Top Isu Terkait Soft Launching Jakarta International Stadium

Sumber Photo: beritajakarta.id

Salah satu sorotan media pada pekan ini tertuju pada Soft Launching Jakarta International Stadium. Dilansir dari portal berita resmi Pemprov DKI Jakarta, Pemprov berkolaborasi bersama PT Jakarta Tourisindo, Pancoran Soccer Field (PSF), PT Jakarta Propertindo (Perseroda) atau Jakpro, dan MNC Media menyelenggarakan rangkaian Soft Launching Jakarta International Stadium.

Berkolaborasi dengan kegiatan International Youth Championship (IYC), Soft Launching Jakarta International Stadium disebut sebagai sebuah rangkaian acara yang mengenalkan Jakarta International Stadium sebagai sebuah simbol baru kolaborasi, inklusivitas, keberlanjutan regenerasi urban dan kebangkitan ekonomi kota Jakarta.

Dalam artikel ini akan diulas bagaimana media mengabarkan Soft Launching Jakarta International Stadium dibingkai oleh media dengan menggunakan sistem Kazee Media Monitoring.

Baca Juga: Polemik Terkait Jakarta Internasional Stadium

Sekilas Jakarta International Stadium

Berdasarkan laporan media asal Inggris Daily Mail, Stadion Jakarta International Stadium (JIS) masuk dalam 10 stadion termegah di dunia dan memperoleh rekor MURI pada tiga kategori sekaligus, yakni Lifting Struktur Atap Stadion dengan Bobot Terberat yang diangkat dalam waktu bersamaan, Stadion Pertama yang menggunakan Sistem Atap Buka-Tutup, dan Stadion Green Building dengan Sertifikasi Platinum Pertama.

JIS dilengkapi beberapa fitur unggulan seperti: dua lapangan latih yang kualitas rumputnya sama dengan lapangan utama yakni rumput hybrid, 52 ruangan corporate box, sky view deck setinggi 70 meter, press conference & media room, ruang ganti pemain home & away, hingga concourse yang memiliki motif ke arah kiblat untuk memudahkan umat muslim untuk tetap bisa beribadah selama di stadion.

Analisis Media Monitoring Jakarta International Stadium

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi perbincangan pada masyarakat luas.

Sebaran Data Terkait Jakarta International Stadium

Dalam pantauan 7 hari terakhir (14 – 20 April 2022), data bergerak dengan akumulasi pada platform twitter paling banyak yakni 1.1.01 kicauan dan pemberitaan media online 615 artikel. Adapun puncak ekspos tertinggi dibincangkan pada tanggal 18 April 2022, sebaran isu diantaranya:

  • Kawasan Jakarta utara kini semakin megah dgn adanya JIS & sirkuit formula E.
  • Pertandingan sepak bola di JIS dicemari aksi rasisme hingga seksisme dari penonton. Aksi tak patut ditiru itu menuai kecaman dari pejabat tinggi DKI Jakarta.
  • Pemprov DKI Jakarta berkolaborasi dengan PT Jakarta Tourisindo (Jakarta Experience Board), Pancoran Soccer Field (PSF), PT Jakarta Propertindo (Perseroda) (Jakpro) dan MNC Media sukses menggelar Soft Launching JIS

Sebaran Isu Terkait Jakarta International Stadium

Soft Launching Jakarta International Stadium (JIS) berkolaborasi dengan kegiatan International Youth Championship

Turnamen International Youth Championship (IYC) menjadi rangkaian dari Soft Launching JIS. Adapun acara IYC merupakan kelanjutan dari event International Youth Cup yang pada tahun 2019 sudah pernah digelar di Bali.

Dalam pidato pembukaannya, Anies mengatakan bahwa JIS dibangun dengan tingkat kerumitan dan kecanggihan yang tinggi serta semangat mengejar kesempurnaan. Anies menjelaskan, bangunan JIS mencetak berbagai rekor dalam bidang konstruksi, salah satunya rekor stadion beratap tertutup terbesar di Asia Pasifik.

Anies pastikan Persija akan bermain di JIS dan ‘Bepe’ penendang awal

Guliran isu pemberitaan tertuju pada Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan memastikan Persija akan bermain di JIS. Tidak hanya itu, legenda “Macan Kemayoran” Bambang Pamungkas (Bepe) juga dipastikan menjadi penendang awal.

Kritik PSI Gegara Persija Tak Main di Turnamen Soft Launching Stadion JIS

Partai Solidaritas Indonesia (PSI) kembali melayangkan kritik kepda Gubernur DKI Anies Baswedan. Kali ini Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta menyesalkan keputusan Pemprov DKI Jakarta yang tidak melibatkan klub sepak bola Persija dalam laga pertama di JIS.

Kawasan Jakarta utara kini semakin megah dengan adanya JIS & sirkuit formula E

Isu ini tertuju pada kiauan akun @aniesmania yang membuat cuitan menerangkan bahwa kawasan Jakarta utara kini semakin megah dengan adanya Stadion JIS dan Sirkuit Formula E Ancol. Cuitanya hingga saat ini memperoleh respon sebanyak 347 retweets dan 1.882 likes

Trending Keyword dan Tagar

Tagar #Stadionkita, #iyc2021 dan Kata Kunci JIS, Internasional, Stadium menjadi paling besar dan banyak digunakan warganet secara luas. Hal tersebut merujuk pada dukungan dan respon positif soal Soft Launching JIS berkolaborasi dengan kegiatan International Youth Championship.

Kesimpulan

Media monitoring dapat dipegunakan untuk keperluan berbagai hal. Termasuk dalam pemantauan isu yang tengah mendapatkan perhatian seperti Soft Launching Jakarta International Stadium.

Berdasarkan hasil pemantauan media monitoring Kazee, dominasi isu tertuju pada penyelenggaran rangkaian Soft Launching Jakarta International Stadium. Hal tersebut terntunya baik untuk Pemprov DKI Jakarta karena menjadi sumbangan sentiment yang positif.

Meski demikian, terdapat pula narasi kritik yang dilontarkan oleh Fraksi PSI DPRD DKI Jakarta menyesalkan keputusan Pemprov DKI Jakarta yang tidak melibatkan klub sepak bola Persija dalam laga pertama di Jakarta International Stadium (JIS).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *