7 Cara Membuat Konten Viral di Media Sosial

Cahaya Muslim

23 July 2024 07:23

Image

Konten yang viral di media sosial menjadi kunci agar akun media sosial bisnis Anda dikunjungi oleh banyak orang. Dengan konten yang viral, Anda pun bisa menjangkau orang-orang agar lebih mengenal bisnis Anda. 

Sayangnya, membuat konten viral bukanlah tugas yang mudah dan cepat. Tidak jarang, Anda  membutuhkan effort yang besar dan waktu yang lama agar bisa membuat konten seperti itu. 

Namun, Anda tidak perlu khawatir terhadap hal tersebut. Untuk memperbesar peluang menghasilkan konten yang viral, terdapat upaya-upaya yang Anda bisa lakukan. Pada artikel ini, Anda akan menemukan bagaimana cara membuat konten yang viral. Baca artikel ini sampai habis untuk mendapatkan jawabannya. 

Baca Juga: Alasan Konten Menjadi Viral
 

Langkah-Langkah agar Konten Viral

Memang, tidak ada cara pasti yang bisa dilakukan agar viral di media sosial. Namun, berdasarkan algoritma, preferensi audiens, ada hal-hal yang bisa Anda lakukan untuk mewujudkan hal tersebut.

Seperti diketahui, viral artinya adalah ketika konten Anda populer karena banyak yang melihat hingga melakukan interaksi, seperti likes, comment, dan shares. Dengan cara-cara berikut, Anda bisa menarik perhatian audiens dan konten Anda disukai algoritma sehingga mudah untuk viral. Berikut cara-cara yang bisa Anda lakukan.

1. Mengenal Target Audiens Anda

Cara pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenal lebih dalam tentang target audiens Anda. Mengetahui siapa audiens Anda adalah langkah pertama yang krusial. Sebab, hal ini nantinya berkaitan dengan topik-topik apa yang mereka sukai serta bentuk konten yang berpotensi ramai dilihat. 

Pahami demografi, minat, dan kebiasaan mereka. Ini akan membantu Anda menciptakan konten yang relevan. Salah satu cara untuk mengenali audiens Anda adalah melakukan survei dan polling. 

Anda bisa langsung bertanya kepada audiens tentang apa yang mereka sukai dan butuhkan. Selain itu, coba buat persona pengguna untuk mewakili segmen audiens yang berbeda dan Anda pun bisa mengembangkan konten yang sesuai untuk setiap audiens.

2. Membuat Konten yang Emosional

Berikutnya, cobalah membuat konten yang emosional. Konten yang memicu emosi cenderung lebih mudah menjadi viral. 

Emosi yang kuat seperti kegembiraan, humor, rasa kagum, kemarahan, atau kesedihan dapat mendorong audiens untuk membagikan konten Anda di media sosial mereka. Cara untuk membuat konten yang emosional adalah dengan menceritakan kisah yang menyentuh hati atau menginspirasi.

Tidak hanya itu, Anda bisa menggunakan humor yang mudah dipahami serta dapat diterima oleh target audiens Anda. Gunakan juga gambar serta video yang bisa memengaruhi emosi audiens.

3. Membuat Visual yang Menarik

Salah satu kunci agar konten Anda menarik perhatian banyak orang adalah dengan menonjolkan visual yang menarik. Visual semacam itu dapat menarik perhatian lebih cepat dan efektif dibandingkan hanya teks biasa. 

4. Gunakan Hashtag yang Tepat

Selain fokus dari segi konten, Anda juga bisa mengoptimasi akun media sosial dengan menggunakan hashtag. Tagar tersebut membantu meningkatkan visibilitas konten Anda dan menjangkau audiens yang lebih luas. Gunakan hashtag yang populer dan relevan dengan konten Anda. 

Sebelum menggunakan hashtag, Anda bisa melakukan riset hashtag terlebih dahulu untuk mengetahui apa yang sedang tren dan relevan dengan audiens saat ini. Selain itu, coba gunakan kombinasi hashtag yang saling berkaitan.

5. Posting pada Waktu yang Tepat

Waktu posting dapat memengaruhi peluang konten Anda dilihat dan dibagikan oleh banyak orang. Pastikan Anda mengetahui kapan banyak audiens yang online.

Andah harus melakukan posting secara konsisten pada waktu-waktu tersebut. Selain itu, sesuaikan waktu posting dengan konteks konten. Contohnya, saat audiens memiliki waktu santai. Maka, Anda bisa menyajikan konten-konten yang bersifat menghibur.

6. Berkolaborasi dengan Influencer

Influencer membantu meningkatkan jangkauan konten Anda. Influencer memiliki audiens yang besar dan loyal sehingga dapat membantu menyebarkan konten Anda. Kolaborasi dengan influencer dapat meningkatkan visibilitas dan kredibilitas konten Anda. 

Hal yang harus diperhatikan saat berkolaborasi adalah memilih influencer yang sesuai dengan bisnis Anda. Anda juga harus memastikan kolaborasi terlihat alami dan tidak dipaksakan.

7. Gunakan Call-to-Action yang Kuat

Terakhir, sertakan call-to-action (CTA) yang jelas dan menarik dalam konten Anda untuk mendorong audiens berinteraksi atau membagikan konten. Tingginya tingkat interaksi dapat membantu mendorong konten Anda lebih cepat viral. Salah satu contoh CTA yang bisa Anda gunakan, seperti “Bagikan konten ini kepada teman-teman Anda!” 

 

Itulah beberapa cara untuk membuat konten viral di media sosial. Intinya, Anda tidak hanya sekadar memastikan atau mengoptimasi dari segi pembuatan konten. Namun, Anda juga harus mempelajari algoritma setiap media sosial. Dengan memahami hal-hal tersebut, Anda pun bisa mengetahui tren terkini serta bentuk konten seperti apa yang bisa menjangkau banyak audiens.

 

Share :

Related Articles