Bagaimana Cara Kerja Location Intelligence?

Bayu Septian

13 February 2023 11:00

cara-kerja-location-intelligence
Source : freepik.com - photo by vectorjuice

Dilansir dari geoblink.com, Location Intelligence adalah teknologi yang memiliki kemampuan mengumpulkan dan menganalisis berbagai jenis data geospasial yang diubah menjadi wawasan strategis untuk menyelesaikan berbagai tantangan bisnis.

Singkatnya, Location Intelligence (LI) adalah sebuah metode untuk mengumpulkan, menganalisis, menampilkan data geografis data dan memvisualisasikannya untuk membantu perusahaan atau organisasi serta lembaga dalam membuat keputusan yang lebih baik.

Jika pada artikel sebelumnya kita telah membahas mengenai apa itu location intelligence, di artikel kali ini kita akan membahas bagaimana cara kerja location intelligence.

Sebelum membahas mengenai cara kerjanya, mari kita simak sejarah perkembangan kecerdasan lokasi terlebih dahulu.

Sejarah Perkembangan Location Intelligence

Sebelum teknologi location intelligence berkembang pesat dan dibutuhkan di industri sekarang, berikut beberapa ringkasan perjalanan teknologi kecerdasan buatan :

Tahun 1854

John Snow membuat peta di mana dia menggunakan geolokasi untuk menentukan penyebab epidemi kolera yang meresahkan London. Petanya menunjukkan lokasi sumur di mana penduduk setempat yang sakit pergi untuk mengambil air dan bagaimana mereka semua terhubung ke satu pompa air.

Tahun 1960

Sistem Informasi Geografis (SIG) pertama dibuat dengan menggabungkan data geografis dan peta. Manfaat GIS yaitu mengurangi biaya operasional, menyebabkan perkembangannya.

Tahun 1970

Di tahun ini, Sistem Informasi Geografis semakin berkembang pesat ditandai dengan perubahan peta dari yang awalnya hanya berupa kertas kini bisa ditransformasikan  menjadi pemetaan di komputer (mapping computer).

Tahun 1980

Pada tahun 1980 perangkat lunak GIS komersial pertama diluncurkan. Namun, teknologi ini memiliki keterbatasan karena hanya profesional terpilih yang memiliki pengetahuan untuk mengekstraksi nilai sebenarnya dari data geospasial.

Tahun 2006

Di tahun ini, perangkat lunak GIS mulai dapat diaplikasikan dalam bentuk aplikasi seluler peta interaktif pertama.

Tahun 2011

Muncul beberapa perusahaan yang bergerak di bidang data lokasi pemetaan sosial.

Tahun 2012

Pada tahun 2012, kursus terapan pertama tentang Kecerdasan Lokasi ditawarkan di University of Texas oleh Wayne Geary. Dia mendefinisikannya sebagai proses mengidentifikasi lokasi optimal yang akan mendorong kesuksesan bisnis dan mengatasi berbagai tantangan bisnis.

Sekarang

Maraknya aplikasi seluler yang mengumpulkan data lokasi dalam jumlah besar mulai dianalisis menggunakan teknik Big Data untuk mendapatkan wawasan tentang keberadaan pengguna.

Seiring berjalannya waktu, bisnis menjadi semakin sadar akan kebutuhan untuk menggabungkan wawasan yang diperoleh dari analisis data lokasi ke dalam strategi perusahaan mereka.

Penggunaan location intelligence kini sudah dimanfaatkan di berbagai lini bisnis dan industri. Mulai dari perusahaan retail, asuransi, hingga perusahaan real estate.

Mengapa? Karena teknologi ini dapat membantu meningkatkan efisiensi, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan pengalaman pelanggan.

Hanya dengan kecerdasan lokasi, mereka akan berhasil mengembangkan perusahaan mereka dan tetap relevan di dalam ketatnya lingkungan kompetitor antar industri.

