Polemik Terkait Jakarta Internasional Stadium

Kronologi.id

Proyek pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) ini digadang-gadang sudah mencapai 93,85 persen, dan diperkirakan akan rampung sekitar bulan Maret 2022. JIS disebut akan menjadi stadium termegah dan tercanggih yang ada di Indonesia, Menurut Gubernur Anies Baswedan, pembangunan Jakarta Internasional Stadium ini sekaligus untuk menunaikan janji kepada warga Jakarta untuk memiliki stadion.

Baca Juga

Isu Pembangunan Ibu Kota Baru Berdasarkan Perspektif Media

Apa Itu Jakarta Internasional Stadium?

Melansir dari wikipedia, Jakarta Internasional Stadium (JIS) yang sebelumnya Stadium BMW adalah sebuah stadium multi-fungsi yang sedang dibangun di Papanggo, Tanjung Priok, Jakarta Utara. Ide pembangunan stadium ini awalnya dicetus oleh Presiden Joko Widodo saat masih menjadi Gubernur DKI Jakarta pada November 2012. Namun stadion ini  baru mulai dibangun di era Gubernur Anies Baswedan pada Maret 2019 lalu. Anies mengatakan, setelah rampung, JIS ini  dapat digunakan untuk pertandingan sepak bola nasional maupun internasional, konser musik, dan acara besar lainnya, Karena Jakarta International Stadium ini mengasosiasikan stadion bertaraf internasional yang berpihak kepada semua masyarakat dan mendukung visi kota yang liveable dan berkelanjutan.

Fasilitas Canggih Jakarta Internasional Stadium

Mengutip detik.com berikut kecanggihan yang ada di Jakarta Internasional Stadium:

Sound System

Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (JakPro) Widi Amanasto menuturkan, JIS akan dilengkapi dengan sound system canggih yang dapat mendukung gelaran konser besar.

Kapasitas Stadion

Stadion ini akan menampung lebih dari 80.000 penonton. Memiliki 3 tingkatan tribun dan terdapat tribun VIP dan tribun khusus disabilitas.

Menggunakan Rumput Hybrida

Stadium JIS ini menggunakan rumput hybrida yang menurut beberapa pihak dikatakan sangat cocok untuk kondisi iklim pesisir seperti JIS. Rumput Hybrida ini juga digunakan di stadium ternama dunia seperti, Allianz Arena dan Wanda Metropolitano. Sehingga rumput hibrida telah diakui sebagai rumput yang layak digunakan oleh FIFA, UEFA, WR, GAA, dan FIH.

Atap Stadion Buka-Tutup

Stadion JIS juga dilengkapi dengan atap yang bisa dibuka-tutup atau retractable roof yang mendukung suara saat konser dapat maksimal.

Mengusung Konsep Keberlanjutan

Jakarta International Stadium menjadi gedung ramah lingkungan dengan sertifikasi dari Green Building Council Indonesia (GBCI). Dengan demikian, JIS akan menjadi stadion pertama di Indonesia yang mengusung sustainability atau konsep keberlanjutan. JIS menggunakan energi baru terbarukan lewat solar panel sebesar 5,1% dari daya listrik yang dibutuhkan gedung. Ruang dan taman stadion JIS juga mengunakan lampu LED yang lebih hemat energi. Sementara itu, lapangan JIS menggunakan sport lighting khusus untuk kebutuhan siaran.

Namun dari segala kelebihannya, pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS) ini menuai polemik tertutama pada kalangan politisi, hal ini tidak dapat lepas dari berbagai sorotan di media. Untuk itu, Kazee Digital Indonesia mencoba merangkum isu pemberitaan yang berkembang pada periode 20 hingga 25 Januari 2021 terkait Pembangunan Jakarta Internasional Stadium (JIS).

Pergerakan Data Pemberitaan Pembangunan Jakarta Internasional Stadium

Kazee Media Monitoring

Dalam kurun waktu 5 hari terhitung sejak 20-25 Januari 2022, pergerakan ekspos terkait Pembangunan Jakarta Internasional Stadium bergerak secara fluktuatif, puncak isu terjadi pada tanggal 23 Januari 2022 dengan jumlah 71 data, dari total 358 data.

Isu Dalam Pemberitaan Media Daring Terkait Pembangunan Jakarta Internasional Stadium

Kazee Media Monitoring

Dalam grafik pie diatas terdapat 6 isu yang merupakan isu yang paling banyak diberitakan terkait pembangunan Jakarta Internasional Stadium dalam kurun waktu sepekan terakhir. Berikut ulasan 3 isu teratas:

Giring Sebut Proyek Firaun

Sorotan pertama tertuju pada proyek – proyek dibangun oleh Pemerintah Provinsi DKI khususnya proyek Formula-E dan Jakarta Internasional Stadium. Ketua Umum PSI Giring Ganesha menyebut proyek tersebut merupakan proyek ambisius yang melupakan warga DKI yang terpinggirkan dan terlupakan.

Akun Instagram Giring Hilang

Berkaitan dengan isu sebelumnya, akun instagram Giring mendadak hilang atau tersuspend Instagram, banyak pihak mengkaitkan kehilangan akun Giring disebabkan oleh kritikan agresif yang ditujukan kepada Gubernur Anies Baswedan

JIS Akan Terhubung Dengan 3 Moda Tranportasi

Sorotan media selanjutnya tertuju pada akses yang dapat digunakan masyarakat menuju JIS, Kawasan JIS akan terintegrasi dengan tiga moda angkutan umum massal. Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) DKI Jakarta Syafrin Liputo menyatakan Ketiga moda transportasi tersebut adalah kereta rel listrik (KRL), Transjakarta, dan lintas raya terpadu (LRT).

Tokoh Yang Paling Banyak Disorot

Kazee Media Monitoring

Tokoh yang paling banyak dimantion yaitu Ketua Umum PSI Giring Ganesha dan Gubernur Anies Baswedan, dimana dalam isu pembangunan Jakarta Internasional Stadium, kedua tokoh tersebut saling melontarkan sindirian satu sama lain di media

Analisis Sentimen

Kazee Media Monitoring

Selama periode ini , jumlah sentimen positif maupun sentimen negatif terpaut cukup tipis, namun diungguli oleh sentimen negatif sebanyak 177 pemberitaan dan 145 sentimen positif dan 36 sisanya bersentimen netral.

Top Redaksi

Berikut ini merupakan redaksi teratas yang paling intens membahas tentang pembangunan Jakarta Internasional Stadium.

Kazee Media Monitoring
Referensi

https://news.detik.com/berita/d-5914652/6-hal-diketahui-soal-deal-ri-singapura-ekstradisi-hingga-ruang-udara/1

https://id.wikipedia.org/wiki/Stadion_Internasional_Jakarta

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *