6 Cara Jitu Mengembangkan Akun Tiktok

Cahaya Muslim

20 May 2024 02:24

Image

Memahami cara jitu mengembangkan akun tiktok akan membantu perkembangan bisnis Anda. Seperti diketahui, media sosial seperti Tiktok kini bisa menjadi tempat yang bagus untuk memperkenalkan bisnis Anda. 

Anda bisa menjangkau banyak orang yang merupakan target pasar Anda melalui video atau konten-konten singkat yang menarik. Terlebih lagi, Tiktok menyediakan fitur shop yang makin memudahkan pengguna untuk melakukan transaksi.

Maka dari itu, tidak heran bahwa Tiktok menjadi tempat potensial untuk Anda mengembangkan bisnis. Apa saja cara jitu mengembangkan akun Tiktok Anda agar bisa menghasilkan profit? Simak penjelasannya di sini.

Baca Juga: Apa itu Social Media Listening

Cara Kembangkan Akun Tiktok

1. Membuat Profil yang Jelas

Cara pertama yang harus Anda perhatikan adalah pembuatan profil yang jelas. Pastikan Anda memasukkan foto profil yang mewakili bisnis Anda, nama yang mudah diingat, hingga bio yang langsung membuat orang paham tentang Anda.

Contoh, Anda berjualan sepatu berbahan kulit. Fotonya bisa logo brand Anda atau apa pun yang berhubungan dengan sepatu. Begitu juga nama dan bionya. Misalnya, sepatu bahan kulit sapi tidak mudah kotor dan awet. 

2. Mempelajari Content Pillar

Kemudian, cobalah untuk pelajari content pillar. Tujuannya, supaya konten-konten yang Anda hasilkan berkualitas sehingga bisa membawa pelanggan untuk memutuskan melakukan transaksi.

Content pillar merupakan panduan untuk membuat konten. Hindarkan asal membuat konten tanpa perencanaan atau evaluasi. Hal tersebut menyebabkan konten Anda sepi penonton dan pembeli. Anda harus memberikan pengalaman terbaik untuk pengguna saat mereka melihat konten-konten Anda.

3. Konsisten Upload

Akun Tiktok yang ramai pengunjung tidak didapatkan dalam satu malam. Maksudnya, Anda perlu berkali-kali melakukan posting terlebih dahulu untuk menjadikan akun Anda ramai.

Anda bisa mencoba untuk konsisten upload atau posting satu konten per hari. Namun, jangan lupakan untuk melakukan evaluasi pula setiap bulannya. Jadi, Anda bisa menemukan formula konten terbaik agar konsistennya membuahkan hasil.

4. Maksimalkan Fitur-Fitur yang Ada di Tiktok

Fitur-fitur yang dimaksud seperti musik, filter, dan sebagainya. Memaksilkan fitur-fitur yang ada dapat menambah kualitas konten Anda. Tidak hanya itu, Anda juga tidak perlu susah payah lagi untuk membuat, hingga melakukan editing konten.

Di Tiktok, Anda dapat melakukan semuanya sekaligus. Jadi, Anda bisa menyesuaikan konten yang ingin dibuat seperti apa agar cocok terhadap audiens Anda.

5. Meningkatkan Interaksi 

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan adalah dengan meningkatkan interaksi kepada mereka yang bereaksi pada setiap konten Anda. Jangan dilihat terlebih dahulu apakah mereka mengikuti akun Anda atau tidak.

Akan tetapi, hal terpenting adalah bagaimana Anda bisa berinteraksi atau merespons setiap reaksi yang ada. Misalkan, ada komentar pada postingan Anda. Daripada mengabaikan, Anda bisa membalas komentar itu. Kemudian, respons segera mereka yang mengirim pesan secara pribadi entah itu tujuannya untuk sekadar bertanya, kolaborasi, dan sebagainya.

6. Dengarkan Pendapat Audiens Anda

Terakhir, Anda bisa melakukan social media listening atau mendengarkan pendapat audiens tentang Anda. Dari sini, Anda bisa mengetahui siapa saja yang melakukan penyebutan terhadap akun Anda.

Kegiatan pemantauan media sosial ini sangat cocok bagi bisnis agar mengetahui pandangan audiens tentang akun mereka. Jadi, Anda bisa membuat konten dengan menyesuaikan kesukaan audience.

Intinya, buatlah konten yang menarik secara visual dan relevan kepada audiens. Hal ini akan membuat audiens berlama-lama dalam melihat konten Anda bahkan membagikannya dengan senang hati.

Demikianlah cara jitu mengembangkan akun Tiktok Anda yang bisa diterapkan agar bisnis Anda maju. Apakah Anda ingin melakukan pemantauan media sosial untuk mengembangkan bisnis Anda? Cek di sini sekarang untuk info lebih lanjut.

 

  

 

Share :

Related Articles