5 Rekomendasi Tools Big Data Analytics Terbaik di Tahun 2023

Bayu Septian

27 February 2023 10:48

5-rekomendasi-tools-big-data-analytics-terbaik-di-tahun-2023
Source : Freepik.com - Pictured by rawpixel.com

Tanpa kita sadari, penggunaan dan analisa big data seringkali kita temukan dalam kehidupan sehari-hari. Terlebih dengan semakin berkembangnya teknologi, big data memiliki kesempatan dan potensi besar dalam penerapannya di berbagai aspek kehidupan seperti ekonomi, kesehatan, transportasi, keuangan hingga pendidikan.

Contoh sederhananya, ketika kita berbelanja secara online menggunakan situs web e-commerce. Tahukah Anda? Bahwa situs tersebut menggunakan analisis big data untuk mengumpulkan informasi tentang perilaku pembelian konsumen.

Informasi yang bisa didapatkan dari analisa big data dapat seputar produk yang kita lihat, waktu yang dihabiskan pada halaman tertentu, dan halaman checkout yang kita kunjungi. Nantinya, kumpulan data tersebut dapat digunakan perusahaan untuk memberikan rekomendasi produk yang lebih relevan dengan kebutuhan konsumen.

Dalam penerapannya, perusahaan perlu mengumpulkan banyak data dan informasi seputar konsumen sehingga mereka membutuhkan sebuah tools analisa big data. Apa sajakah tools yang bisa digunakan untuk analisa big data? Simak artikel dan penjelasan lengkapnya dibawah ini.

Apa Itu Big Data Analytics?

Big data analytics adalah proses pengumpulan, pengolahan, dan analisis data besar dan kompleks yang dihasilkan dari berbagai sumber seperti media sosial, perangkat lunak, sistem transaksi, dan sensor.

Teknologi big data analytics memungkinkan perusahaan atau bisnis dapat melakukan pengambilan keputusan yang lebih efektif dan efisien dengan mengidentifikasi pola dan tren yang tersembunyi dalam data, sehingga memungkinkan organisasi untuk membuat keputusan yang lebih tepat waktu, akurat, dan strategis.

BACA JUGA : 5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Big Data Analytics Saat Ini

Apa Saja Manfaat Menganalisis Big Data?

Berikut ini merupakan manfaat dari big data analytics antara lain :

1. Menemukan Pola Dan Tren

Big data analytics memiliki kemampuan untuk membantu perusahaan menemukan pola dan tren yang tersembunyi dalam data mereka, sehingga memungkinkan perusahaan atau bisnis untuk membuat keputusan yang lebih baik dan strategis.

2. Peningkatan Efisiensi

Tidak hanya mampu menemukan pola dan tren, analisis big data juga membantu bisnis meningkatkan efisiensi mereka dengan mengidentifikasi masalah yang mempengaruhi produktivitas dan kinerja organisasi. Dengan begitu, bisnis mudah dalam mengambil tindakan yang diperlukan untuk meningkatkan efisiensi dan produktivitas.

3. Memahami Pelanggan

Big data analytics membantu bisnis memahami pelanggan mereka dengan lebih baik. Dengan mengumpulkan dan menganalisis data pelanggan, bisnis dapat mengidentifikasi preferensi, kebiasaan, dan perilaku pelanggan. Hal ini memungkinkan bisnis dapat menyediakan produk dan layanan yang lebih relevan dan menarik bagi pelanggan.

4. Peningkatan Kualitas Produk dan Layanan

Dalam industri bisnis, kualitas produk dan layanan menjadi hal penting yang harus diperhatikan pelaku bisnis. Big data analytics dapat memudahkan pelaku bisnis untuk meningkatkan kualitas produk dan layanan mereka dengan memberikan informasi yang diperlukan untuk melakukan perbaikan dan pengembangan produk dan layanan.

5. Meningkatkan Keamanan

Ancaman bisa saja terjadi kapanpun dalam industri bisnis. Oleh karenanya, kehadiran big data sangat membantu perusahaan untuk meningkatkan keamanan mereka. Perusahaan atau bisnis dapat mengambil tindakan pencegahan untuk mengatasi masalah keamanan tersebut.

