Implementasi Location Intelligence dalam Dunia Bisnis

Bayu Septian

19 February 2023 15:46

implementasi-location-intelligence-dalam-dunia-bisnis
Source : Freepik.com - Photo by pch.vector

Penting bagi sebuah bisnis maupun perusahaan menyadari bahwa geografi dan lokasi menjadi aspek yang wajib dan harus diperhatikan. Pasalnya, hampir setiap transaksi bisnis terjadi pada waktu dan lokasi strategis yang tidak terjadi di sembarang tempat.

Seperti yang sudah kita ketahui, lokasi menunjukkan kepada kita data yang dapat dimanfaatkan untuk analisis bisnis. Perusahaan perlu menentukan lokasi yang tepat untuk menjual produk ketika mereka mulai memasarkannya. Untuk efisiensi operasional, Anda dapat memilih lokasi di dekat sumber daya atau rute tercepat.

Saat ini, terdapat teknologi yang menggabungkan sistem informasi geografi (SIG) dan intelijen bisnis dengan tujuan untuk mengoptimalkan operasi bisnis. Teknologi ini biasa disebut dengan location intelligence atau platform maps yang bisa diintegrasikan dengan data tertentu.

Apa Itu Location Intelligence?

Location intelligence atau kecerdasan lokasi adalah kemampuan untuk mengumpulkan, menganalisis, dan mengambil tindakan berdasarkan data geografis, spasial, tata ruang, pola ruang, struktur ruang, dan zonasi. Sehingga analisis yang dihasilkan, bisa menguntungkan bagi bisnis.

Teknologi ini merupakan gabungan antara teknologi informasi dan geospasial yang memberikan keuntungan bagi bisnis dalam hal pengambilan keputusan dan analisis data yang berhubungan dengan lokasi atau geografi.

Dengan menerapkan kecerdasan lokasi, bisnis dapat memanfaatkan data lokasi untuk memahami pasar, meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, serta mengambil keputusan yang lebih tepat dan berorientasi pada data.

BACA JUGA : Bagaimana Cara Kerja Location Intelligence?

Bentuk Implementasi Location Intelligence dalam Bisnis

Location Intelligence dapat diterapkan di berbagai bidang dalam dunia bisnis. Berikut ini adalah implementasi dan beberapa bidang dalam dunia bisnis yang menggunakan teknologi location intelligence diantaranya :

1. Ritel

Bisnis ritel dapat menggunakan kecerdasan lokasi kebutuhan pemasaran mereka seperti memahami lokasi toko, persaingan, dan perilaku konsumen. Dengan memahami data lokasi dan kebiasaan konsumen, toko ritel dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam hal strategi pemasaran, penentuan harga, dan pengaturan persediaan.

Contohnya pemiliki toko dapat menggunakan teknologi ini untuk merencanakan, mengimplementasikan, dan mengevaluasi efektivitas pasar. Dengan membandingkan data yang ada, akan lebih mudah untuk mengetahui kinerja toko di setiap lokasi.

Mereka juga dapat menentukan lokasi mana yang memiliki penjualan terbaik. Area tertentu akan menampilkan banyak parameter yang dapat digunakan untuk mengambil keputusan dan membuat strategi selanjutnya.

2. Logistik

Teknologi kecerdasan lokasi juga biasa digunakan dalam industri logistik. Data lokasi yang dihasilkan dari teknologi ini dapat mempermudah perusahaan logistik untuk memahami data geografis seperti jarak antara pabrik dan gudang, rute pengiriman, dan jarak antara gudang dan pelanggan. Mereka juga dapat mengoptimalkan rute pengiriman dan menghemat waktu dan biaya.

3. Properti

Dalam industri properti, kecerdasan lokasi digunakan untuk memahami data geografis seperti permintaan properti, harga, dan faktor-faktor lain yang memengaruhi pasar properti di suatu daerah. Data yang dihasilkan dari kecerdasan lokasi dimanfaatkan oleh bisnis properti untuk membuat keputusan yang lebih baik dalam hal pengembangan properti dan strategi pemasaran.

4. Perawatan Kesehatan

Dalam dunia kesehatan, pemanfaatan location intelligence dapat membantu pihak kesehatan dalam pengambilan keputusan yang tepat dalam hal perbaikan dan pengembangan pelayanan kesehatan, serta meningkatkan kesehatan masyarakat secara keseluruhan.

Contoh penerapannya, dengan menggunakan kecerdasan lokasi, pihak kesehatan dapat menganaisis dan memetakan pola persebaran penyakit dan fasilitas kesehatan dalam suatu wilayah. Selain itu, juga bisa membantu dalam memonitoring dan merencanakan vaksinasi agar dilakukan secara efektif dan merata.

