Jenis-Jenis Influencer yang Penting Anda Ketahui sebelum Berkolaborasi
Cahaya Muslim
16 July 2024 07:54

Influencer yang memiliki followers ribuan, ratusan ribu, bahkan jutaan memiliki istilah yang berbeda-beda. Selain itu, dampaknya juga pastinya tidak sama bagi bisnis Anda. Oleh sebab itu, penting bagi Anda untuk mengetahui jenis-jenis influencer yang ada.
Dengan mengetahui jenis-jenis berikut, Anda bisa memilih influencer yang tepat untuk diajak berkolaborasi. Anda bisa menyesuaikan dengan target audiens Anda hingga ketersediaan anggaran atau sumber daya.
Apa saja jenis-jenis influencer yang ada? Simak semua penjelasannya di bawah sini!
Baca Juga: Pentingnya Influencer Marketing bagi bisnis Anda
Macam-Macam Influencer
Ciri-ciri yang jelas untuk membedakan jenis influencer adalah jumlah followersnya. Namun, perlu diingat bahwa influencer yang memiliki jumlah followers banyak belum tentu memberi jaminan keberhasilan dalam mempromosikan bisnis Anda.
Maka dari itu, perhatikanlah influencer yang Anda akan ajak kerja sama. Berikut macam-macam atau jenis-jenis influencer yang ada.
Nano Influencer
Istilah ini diberikan untuk para influencer yang memiliki jumlah pengikut di bawah 10.000. Mereka sering kali memiliki hubungan yang sangat personal dengan pengikut mereka dan bisa sangat berpengaruh dalam komunitas kecil.
Nano influencer sangat cocok bagi bisnis Anda yang memang sudah memiliki target audiens yang cukup spesifik atau menargetkan daerah maupun area tertentu.
Keuntungan nano influencer ini adalah biaya yang lebih hemat. Akan tetapi, tantangannya adalah jenis influencer ini memiliki jangkauan yang sangat terbatas.
Micro Influencer
Jenis influencer ini adalah mereka yang memiliki followers antara 10.000 hingga 100.000. Micro influencer seringkali memiliki audiens yang sangat fokus pada niche tertentu, seperti fashion, kecantikan, makanan, atau teknologi.
Untuk micro influencer, biaya yang Anda keluarkan masih sangat terjangkau. Selain itu, micro influencer dapat menarik lebih banyak interaksi daripada nano influencer.
Walaupun begitu, Anda mungkin memerlukan kerja sama dengan beberapa micro influencer untuk mencapai jangkauan audiens yang lebih besar.
Macro Influencer
Macro influencer adalah influencer yang memiliki pengikut antara 100.000 hingga 1 juta. Di sini, Anda mungkin mengenal influencer-influencer yang sudah pernah diundang ke program-program televisi.
Mereka memiliki audiens yang sangat besar. Kekurangannya adalah biayanya sudah cukup relatif mahal. Namun, Anda bisa menjangkau audiens yang cukup besar. Walaupun, memang mungkin saja Anda kurang mendapatkan audiens yang spesifik.
Mega Influencer
Terakhir, ada mega influencer yang memiliki jumlah pengikut di atas 1 juta. Mega influencer adalah mereka yang sering disebut sebagai selebriti atau bahkan atlet terkenal. Setiap kegiatan atau pemberitaan tentang kehidupan mereka bahkan sangat berharga untuk diangkat menjadi sebuah berita.
Tentunya, biaya untuk bekerja sama dengan mereka cukup tinggi. Namun, mereka sudah pasti dapat menjangkau banyak audiens dalam waktu yang singkat. Hal ini dapat membantu Anda meningkatkan brand awareness lebih cepat.
Itulah beberapa jenis influencer yang penting Anda ketahui sebelum berkolaborasi. Dengan memahami hal-hal tersebut, Anda dapat menentukan influencer mana yang akan memberi dampak besar untuk meningkatkan keuntungan bisnis Anda