6. Mengurangi Biaya

Biaya operasional terkadang menjadi salah satu masalah yang seringkali dirasakan oleh pelaku bisnis. Penggunaan big data justru dapat membantu perusahaan dalam mengurangi biaya dengan mengidentifikasi area yang membutuhkan penghematan dan efisiensi. Dengan begitu, peluang bisnis untuk mendapatkan keuntungan menjadi lebih besar.

BACA JUGA : Bagaimana Big Data Dapat Membantu Mengoptimalkan Marketing?

Rekomendasi Tools Big Data Analytics

Berikut ini adalah beberapa contoh tools big data analytics terbaik yang tersedia di tahun 2023 diantaranya :

1. Apache Hadoop

Hadoop adalah merupakan sebuah platform open source yang digunakan untuk menyimpan dan memproses data yang besar dan kompleks terdistribusi secara efisien. Hadoop dapat mengelola data struktural dan tidak terstruktur, serta memungkinkan analisis data real-time. Beberapa fitur yang dimiliki oleh Hadoop adalah kemampuan untuk melakukan pemrosesan data secara parallel, penyimpanan data yang terdistribusi, dan pengelolaan cluster secara otomatis.

2. Apache Spark

Spark adalah platform big data open source yang dapat memproses data dalam jumlah besar secara cepat dan efisien. Spark menyediakan berbagai fitur yang dapat digunakan untuk pemrosesan data, termasuk pemrosesan batch, streaming data real-time, dan machine learning. Spark juga mendukung berbagai bahasa pemrograman termasuk Python, R, dan Java.

3. Tableau

Tableau adalah platform visualisasi data yang dapat membantu perusahaan dalam menganalisis dan memvisualisasikan data dengan lebih mudah. Tableau dapat terhubung ke berbagai sumber data termasuk Hadoop dan Spark, dan menyediakan berbagai fitur seperti dashboard interaktif, filter data, dan kemampuan untuk memvisualisasikan data dalam bentuk grafik dan diagram.

4. IBM Watson Analytics

Watson Analytics adalah platform analisis data cloud yang memungkinkan pengguna untuk mengeksplorasi dan menganalisis data dengan lebih mudah. Watson Analytics memiliki fitur yang memungkinkan pengguna untuk melakukan analisis data preskriptif dan prediktif, serta membuat visualisasi data yang interaktif. Platform ini juga mendukung integrasi dengan berbagai sumber data, termasuk Hadoop dan Spark.

5. Microsoft Azure HDInsight

HDInsight adalah layanan cloud untuk big data analytics yang didukung oleh Microsoft. Layanan ini menyediakan solusi big data yang terintegrasi dengan Hadoop dan Spark. HDInsight dapat membantu perusahaan dalam mengelola dan menganalisis data dalam jumlah besar, serta memungkinkan pengguna untuk mengembangkan aplikasi big data dengan cepat dan mudah.

Demikianlah beberapa tools big data analytics terbaik yang tersedia di tahun 2023. Setiap perusahaan mempunyai kebutuhan yang berbeda-beda. Oleh karena itu, sangat penting bagi Anda untuk memilih tools yang tepat sesuai dengan kebutuhan bisnis.

Dapatkan Layanan Analisis Big Data di Kazee Media Intelligence

Dalam penggunannya, beberapa tools big data analytics yang disebutkan diatas tentunya memiliki kelebihan dan kekurangan. Beberapa diantaranya juga berbayar. Tentunya, hal ini akan lebih banyak menghabiskan waktu, tenaga dan uang Anda.

Namun, kini Anda bisa mendapatkan jasa analisis big data yang lebih simpel dengan bekerja sama dengan perusahaan digital seperti Kazee.

Kazee Media Intelligence merupakan tools layanan big data yang memungkinkan Anda mendapatkan akses ke data yang akurat dan terperinci tentang kinerja bisnis Anda. Kami akan menganalisis data tersebut dan menyajikan hasilnya dalam bentuk laporan yang mudah dipahami.

Platform ini tentunya memudahkan perusahaan Anda dalam mengidentifikasi tren positif dan negatif dalam bisnis, serta memberikan rekomendasi yang berguna untuk meningkatkan kinerja di masa mendatang.

Jika Anda tertarik untuk menggunakan big data, Anda bisa ajukan demo sekarang atau menghubungi Kazee. Kami akan dengan senang hati menjelaskan lebih lanjut tentang layanan kami dan bagaimana kami dapat membantu bisnis Anda menjadi lebih berkembang.

Atau

Share :

Related Articles