Apa Itu Location Intelligence dan Seberapa Penting Bagi Sebuah Bisnis

Bayu Septian

07 February 2023 15:58

location intelligence
pexels.com - photo by photomix

Tahukah Anda? Baru-baru ini, istilah location intelligence atau yang biasa disebut kecerdasan lokasi mencuat ke publik dan semakin banyak diperbincangkan. Sejumlah perusahaan maupun organisasi mulai menggunakan teknologi location intelligence untuk mengembangkan bisnis mereka.

Lantas sebenarnya, apa itu location intelligence dan seberapa penting location intelligence bagi sebuah perusahaan dan bisnis mereka? Mari kita simak penjelasannya dalam artikel ini.

Dibalik Munculnya Teknologi Location Intelligence

Sebelum membahas lebih detail mengenai apa itu location intelligence, kami akan mencoba menjelaskan bagaimana teknologi ini mulai berkembang yang pada akhirnya dibutuhkan oleh berbagai industri di Indonesia.

Kita mulai dengan pertanyaan, pernahkah Anda membeli barang secara online namun mengalami masalah keterlambatan pengiriman? Ya, inilah awal mula bagaimana kecerdasan lokasi muncul.

Data dari Google dan Temasek, menyatakan bahwa pertumbuhan ekonomi digital dari tahun 2022 sampai 2025 masih dikuasai oleh e-commerce. Imbas dari peningkatan prediksi pasar e-commerce ini, turut mendorong penjualan online dan jasa pengiriman barang.

Sayangnya, dikutip dari Here Technology, sebanyak 62% pembeli online mengalami keterlambatan pengiriman melalui kendaraan roda dua. Padahal, dari sisi konsumen menginginkan barang yang dipesan bisa datang tepat waktu.

Tantangan utama dari problema ini adalah proses pengiriman barang dengan jarak jauh dan harus melewati pelosok daerah dan jalan-jalan sempit. Sementara, sistem jaringan transportasi dan pengaturan lokasi masih belum berkembang.

Berangkat dari kondisi inilah, dibutuhkan sebuah teknologi kecerdasan lokasi yang mampu membantu perusahaan e-commerce dan jasa transportasi dapat mengirimkan barang secara real time dan sesuai dengan titik lokasi pengantaran.

Apa Itu Location Intelligence?

Mengutip dari technopedia, Location Intelligence (LI) atau kecerdasan lokasi adalah kemampuan suatu teknologi untuk menyediakan aplikasi perangkat lunak dengan lokasi geografis dari orang atau perangkat komputasi tertentu.

Sederhananya, location intelligence adalah sebuah metode untuk mengumpulkan, menganalisis, menampilkan data geografis data dan memvisualisasikannya untuk membantu perusahaan atau organisasi dalam membuat keputusan yang lebih baik.

Teknologi ini mampu mengkompilasi dan memperkaya berbagai jenis kumpulan data besar seperti data geospasial, GPS, data transaksional, sosiodemografi, lalu lintas pejalan kaki atau data titik penjualan lalu mengubahnya menjadi wawasan strategis untuk menyelesaikan berbagai tantangan bisnis.

Di era transformasi digital seperti sekarang ini, perusahaan maupun organisasi sudah menyadari bahwa pentingnya sebuah lokasi dalam memberikan gambaran data dan analisa bisnis. Mereka bergantung pada teknologi sistem informasi geografis untuk membangun kecerdasan lokasi.

Perusahaan perlu menentukan lokasi pemasaran maupun penjualan untuk meningkatkan efisiensi operasional dan memperkuat proses bisnis untuk menghadirkan pengalaman pelanggan yang lebih baik.

Istilah dalam Location Intelligence

Analisis Data

Analisis Data

Ini merupakan fitur dalam platform location yang digunakan user untuk mengkaji aspek yang ingin diketahui. Anda bisa mengatur aspek radius dalam location, sehingga bisa memvisualisasikan cakupan wilayah bisnis yang akan dibangun.

Data Project

Data Project

Data Project ini merupakan kumpulan project atau pekerjaan yang telah dibuat user sejak pertama menggunakan tools maps dari Kazee.

Overlay

Analisis Overlay

User bisa melakukan overlay atau analisis tumpang tindih dengan data lainnya sesuai dengan kebutuhan output yang diinginkan oleh user.

Object Counting

Analisis Object Counting

Dengan radius dan jenis obyek yang telah ditentukan, pengguna dapat mengetahui jarak object dengan titik pusat di suatu daerah dengan daerah lainnya. Ini sangat berguna bagi bisnis Anda untuk melihat aksesibilitas lokasi satu dengan yang lainnya. Sehingga rantai distribusi bisa berjalan dengan lancar.

Tak hanya itu, tools ini juga bisa melakukan analisis mengenai Kemiskinan, safe & secure city, property , marketing & sales, pertahanan dan keamanan, logistik, investasi bisnis, zoning regulation, kebencanaan, dan socio-economic status (ses).

Pentingnya Location Intelligence dalam Ranah Bisnis

Kehadiran teknologi location Intelligence menjadi semakin penting, mengingat bagaimana perusahaan membutuhkan teknologi ini untuk terus meningkatkan cakupan dan memperluas jangkauan bisnis mereka.

Penerapan kecerdasan lokasi berperan sebagai alat untuk menilai kebiasaan konsumen di lokasi tertentu. Beberapa perusahaan yang telah memanfaatkan kecerdasan lokasi adalah perusahaan transportasi dan logistik.

