Cara Tools Media Monitoring Membantu Manajemen Reputasi Online

Cahaya Muslim

08 May 2024 11:35

Image

Manajemen reputasi online lebih mudah dilakukan dengan menggunakan tools media monitoring. Sebab, reputasi akan sulit dibangun apabila Anda tidak mempunyai insight yang cukup untuk melakukan pengambilan keputusan.

Seperti diketahui, media monitoring adalah kegiatan pemantauan untuk mengumpulkan, memfilter, hingga menganalisis berbagai data atau informasi yang ada di media. Dari kegiatan tersebut, Anda akan memahami seperti apa strategi untuk membangun reputasi bisnis yang baik.

Seperti apa penjelasan lengkapnya mengenai cara tools media monitoring membantu manajemen reputasi online? Simak semuanya di bawah sini.

Baca Juga: Kekuatan Media Monitoring untuk Manajemen Reputasi Online

Manfaat Tools Media Monitoring bagi Manajemen Reputasi Online

Bagi manajemen reputasi online, tools media online memiliki berbagai manfaat. Proses mengelola reputasi akan jauh lebih efektif dari sebelumnya. Tidak hanya itu, manajemen yang dilakukan juga meningkatkan peluang keberhasilan serta mengurangi risiko kegagalan.

Berikut beberapa manfaat tools media monitoring.

1. Mengetahui Tren Terkini

Dalam membangun reputasi, penting bagi bisnis untuk mengetahui tren terkini. Tujuannya, supaya brand tetap membuat produk atau layanan yang relevan pada saat ini.

Selain itu, tren terkini juga membantu Anda menyiapkan strategi yang bisa menarik perhatian orang banyak, Jadi, pengelolaan reputasi Anda bisa memberikan dampak yang lebih luas dan positif.

2. Memahami Sentimen

Salah satu cara untuk mengukur bagaimana reputasi bisnis Anda saat ini adalah dengan memahami sentimen yang ada di berbagai media. Umumnya, reputasi bisnis yang baik akan memberikan insight berupa sentimen positif yang tinggi atau mendominasi.

Sebaliknya, reputasi yang kurang baik akan membuat sentimen negatif berada di angka yang tinggi. Oleh sebab itu, tools media monitoring membantu Anda untuk mendapatkan insight sentimen secara mudah. Dari sini, Anda pun bisa memahami seperti apa reputasi bisnis Anda sekarang ini.

3. Menganalisis Penyebutan Bisnis Anda di Berbagai Media

Terakhir, tools media monitoring dapat membantu menganalisis setiap penyebutan terhadap bisnis Anda di berbagai media. Dari segala macam penyebutan ini, Anda bisa lebih responsif dan meningkatkan interaksi kepada pelanggan.

Contohnya, apabila ada keluhan, Anda bisa segera menanggapi dan memberikannya solusi. Tidak hanya itu, Anda juga bisa menampung saran yang bermanfaat untuk reputasi Anda ke depannya.

Kazee Media Intelligence untuk Manajemen Reputasi Online

Salah satu rekomendasi tools media monitoring yang dapat digunakan untuk manajemen reputasi online adalah Kazee Media Intelligence. Tools tersebut dapat memantau ratusan hingga ribuan media online dan cetak.

Terdapat beberapa fitur yang bisa Anda dapatkan dari tools ini, yaitu di antaranya adalah sebagai berikut.

  • Mention Analysis
  • Sentiment Analysis
  • Trend Analysis
  • Top Publications
  • Top Locations
  • Top Influencers
  • Social Network Analysis
  • Buzzer Tracking

Fitur-fitur di atas bisa sangat memengaruhi manajemen reputasi Anda. Contohnya, insight mengenai top influencers. Dengan insight ini, Anda bisa mengetahui influencer yang cocok dengan bisnis Anda. 

Seperti diketahui, influencer memiliki pengaruh yang besar untuk memengaruhi orang lain. Maka, tidak heran bahwa influencer bisa membantu dalam hal manajemen reputasi. 

Kemudian, ada mention analysis. Ketahui apa saja dan siapa yang sering menyebut brand Anda di media. Seperti apa penyebutannya? Apakah bernada negatif, positif, atau netral? Dari sini, Anda bisa menentukan langkah terbaik agar reputasi tetap baik.

Kesimpulannya, cara tools media monitoring membantu manajemen reputasi online adalah dengan memberikan insight berharga yang bisa dijadikan landasan dalam pengambilan keputusan. Berdasarkan data yang ada, Anda bisa mengetahui hal apa saja yang dapat memengaruhi reputasi. Misalnya, faktor kebutuhan dan keinginan pelanggan, isu yang sedang berkembang saat ini, hingga pemberitaan di media cetak atau online.

Bagaimana caranya menggunakan tools media monitoring? Anda cukup mengisi link berikut dan biarkan Kazee membantu manajamen reputasi online Anda: Request Demo Media Monitoring

 

Share :

Related Articles