5. Transportasi

Dalam industri transportasi, kecerdasan lokasi digunakan untuk memahami data geografis seperti jarak tempuh, arus lalu lintas, dan lokasi parkir. Dengan memahami data tersebut, bisnis transportasi dapat mengoptimalkan rute, menghindari kemacetan, dan memperbaiki kualitas layanan.

6. Telekomunikasi

Perusahaan telekomunikasi dapat menggunakan location intelligence untuk memetakan cakupan jaringan. sehingga dapat menentukan daerah yang belum tercakup atau kurang terlayani dari segi infrastruktur. Selain itu, juga bisa menganalisis data trafik pola pengguna di suatu wilayah serta memantau peralatan telekomunikasi, seperti tower BTS dan kabel optik.

Secara keseluruhan, pemanfaatan location intelligence dapat membantu perusahaan telekomunikasi untuk meningkatkan efisiensi operasional, meningkatkan kualitas layanan, serta mengembangkan produk dan layanan baru yang lebih sesuai dengan kebutuhan pelanggan.

7. Minyak dan Gas

Data lokasi menjadi salah satu bagian terpenting yang perlu diperhatikan perusahaan minyak dan gas. Itulah alasan mengapa teknologi kecerdasan lokasi sangat dibutuhkan dalam industri ini.

Pertambangan dan gas memerlukan lokasi spesifik yang terkait dengan sumber daya. Faktor geospasial mengatur setiap keputusan penting seperti lokasi rig pengeboran, sistem pengiriman, dan kilang.

Selain itu melalui data yang dihasilkan, memungkinkan perusahaan mendapatkan informasi royalti tertinggi, biaya operasional tertinggi, atau sewa yang paling menguntungkan. Perusahaan minyak dan gas bisa mendapatkan laporan komprehensif dan grafik yang dapat dibaca secara instan.

8. Perbankan dan Keuangan

Di sektor keuangan, intelijen lokasi dapat digunakan untuk memahami lokasi cabang bank, pola pengeluaran konsumen, dan resiko kredit. Dengan memahami data lokasi ini, bank dapat membuat keputusan yang lebih baik dalam hal pengembangan cabang baru, penetapan harga produk, dan penilaian risiko kredit.

Sedangkan untuk perusahaan asuransi, dengan menggunakan LI mereka dapat memetakan alamat nasabahnya. Mereka juga bisa melakukan pengambilan keputusan, biaya, asuransi, risiko lingkungan, dan strategi pemasaran.

Berdasarkan penjelasan diatas, membuktikan bahwa implementasi location intelligence dapat dimanfaatkan dalam berbagai bidang di dunia bisnis, yakni untuk meningkatkan efisiensi dan efektivitas operasional, membuat keputusan yang lebih tepat, serta meningkatkan pengalaman pelanggan.

Platform Kecerdasan Lokasi Terbaik : Kazee Location Intelligence

Kazee Location Intelligence salah satu rekomendasi platform location intelligence terbaik yang bisa jadi pilihan bagi bisnis Anda. Platform ini membantu Anda melakukan perencanaan lokasi pada perusahaan yang bergerak di berbagai industri.

Dilengkapi dengan teknologi big data dan Artificial Intelligence (AI), Kazee Location Intelligence memudahkan Anda mengumpulkan informasi penting mengenai pasar dan pelanggan Anda yang mampu menganalisis hingga level desa.

Kazee Location Intelligence memiliki kemampuan dalam menganalisis berbagai jenis data dan dapat menjangkau zona lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Tentunya ini sangat memudahkan bisnis Anda dalam mengidentifikasi peluang, mengukur kinerja, dan memetakan prospek pelanggan potensial.

Ingin meningkatkan efektivitas bisnis Anda dengan cepat dan efisien? Solusinya ada pada teknologi Kazee Location Intelligence. Dengan memanfaatkan teknologi ini, Anda dapat meningkatkan pengambilan keputusan bisnis dengan lebih baik dan lebih akurat.

Segera manfaatkan Kazee Location Intelligence untuk mengembangkan bisnis Anda. Dapatkan manfaatnya sekarang dan tingkatkan kinerja bisnis Anda dengan teknologi yang tepat. Klik tombol dibawah ini untuk ajukan demo.

Atau hubungi kami sekarang dan jangan lewatkan kesempatan untuk mendapatkan akses Kazee Location Intelligence dengan penawaran menarik dan harga yang terjangkau.

Share :

Related Articles