Definisi, Peran, Tanggung Jawab, dan Tugas Utama Digital Marketing./Unsplash Campaign Creators

Digital marketing adalah posisi yang bertugas untuk membantu meningkatkan traffic website, leads, dan klien baru. Selain itu, peningkatan bisnis dan peningkatan penjualan juga bisa dilakukan oleh divisi marketing.

Terlebih lagi saat ini telah memasuki era digital dan pasca pandemi Covid-19. Peran mereka sangat dibutuhkan karena tidak bekerja secara tatap muka ke lapangan. Sehingga suatu perusahaan bisa lebih diuntungkan dengan adanya posisi ini.

Tak hanya itu, pemasaran digital juga sangat mengisi kebiasaan masyarakat saat ini yang mayoritas menggunakan internet sebagai penyediaan informasi, pola interaksi, dan lainnya. Sehingga pelaku bisnis tak ada alasan untuk tidak menggunakannya.

Fungsi Utama Digital Marketing

Adapun Fungsi utama digital marketing adalah untuk meningkatkan penjualan produk perusahaan dengan capaian yang sesuai target yang telah dirumuskan, bahkan jika melebihi target, hal itu bisa mendapat apresiasi dari perusahaan.

Baca Juga Perkembangan Artificial Intelligence dan Penerapannya dalam Digital Marketing

Untuk menuju hal tersebut, perlu beberapa strategi dan optimasi beberapa aspek di perusahaan, termasuk menyumbang ide perihal promosi, branding perusahaan atau produk, sepaket dengan pemasarannya.

Perihal tanggung jawab digital marketing adalah berperan untuk menyebarkan dan mempublikasi berita tentang perusahaan atau produk dalam berbagai platform digital, sehingga mampu membangun merek dan menghasilkan leads. Optimasi yang dilakukan juga bisa melalui kanal web perusahaan, media sosial YouTube, Instagram, Facebook, dan Twitter. 

Peran digital marketing bertujuan untuk mengelola kampanye pemasaran yang mempromosikan merek dan produknya. Tim tersebut memiliki peran yang mendominasi untuk meningkatkan traffic dan leads dari calon konsumen.

Seperti halnya salah satu perusahaan telekomunikasi yang terlihat dari tools media monitoring menggunakan hashtag atau tagar jadi lebih baik. Tentunya tagar tersebut muncul berdasarkan riset yang mendalam dari tim tersebut.

Baca Juga Jenis Content Creator dan Istilah yang Sering Muncul dalam Digital Marketing

Kazee Media Intelligence

Berikut merupakan tanggung jawab utama seorang digital marketing:

Kesimpulan

Beberapa tugas yang dipegang oleh tim marketing pada umumnya untuk memastikan agar beberapa optimasi teknis seperti penyusunan strategi konten, SEO, SEM, pengelolaan E-commerce, dan pemasaran media sosial mampu meningkatkan traffic web.

Adapun aspek leads atau prospek juga menjadi tanggung jawab tim marketing. Dengan demikian, sistem media monitoring yang dimiliki Kazee bisa melihat tren mana yang sedang hype dalam media sosial dan media pemberitaan.

Sudah siap menjadi digital marketing yang hebat bersama Kazee? Kamu bisa mengunjungi link berikut.

Referensi https://emeritus.org/in/learn/what-is-the-role-responsibilities-of-digital-marketing/#:~:text=Role%20of%20a%20Digital%20Marketer,and%20acquiring%20leads%20and%20customers.

https://www.webfx.com/blog/marketing/the-role-of-digital-marketing/