Fungsi dan Tujuan Data Analytics dalam Public Relations

Bayu Septian

09 February 2023 06:34

Data Analytics dalam Public Relations

Data Analytics dan Public Relations adalah dua hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. Dalam era digital saat ini, data analytics memainkan peran penting dalam membantu perusahaan untuk mengumpulkan dan menganalisis data, sehingga bisa mengambil keputusan bisnis yang tepat.

Fungsi Data Analytics dalam Public Relations

Sementara itu, Public Relations bertanggung jawab untuk membangun dan memelihara hubungan yang baik antara perusahaan dan masyarakat. Keduanya bekerja sama secara berkesinambungan untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya.

Fungsi analitik data dalam Public Relations adalah membantu perusahaan untuk memahami bagaimana masyarakat memandang mereka. analitik data membantu perusahaan untuk mengumpulkan data melalui berbagai sumber seperti media sosial, pemberitaan, dan lain-lain.

Kemudian, data tersebut dianalisis untuk memahami tren, perilaku, dan pandangan masyarakat terhadap perusahaan. Sehingga public relation bisa merumuskan kebijakan berdasarkan analitik data. Hal itu untuk menyempurnakan pilihan yang diambil oleh PR.

Tujuan Data Analytics dalam Public Relations adalah untuk membantu perusahaan membuat keputusan yang tepat berdasarkan data yang tersedia. Dengan memahami tren dan perilaku masyarakat, perusahaan dapat menyesuaikan strategi PR-nya untuk memastikan bahwa mereka membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat.

Baca Juga 6 Cara Memaksimalkan Manfaat Media Monitoring untuk Brand Anda

Analitik data juga membantu perusahaan untuk menilai efektivitas strategi PR-nya dan membuat perbaikan apabila diperlukan. Keduanya juga dapat digunakan bersama-sama untuk memastikan bahwa perusahaan memahami isu yang sedang terjadi dan bagaimana isu tersebut mempengaruhi hubungan mereka dengan audiens.

Dengan memahami isu tersebut, perusahaan dapat membuat keputusan yang tepat dan menyesuaikan strategi PR-nya untuk memastikan bahwa mereka terus membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat.

Software Media Analytics

Di tengah era teknologi yang kemajuannya pesat, terdapat software yang bertujuan untuk melakukan analitik data secara otomatis untuk digunakan tim PR. Tools tersebut bisa mempermudah peran PR dalam melakukan pekerjaannya. Tools tersebut adalah media intelligence Kazee.

Dashboard Software Data Analytics

Media Intelligence mampu menarik data berskala besar dari Twitter, Facebook, YouTube, Instagram, dan yang lainnya dengan rentang waktu sesuai kebutuhan untuk mengumpulkan dan menganalisis data untuk membantu user atau pun public relations.

Baca Juga Bagaimana Digital Public Relations Membantu Brand Anda Berkomunikasi dengan Publik?

Kesimpulan

Secara keseluruhan, Data Analytics dan Public Relations adalah dua hal yang sangat penting bagi setiap perusahaan. keduanya bekerja sama melengkapi untuk membantu perusahaan mencapai tujuan bisnisnya dan membangun dan memelihara hubungan yang baik dengan masyarakat.

Dengan menggunakan media intelligence dari Kazee, perusahaan bisa memastikan bahwa mereka memanfaatkan Data Analytics oleh Public Relation dengan sebaik-baiknya untuk mencapai hasil yang terbaik serta meminimalisir terjadinya kesalahan dalam pengambilan keputusan.

Siap menggunakan analitik data terautomasi dengan Kazee?

Share :

Related Articles