BACA JUGA : Apa Itu Location Intelligence Dan Seberapa Penting Bagi Sebuah Bisnis

Cara Kerja Location Intelligence

Berikut ini adalah beberapa cara kerja teknologi Location Intelligence dalam membantu perusahaan atau bisnis menyelesaikan masalah, yaitu :

Pengumpulan Data

Teknologi kecerdasan lokasi mengumpulkan data geografis dari berbagai sumber, seperti sensor, database publik, data survei melalui perangkat GPS, media sosial, aplikasi seluler, dan penyedia data pihak ketiga.  Data yang dikumpulkan meliputi lokasi pelanggan, informasi demografis, dan data historis.

Pembersihan Data

Setelah data dikumpulkan, perlu dibersihkan dan disiapkan untuk analisis. Langkah ini melibatkan penghapusan data duplikat atau data tidak relevan. Proses ini dilakukan untuk memastikan bahwa data akurat dan memiliki format yang benar.

Analisis Data

Setelah dilakukan proses pembersihan data, location intelligence akan menganalisis beberapa tipe data seperti informasi demografis, perilaku pelanggan, data historis untuk menentukan pola, tren, dan hubungan antar lokasi.

Visualisasi Data

Selanjutnya, data tersebut dapat ditampilkan dalam bentuk visualisasi data, seperti peta interaktif, untuk membantu memahami informasi geografis. Proses visualisasi data menggunakan Sistem Informasi Geografis (SIG) dan teknik analisis geospasial untuk memetakan dan memvisualisasikan data. 

Interpretasi Data

Kecerdasan lokasi menggunakan model statistik dan machine learning untuk memprediksi hasil berdasarkan data geografis. Data membutuhkan interpretasi yang benar untuk membuat wawasan yang bermakna. Langkah ini melibatkan penggunaan teknik intelijen bisnis untuk mengubah data menjadi informasi yang dapat ditindaklanjuti.

Implementasi Data

Langkah terakhir adalah menerapkan wawasan yang diperoleh dari data. Untuk wawasan yang lebih baik, perlu disajikan secara real-time. LI juga memberikan rekomendasi berdasarkan analisis dan prediksi data geografis, membantu perusahaan dan organisasi membuat keputusan yang lebih baik.

Pemantauan Data

Sangat penting untuk memantau hasil dan melakukan penyesuaian sesuai kebutuhan agar mudah diterima dalam sistem dan aplikasi bisnis lainnya. Langkah ini melibatkan pelacakan keberhasilan perubahan yang dilakukan dan membuat penyesuaian seperlunya untuk mengoptimalkan hasil.

Kazee Location Intelligence : Platform Kecerdasan Lokasi Terbaik

Location Intelligence dapat digunakan dalam berbagai industri, seperti retail, periklanan, perencanaan transportasi, dan real estate. Misalnya, perusahaan retail dapat menggunakan LI untuk menentukan lokasi toko baru, sementara perusahaan periklanan dapat menggunakan LI untuk memahami pola perilaku konsumen geografis.

Kazee Location Intelligence salah satu rekomendasi platform location intelligence terbaik yang bisa jadi pilihan bagi bisnis Anda. Platform ini membantu Anda melakukan perencanaan lokasi pada perusahaan yang bergerak di berbagai industri.

Dilengkapi dengan teknologi big data dan Artificial Intelligence (AI), Kazee Location Intelligence memudahkan Anda mengumpulkan informasi penting mengenai pasar dan pelanggan Anda.

Kazee Location Intelligence memiliki kemampuan dalam menganalisis berbagai jenis data dan dapat menjangkau zona lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Tentunya ini sangat memudahkan bisnis Anda menjadi lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan penjualan produk.

Terapkan location intelligence pada bisnis Anda untuk memahami pasar dan menemukan peluang bisnis mulai hari ini! Tertarik dengan platform Kazee Location Intelligence?

Atau

Share :

Related Articles