10 Rekomendasi Location Intelligence Untuk Bisnis Anda

Bayu Septian

01 February 2023 08:42

location-intelligence
pexels.com - photo by pixabay

Bisnis saat ini sedang berkembang dengan pesat dan setiap perusahaan berusaha untuk mencari cara untuk memahami dan memanfaatkan informasi geografis untuk membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Salah satu solusi yang dapat dilakukan oleh sebuah perusahaan untuk memperluas jangkauan bisnis yakni dengan memanfaatkan location intelligence.

Apa Itu Location Intelligence?

Location intelligence atau kecerdasan lokasi adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menjelaskan penggunaan informasi geografis dan data lokasi untuk memahami dan membuat keputusan bisnis yang lebih baik. Kecerdasan lokasi melibatkan analisis data geografis, visualisasi data geospasial, dan integrasi dengan data bisnis lainnya untuk memberikan informasi tambahan tentang pasar, konsumen, dan lokasi bisnis.

Peran location intelligence dalam bisnis sangatlah besar yaitu membantu bisnis untuk memahami bagaimana faktor geografis, mempengaruhi operasi dan strategi mereka dan membuat keputusan yang lebih informatif dan terinformasi.

Misalnya, sebuah perusahaan yang bergerak dalam bidang retail dapat menggunakan location intelligence untuk mengetahui lokasi pasar yang paling potensial, menentukan lokasi toko yang paling efisien, dan memahami bagaimana faktor geografis mempengaruhi perilaku belanja konsumen.

Tak hanya itu, salah satu tools yang dimiliki Kazee Digital Indonesia juga bisa melakukan kebutuhan berkaitan dengan maps lainnya seperti analisis spasial yang dibutuhkan pemerintah, meliputi RDTR, RTRW, zonning regulation, dan sejenisnya.

Mengingat banyaknya bisnis yang membutuhkan jasa tersebut, berikut kami merekomendasikan 10 location intelligence yang bisa Anda gunakan dalam bisnis Anda, di antaranya:

1. Kazee Location Intelligence

kazee-location-intelligence

Kazee Location Intelligence adalah salah satu platform location intelligence terbaik yang bisa jadi pilihan bagi bisnis Anda. Dilengkapi dengan big data dan Artificial Intelligence (AI), Kazee Location Intelligence memudahkan Anda dalam melakukan perencanaan kota yang tangguh (resilient city), smart city, hingga aspek politik, sosial, hukum, pertahanan, dan keamanan.

kazee-location-intelligence
Kazee Location Intelligence (kazee.id)

Kelebihan yang ditawarkan platform ini adalah dapat menganalisis berbagai jenis data dan dapat menjangkau zona lokasi di seluruh wilayah Indonesia. Tentunya ini sangat memudahkan bisnis Anda menjadi lebih dikenal sehingga dapat meningkatkan kualitas pelayanan dan penjualan produk.

Anda ingin mencobanya?

2. Google Maps Platform

google-maps-location-intelligence
Google Maps (mapsplatform.google.com)

Google Maps Platform adalah salah satu platform location intelligence terbaik yang tersedia dan banyak digunakan saat ini. Platform ini menawarkan banyak fitur, seperti visualisasi data geografis atau menampilkan peta, mengambil data tempat, membuat rute, dan masih banyak lagi. Google Maps Platform telah dimanfaatkan berbagai perusahaan dari mulai retail hingga toko online untuk memperluas jangkauan bisnis.

3. Mapbox

Mapbox adalah platform kecerdasan lokasi yang fleksibel yang memungkinkan perusahaan dapat menciptakan solusi kecerdasan lokasi yang sesuai dengan kebutuhan bisnis mereka. Mapbox juga menyediakan layanan navigasi maupun pencarian alamat. Bagi pemula yang masih asing dengan platform ini, Mapbox menawarkan sistem pay as you go dengan memberikan layanan gratis pada limit user tertentu.

Fitur sederhana yang ditawarkan salah satunya adalah fitur 3D building. Fitur ini memungkinkan penggunanya dapat mengakses pergerakan peta di ruang 3D. Meskipun 3D yang dihasilkan hanya berupa blok saja, namun tentunya fitur ini sangatlah cocok untuk memberikan lokasi mendetail pada bisnis Anda.

4. Esri ArcGIS

Esri ArcGIS merupakan salah satu platform kecerdasan lokasi serbaguna yang memungkinkan perusahaan untuk melakukan analisis geografis dan membuat visualisasi data geografis. ArcMap adalah salah satu fitur dan aplikasi unggulan ArcGIS yang mampu mengolah, menampilkan, memilih, editing dan publishing peta.

5. OpenStreetMap

OpenStreetMap adalah sebuah platform kecerdasan lokasi yang terbuka dan bebas, dimana penggunanya dapat berkontribusi untuk menambahkan, mengubah dan mendapatan seluruh data geospasialnya secara gratis. Visualisasi data geografis yang ditampilkan dari Open Street Map dapat mengantisipasi berbagai masalah sosial seperti pengurangan risiko bencana, infrastruktur dan transportasi, air dan sanitasi, pendidikan, dan inklusivitas.

6. Bing Maps

Bing Maps adalah platform location intelligence yang berguna yang menawarkan banyak fitur seperti visualisasi data geografis, routing, dan geocoding. Platform yang diluncurkan pada Desember 2005 ini, sekilas tampak mirip dengan Google Maps yakni dalam menampilkan peta 2D. Akan tetapi, versi baru dari Bing Maps Preview menghadirkan sejumlah fitur baru yang semakin memudahkan penggunanya, seperti fitur Streetside, My Places dan Sharing.

7. HERE Maps

HERE Maps merupakan platform aplikasi peta digital berbasis location intelligence yang dapat membantu perusahaan maupun bisnis dalam melakukan analisis geografis dan membuat visualisasi data geografis. Tak kalah dengan Google Maps, aplikasi ini menawarkan berbagai keunggulan yakni mengevaluasi informasi geografis seperti lokasi pasar, demografi, perilaku konsumen.

Selain itu, HERE Maps juga memudahkan penggunanya dapat mengunjungi lokasi perusahaan Anda dengan HERE WeGo yang bisa membantu pengguna mendapatkan rekomendasi moda transportasi yang sebaiknya digunakan dan dapat mengunduh seluruh peta dunia  untuk dipakai secara luring (offline).

8. TomTom Maps

TomTom Maps adalah platform navigasi dan location intelligence yang menawarkan solusi navigasi dan analisis geografis bagi perusahaan. Ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dan mengevaluasi informasi geografis seperti lokasi toko, demografi, dan perilaku konsumen.

9. MapQuest

MapQuest adalah platform navigasi dan location intelligence yang menawarkan solusi navigasi dan analisis geografis bagi perusahaan. MapQuest memungkinkan perusahaan dapat memahami dan mengevaluasi informasi geografis seperti lokasi pasar, demografi, dan perilaku konsumen.

10. Waze

Waze adalah aplikasi navigasi dan location intelligence yang memberikan informasi real-time mengenai lalu lintas, kemacetan, dan kecelakaan kepada penggunanya. Platform ini dapat membantu perusahaan untuk memahami dan mengevaluasi informasi geografis seperti lokasi pasar, demografi, dan perilaku konsumen. Waze juga memungkinkan penggunanya untuk berbagi informasi mengenai lalu lintas dan kecelakaan dengan pengguna lain dalam komunitasnya.

Bagaimana? Anda sudah menentukan untuk mencoba aplikasinya?

Share :

Related Articles