromosikan influencer.

Cara Menentukan Harga yang Layak untuk Influencer

Dari faktor-faktor di atas, Anda mulai dapat menentukan harga yang layak untuk influencer. Setidaknya, terdapat tiga cara yang bisa Anda lakukan. Berikut cara-caranya.

Meminta Insight Performa Akun Influencer

Di Instagram, terdapat fitur insight yang memungkinkan influencer untuk melihat pertumbuhan akun mereka. Dari sini, mereka bisa mengetahui seberapa banyak akun yang dijangkau, berinteraksi, hingga penambahan followernya.

Mintalah influencer membagikan performa akun pada jangka waktu tertentu. Misalnya, dalam satu minggu terakhir, satu bulan terakhir, beberapa hari sebelumnya, dan sebagainya. Dari sini, Anda bisa menyimpulkan harga yang layak untuk influencer. Apakah jumlah followernya berbanding lurus dengan performanya atau tidak.

Mengamati Konten-Konten yang Diunggah

Harga dari sebuah ide kreatif tentunya tidak murah. Maksudnya, Anda bisa menilai effort dari influencer dalam setiap pembuatan konten-kontennya. Namun, tidak hanya sekadar menarik dan kreatif, Anda juga harus mempertimbangkan kesesuaian konten yang diunggah terhadap brand Anda.

Apakah citra yang dibangun influencer selama ini melalui konten-kontennya cocok untuk mempromosikan bisnis Anda? Dari sini, Anda bisa menentukan harga yang layak untuk influencer berdasarkan konten-kontennya yang dibuat dengan maksimal.

Menggunakan Kalkulator Influencer

Terakhir, Anda bisa menggunakan kalkulator influencer. Tools ini membantu Anda melihat bagaimana performa akun influencer yang diincar.

Tanpa harus meminta insight dari influencer, Anda bisa mengetahui rata-rata like post, impresi post, hingga engagement rate. Tidak hanya itu, Anda juga akan diberikan data mengenai estimasi biaya yang layak untuk berkolaborasi dengan mereka.

Dari sini, Anda pun tidak perlu lagi menduga-duga apakah influencer tersebut cocok untuk mempromosikan campaign Anda atau tidak. Sebab, Anda sudah memiliki data yang bisa dijadikan acuan untuk memutuskan ajakan kolaborasi.

Saat ini, siapa yang menjadi influencer incaran Anda untuk diajak bekerja sama?

Share :

Related Articles