Mereka memanfaatkan peta dan analisis spasial yang terdapat dalam location intelligence untuk mengoptimalkan pemasaran dan mengurangi waktu serta penundaan dalam pengiriman barang.

Berikut merupakan kegunaan dan pentingnya location intelligence dalam sebuah perusahaan maupun organisasi bisnis, yaitu :

1. Memetakan Pasar Dan Konsumen

Location intelligence sangat penting dalam memetakan pasar dan konsumen karena memungkinkan perusahaan untuk memahami pola perilaku dan preferensi konsumen berdasarkan lokasi perusahaan.

Mengetahui faktor geografis seperti jarak, aksesibilitas, dan sumber daya membantu perusahaan dalam menentukan lokasi toko yang optimal untuk operasi bisnis seperti pabrik, gudang, atau cabang.

Dengan memetakan pasar dan konsumen secara geografis, perusahaan juga dapat menentukan tren dan pola yang terkait dengan faktor lingkungan, seperti densitas penduduk, tingkat pendapatan, dan faktor demografi lainnya.

Mengetahui lokasi pasar dan konsumen secara potensial membantu perusahaan dalam menentukan strategi pemasaran dan distribusi yang lebih efektif.

2. Menganalisis Kompetitor

Selain mengetehui bagaimana kondisi pasar beserta target marketnya, kecerdasan lokasi juga membantu perusahaan dalam mengetahui lokasi atau tata letak bisnis kompetitor dan memahami bagaimana persaingan yang sedang terjadi di pasar.

Dengan menggunakan kecerdasan lokasi, perusahaan dapat memahami kelebihan dan kekurangan bisnis kompetitor. Pola dan tren bisnis kompetitor berupa tingkat konsumsi dan preferensi konsumen dapat dianalisis secara lebih mendalam guna membangun strategi pemasaran yang kuat.

3. Meningkatkan Efisiensi dan Mengurangi Biaya

Pemetaan data geografis dengan bantuan kecerdasan lokasi membantu perusahaan menemukan cara untuk meningkatkan efisiensi dan mengurangi biaya. Dengan menentukan lokasi toko dan mengoptimalkan rute distribusi maka faktor-faktor lingkungan seperti seperti jarak, aksesibilitas, dan biaya transportasi dapat diminimalisir oleh perusahaan.

Contoh sederhananya, perusahaan e-commerce dan jasa pengiriman yang merasakan kemudahan berkat adanya teknologi kecerdasan lokasi. Dimana penentuan titik lokasi pembeli yang dapat diketahui oleh teknologi ini turut membantu mereka meminimalkan jarak tempuh dan mempercepat proses pengiriman barang.

4. Pengambilan Keputusan Bisnis

Dengan memanfaatkan kecerdasan lokasi, perusahaan bisa menggabungkan business intelligence dan analisis geospasial sehingga menghasilkan insight baru dalam mengambil keputusan bisnis. Pengambilan keputusan bisnis dapat dilakukan secara efektif dan informatif dengan mempertimbangkan faktor-faktor seperti lokasi pasar, konsumen, dan kompetitor.

5. Analisis Bisnis Berdasarkan Lokasi Tingkat Kemiskinan

Melalui location intelligence, Anda juga bisa melakukan analisis bisnis berdasarkan daerah yang memiliki tingkatan kemiskinan. Dengan demikian, Anda bisa mendirikan bisnis tertentu dengan melihat data kemiskinan terlebih dahulu, sehingga tepat sasaran.

Studi Kasus: Analisis Kemiskinan untuk Bisnis

Analisis Kemiskinan

Setelah melihat daerah mana saja yang berada di level kemiskinan tertentu sesuai tingkatannya, tentunya Anda bisa menjadikan analisis tersebut menjadi keputusan dalam menentukan lokasi untuk berbisnis. Sehingga, keputusan yang tepat bisa dipilih berdasarkan data yang kompherensif.

Software Location Intelligence Terbaik di Indonesia

Software kecerdasan lokasi merupakan sebuah solusi bagi perusahaan maupun bisnis untuk melihat pola dan tren pasar melalui peta dan grafik untuk mengoptimalkan peluang bisnis tertentu. Pengguna dapat memperoleh data ini dari analitik lokasi dengan bantuan fitur seperti analisis kepadatan, data jarak dan perjalanan, dan pemetaan geospasial.

Sejumlah perusahaan yang bergerak di bidang industri retail dapat memanfaatkan software ini untuk menemukan lokasi yang ideal untuk memilih gudang baru yang dapat lebih cepat mengangkut barang ke toko terdekat. Selain itu juga, bagi bisnis makanan, kecerdasan lokasi juga bisa membantu dalam menentukan lokasi restoran yang strategis berdasarkan tingkat permintaan konsumen.

Kazee Location Intelligence salah satu rekomendasi platform location intelligence terbaik yang bisa jadi pilihan bagi bisnis Anda. Platform ini membantu Anda melakukan perencanaan lokasi pada perusahaan yang bergerak di berbagai industri.

Dilengkapi dengan teknologi big data dan Artificial Intelligence (AI), Kazee Location Intelligence memudahkan Anda mengumpulkan informasi penting mengenai pasar dan pelanggan Anda. Lalu, memiliki kemampuan dalam menganalisis berbagai jenis data dan dapat menjangkau zona lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Tentunya ini sangat memudahkan bisnis Anda menjadi lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan penjualan produk.

Terapkan location intelligence pada bisnis Anda untuk memahami pasar dan menemukan peluang bisnis mulai hari ini! Tertarik dengan platform Kazee Location Intelligence? Klik link selengkapnya dibawah ini.

atau

Share :

Related Articles