5 Alasan Mengapa Bisnis Anda Membutuhkan Big Data Analytics Saat Ini

Bayu Septian

20 February 2023 13:17

5-alasan-mengapa-bisni-anda-membutuhkan-big-data-analytics-saat-ini
Source : Freepik.com - Photo by jcomp

Belakangan ini, big data menjadi salah satu topik yang seringkali menjadi perbincangan di berbagai kalangan. Penggunaannya pun sudah semakin massif di beragam sektor dari hari ke hari mulai dari sektor bisnis, pendidikan hingga keuangan.

Dari sekian banyak yang menggunakan teknologi big data, sektor bisnis jadi sektor yang paling banyak memanfaatkan big data sebagai alat untuk membantu perusahaan dalam menghasilkan penjualan dalam bisnis.

Seperti yang kita tahu, dalam dunia bisnis, penjualan merupakan pilar utama yang menentukan keberhasilan suatu perusahaan. Sehingga tentu saja perusahaan membutuhkan bantuan sistem dan software analisis big data untuk mempermudah mereka dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif. Lantas apa lagi alasan yang memperkuat bisnis harus menggunakan big data?

Berikut merupakan 5 alasan mengapa bisnis Anda membutuhkan big data analytics saat ini :

1. Memahami Perilaku Konsumen

Sebelum memasarkan suatu produk, akan lebih baik jika sebuah bisnis memahami bagaimana perilaku target konsumen mereka. Big data analytics membantu Anda memahami dapat menganalisis data yang besar dan kompleks untuk perilaku dan preferensi konsumen dengan lebih baik.

Bisnis dapat menyesuaikan strategi pemasaran mereka dengan kebutuhan dan preferensi pelanggan. Jika produk yang dipasarkan sudah sesuai dengan kebutuhan konsumen dan memiliki keunggulan dibandingkan produk kompetitor, maka tidak sulit bagi Anda untuk membuat pelanggan loyal dan terus membeli produk dari brand Anda.

2. Meningkatkan Efisiensi Operasional

Dengan Big Data Analytics, bisnis dapat mengumpulkan, menganalisis, dan memanfaatkan data yang ada untuk meningkatkan efisiensi operasional mereka. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil keputusan yang lebih baik dan lebih cepat untuk meningkatkan efisiensi operasional dan mengurangi biaya, meningkatkan produktivitas, dan memperbaiki proses bisnis secara keseluruhan.

3. Menemukan Peluang Baru

Analisa data bisnis yang dihasilkan dari big data juga dapat membantu Anda dalam mengidentifikasi peluang baru untuk meningkatkan penjualan, memperluas pangsa pasar, dan meningkatkan keuntungan. Terlebih di era yang serba digital ini, berbagai peluang baru bisa diciptakan dengan mengikuti perkembangan tren pasar yang ada.

Pengamatan terhadap perilaku konsumen secara berkala juga penting untuk dilakukan untuk melihat bagaimana respon mereka terhadap tren yang sedang berkembang. Jika responnya positif, maka Anda bisa menggunakan ide-ide yang muncul dari tren tersebut untuk mengembangkan strategi pemasaran yang lebih efektif sesuai dengan kebutuhan konsumen.

4. Meningkatkan Keamanan dan Mengurangi Risiko

Big data analytics dapat membantu bisnis Anda dalam mengidentifikasi risiko bisnis seperti penipuan, kecurangan, dan kesalahan operasional Dengan memahami data dan perilaku konsumen, Anda dapat menerapkan sistem keamanan yang lebih efektif untuk melindungi bisnis Anda. Selain itu, Anda juga dapat mengambil preventif untuk mengurangi risiko dan memastikan kelangsungan bisnis mereka.

5. Meningkatkan Daya Saing

Dalam lingkungan bisnis yang semakin kompetitif, big data analytics dapat membantu Anda mengambil keputusan yang lebih cerdas dan cepat, sehingga Anda dapat lebih responsif terhadap perubahan pasar. Hal ini membantu meningkatkan daya saing bisnis Anda dan memastikan keberhasilan jangka panjang.

Dengan menganalisis data yang besar dan kompleks, Bisnis dapat memperoleh wawasan yang lebih dalam tentang operasi mereka, pelanggan, dan pasar. Dengan begitu, bisnis untuk membuat keputusan yang lebih akurat, mengurangi kesalahan, dan memperoleh keuntungan yang lebih besar.

BACA JUGA : Bagaimana Big Data Dapat Membantu Mengoptimalkan Pemasaran?

Kesimpulan

Saat ini, sudah banyak industri yang bergerak di bidang bisnis mulai memanfaatkan teknologi big data agar bisnis mereka bisa berkembang dengan lebih baik. Analisa dari teknologi big data juga mempermudah mereka dalam merancang strategi pemasaran yang lebih efektif.

Dalam praktiknya, big data memiliki kemampuan dalam mengumpulkan dan menganalisis data dalam jumlah besar. Sayangnya, proses ini tentunya akan memakan waktu yang sangat panjang jika tanpa bantuan sebuah tools. Untuk itu, dibutuhkan alat yang memudahkan dalam pengumpulan data dari berbagai sumber.

Untuk itu, Kazee Media Intelligence hadir untuk membantu Anda dalam memperoleh informasi dari berbagai sumber seperti, media massa, media sosial, media cetak, forum, televisi dan lain sebagainya secara realtime.

Kazeeid

Dengan menggunakan produk ini, Anda bisa menganalisis data yang telah terkumpul untuk memahami bagaimana tren industri berkembang, menganalisa pasar dan melacak kinerja pesaing Anda.

Kazee Media Intelligence juga sudah digunakan dan membantu ratusan perusahaan nasional maupun internasional dari mulai perusahaan swasta, pemerintahan, pendidikan, dan UMKM.

Tertarik untuk mencobanya? Klik tombol dibawah untuk ajukan demo produk.

Share :

Related Articles