10 Cara Membuka Kekuatan Analisis Data untuk Komunikasi yang Lebih Baik

Bayu Septian

09 February 2023 08:03

Analisis Data untuk Komunikasi yang Lebih Baik/unsplash

Saat ini aspek komunikasi sangat dibutuhkan, khususnya bagi pelaku usaha dan pemilik perusahaan. Pasalnya, jika terjadi kesalahan dalam penyampaian informasi, akan berdampak pada penurunan citra suatu perusahaan, bahkan hingga brand yang dimiliki.

Adapun aspek informasi sangat berkaitan dengan data. Namun, data tersebut perlu analisa lebih mendalam (data analytics). Sehingga aspek komunikasi jika tidak didukung oleh analisis data yang optimal, bisa berdampak negatif terhadap citra perusahaan atau suatu brand.

Sehingga memahami dan menggunakan analisis data untuk mengikuti keinginan audiens serta meningkatkan komunikasi merupakan hal yang sangat penting. Berikut adalah 10 cara untuk membuka kekuatan analisis data dan meningkatkan komunikasi yang lebih baik.

Baca Juga Fungsi dan Tujuan Data Analytics dalam Public Relations

“Data is a precious thing and will last longer than the systems themselves.” – Tim Berners-Lee

1. Pahami Audiens Anda

Melalui analisis data, Anda dapat memahami demografis, minat, dan perilaku dari audiens Anda. Ini sangat membantu brand atau perusahaan Anda dalam menyesuaikan pesan dan kanal komunikasi yang tepat dari para audiens.

2. Gunakan Analisis Sentimen

Analisis sentimen ini membantu menentukan bagaimana audiens memandang pesan, kampanye dan impresi merek atau brand milik Anda. Ini membantu dalam hal penyesuaian pesan dan memastikan bahwa mereka tetap memberikan kesan positif terhadap merek Anda.

3. Jelajahi Data Sosial

Aspek analisis data sosial juga membantu menentukan bagaimana audiens melakukan perbincangan tentang merek Anda di media sosial. Ini membantu Anda menyesuaikan strategi komunikasi dan memastikan bahwa Anda terlihat baik di mata audiens.

4. Analisis Kanal Komunikasi

Analisis kanal komunikasi membantu menentukan di mana audiens Anda paling aktif dan mencari informasi. Ini membantu Anda memastikan bahwa Anda menggunakan kanal yang tepat untuk menjangkau audiens.

5. Pelajari Kata Kunci

Analisis kata kunci membantu menentukan bagaimana audiens mencari informasi online. Ini membantu Anda memastikan bahwa Anda menggunakan kata kunci yang tepat dan memastikan bahwa Anda ditemukan oleh audiens Anda.

6. Analisis Traffic Website

Analisis traffic website membantu menentukan bagaimana audiens menemukan situs web Anda dan apa yang mereka cari. Ini membantu Anda memastikan bahwa situs web Anda mudah digunakan dan memberikan informasi yang dibutuhkan audiens.

Baca Juga Bagaimana Digital Public Relations Membantu Brand Anda Berkomunikasi dengan Publik?

7. Analisis E-mail Marketing

Analisis e-mail marketing membantu menentukan bagaimana audiens merespons pesan e-mail Anda. Ini membantu Anda memastikan bahwa pesan e-mail Anda menarik dan memotivasi audiens untuk bertindak.

8. Pelajari Kompetitor Anda

Analisis data kompetitor membantu menentukan bagaimana kompetitor Anda meningkatkan komunikasi dan memengaruhi audiens. Ini membantu Anda mengetahui strategi apa yang dipilih oleh kompetitor untuk menjangkau audiens secara luas.

Beberapa aspek di atas bisa dipenuhi oleh salah satu produk dari Kazee Digital Indonesia, yakni media intelligence. Seperti halnya analisis sentimen (positif dan negatif), analisis data sosial media, analisis kompetitor dan yang lainnya, bisa dilakukan oleh media intelligence Kazee.

Dashboard Media Monitoring Kazee

Di atas merupakan dashboard yang menampilkan data analisis sentimen, sosial media, pemberitaan, analisis lokasi, analisis isu, top organisasi, top tagar, top kata kunci, hingga top tokoh (yang berkaitan dengan topik) dalam satu tampilan.

Tertarik menggunakan media intelligence Kazee?

Share :

Related Articles