10 Rahasia Menguasai Media Monitoring

10 Rahasia Menguasai Media Monitoring

Bayu Septian

07 February 2023 03:11

Rahasia Kuasai Media Monitoring
Rahasia Menguasai Media Monitoring

Media monitoring atau media intelligence merupakan alat yang dapat digunakan untuk membantu para pemimpin perusahaan atau lembaga agar dapat mempertahankan citra dan mempermudah pekerjaan dalam hal pengambilan keputusan. Berikut merupakan 10 tips menguasainya:

1. Menentukan Tujuan dan Metrik yang Sesuai

Hal pertama yang harus dilakukan oleh Anda sebagai pemimpin atau tim public relation adalah menentukan tujuan penggunaan media monitoring dan menentukan metrik yang sesuai untuk mengukur keberhasilannya.

2. Menentukan Sumber Informasi

Sumber informasi yang relevan, akurat, dan dapat dipercaya, harus dipilih dan digunakan untuk media intelligence. Hal tersebut bisa didapatkan dari media online, media offline atau koran, sosial media meliputi Facebook, Twitter, Instagram, TikTok, serta sumber lainnya.

3. Memantau Secara Teratur

Pemantauan yang dilakukan secara berkala sangat penting untuk memastikan bahwa tidak ada informasi penting yang terlewatkan. Ini bisa dilakukan secara manual atau dengan menggunakan alat otomatis. Namun, sangat disarankan menggunakan tools yang otomatis.

Baca Juga Apa Itu Media Monitoring? Ini Alasan Kamu Membutuhkannya

Selain lebih efisien, menggunakan tools otomatis seperti media intelligence Kazee, bisa lebih menghemat waktu yang diimbangi dengan hasil yang optimal. Didukung oleh kemampuan machine learning yang baik serta akurasi di atas 80 persen.

4. Melakukan Analisis Data

Data yang dikumpulkan melalui media monitoring, harus dianalisis dengan cermat untuk memahami tren dan pola yang terjadi. Aktivitas tersebut dilakukan oleh tim yang kompeten dari Kazee Digital Indonesia, untuk melakukan analisis data sebelum report disajikan kepada user.

5. Melakukan Pengkategorian Informasi

Informasi yang dikumpulkan harus dikategorikan berdasarkan tema, topik, atau industri untuk mempermudah analisis dengan tetap memperhatikan aspek-aspek atau isu yang berkaitan dengan suatu perusahaan atau lembaga tertentu.

6. Berkolaborasi dengan Tim Lain

Berkolaborasi dengan tim lain seperti tim PR expert, marketing, dan komunikasi dapat membantu dalam menentukan tujuan, rekomendasi dan memahami dampak informasi terhadap citra perusahaan dan lembaga negara.

Baca Juga Definisi, Peran, Tanggung Jawab, dan Tugas Utama Digital Marketing

7. Menggunakan Alat yang Sesuai

Alat media intelligence yang sesuai harus dipilih untuk membantu dalam memantau dan menganalisis informasi. Dengan kemampuannya menganalisa media online domestik dan internasional, serta media sosial, produk dari Kazee bisa menjadi pilihan Anda.

8. Membuat Laporan (Report) Berkala

Membuat laporan berkala tentang hasil media monitoring dapat membantu dalam memahami tren dan mengevaluasi keberhasilan.

9. Memperbaharui Sumber Informasi

Sumber informasi harus selalu diperbaharui agar informasi yang diterima selalu relevan dan up-to-date.

10. Menggunakan Hasil Media Monitoring

Hasil media intelligence harus digunakan untuk membuat keputusan yang informasi dan memperbaiki strategi komunikasi dan pemasaran serta penentuan keputusan atau kebijakan.

Kesimpulan

Menjalankan media monitoring secara efektif dapat membantu dalam memahami persepsi publik terhadap citra perusahaan dan membantu dalam membuat keputusan yang informasi. Dengan mengikuti 10 rahasia ini, Anda dapat menguasai media intelligence dan meningkatkan efektivitas komunikasi dan pemasaran bisnis.

Jika ke depan perusahaan atau lembaga diterpa isu dengan sentimen yang negatif, media monitoring Kazee mampu membantu dalam aspek pemberian rekomendasi dalam rangka melakukan counter issue terhadap suatu isu negatif yang berkembang.

Segera melakukan demo produk media monitoring secara gratis.

Share :

Related Articles