6 Cara Memaksimalkan Manfaat Media Monitoring untuk Brand Anda

Bayu Septian

08 February 2023 03:26

Memaksimalkan Manfaat Media Monitoring

Media monitoring adalah proses pemantauan dan analisis media massa untuk mengumpulkan informasi tentang persepsi dan citra brand Anda. Ini adalah alat yang sangat berguna bagi mereka yang ingin memaksimalkan manfaat media monitoring untuk brand.

Pasalnya, dilansir dari mckinsey, masih terdapat para pemimpin pemilik brand yang mengabaikan persepsi citra merek, sehingga berakibat kepada hilangnya value atau nilai untuk melakukan transformasi brand ke arah yang lebih baik.

Atas dasar hal tersebut, pemantauan media beserta analisisnya perlu dilakukan oleh pemilik brand agar bisa melangkah ke arah yang lebih baik. Berikut merupakan enam cara untuk memaksimalkan manfaat media monitoring untuk brand Anda:

1. Mengetahui Citra Brand Anda

Media monitoring sangat membantu Anda untuk mengetahui bagaimana orang memandang brand Anda dan apa yang mereka pikirkan tentang produk atau jasa Anda. Ini membantu Anda menentukan apakah persepsi brand Anda sesuai dengan yang Anda harapkan dan apa yang perlu Anda perbaiki.

2. Melacak Kompetitor

Sistem pelacakan brand kompetitor juga penting khususnya untuk membantu Anda untuk melacak kompetitor Anda dan bagaimana mereka diterima oleh masyarakat. Tidak hanya itu, kampanye dari brand pesaing juga bisa diidentifikasi, sehingga pemantauan media sangat membantu citra merek Anda.

Hal itu juga bertujuan untuk mengetahui kelebihan dan kekurangan kompetitor Anda dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan kelebihan ini untuk mempromosikan brand Anda. Sehingga brand yang dimiliki, bisa selangkah lebih unggul dari kompetitor.

Baca Juga Apa Itu Location Intelligence dan Seberapa Penting Bagi Sebuah Bisnis

3. Mengetahui Trend Terkini

Pemantauan media juga membantu Anda untuk mengetahui trend terkini dalam industri yang digeluti. Ini membantu Anda untuk mengikuti perkembangan dan memastikan bahwa brand Anda selalu up-to-date dengan trend terbaru.

Dengan mengetahui trend teranyar, selain mendapatkan perhatian lebih dari user, dipastikan brand Anda juga dilirik oleh calon user. Pasalnya, perusahaan yang lebih aware dengan trend terbaru lebih diminati oleh calon user dan pengguna dibandingkan dengan brand yang tidak up-to-date.

4. Menentukan Strategi Pemasaran

Dalam hal ini, sistem tersebut membantu Anda untuk menentukan strategi pemasaran yang efektif dan efisien. Ini membantu Anda untuk mengetahui apa yang sedang popular di beberapa platform media dan bagaimana Anda bisa memanfaatkan ini untuk mempromosikan brand Anda.

5. Meningkatkan Reputasi Brand

Media monitoring membantu Anda untuk menjaga dan meningkatkan reputasi brand Anda. Ini membantu Anda untuk mengetahui apa yang orang pikirkan tentang brand Anda dan bagaimana Anda bisa memperbaiki reputasi Anda jika perlu.

6. Meningkatkan Kesadaran Merek

Setelah lima poin di atas, pemantauan media juga membantu brand Anda untuk lebih meningkatkan pentingnya kesadaran merek. Ini membantu Anda untuk memastikan bahwa orang tahu tentang brand Anda dan produk atau jasa Anda.

Baca Juga 5 Panduan Utama untuk Media Monitoring

Studi Kasus: Brand Telekomunikasi di Indonesia

Platform media intelligence dari Kazee Digital Indonesia sempat melakukan analisis brand telekomunikasi di Indonesia. Berdasarkan big data yang dikumpulkan oleh artificial intelligence, didapatkan hasil analisis empat brand telekomunikasi terkemuka di Indonesia sebagai berikut:

Monitoring Brand Telekomunikasi di Indonesia

Brand salah satu telekomunikasi di Indonesia mendapatkan prosentase yang paling kecil. Hal itu disebabkan oleh respon isu industri telekomunikasi yang masih minim. Berbeda dengan provider lain yang sudah lebih terdepan dalam menanggapi isu industri telekomunikasi.

Kesimpulan

Dengan memaksimalkan manfaat media monitoring, Anda dapat memastikan bahwa brand Anda terlihat baik dan diterima dengan baik oleh masyarakat. Ini akan membantu Anda untuk meningkatkan penjualan dan memperkuat posisi Anda dalam industri yang digeluti.

Jadi, jika Anda ingin memastikan bahwa brand Anda sukses dalam hal kampanye dan pemantauan isu yang berasal dari media sosial dan news, mulailah menggunakan media monitoring Kazee. Tak perlu khawatir, Anda bisa meminta demo secara gratis terlebih dahulu, berminat?

Share :

Related Articles