Isu Pembangunan Ibu Kota Baru Berdasarkan Perspektif Media

Desain Istana Negara di ibu kota baru. ©Instagram/Jokowi

Rencana pemindahan ibu kota negara dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur masih terus digaungkan, dimana upaya pemindahan tersebut dimulai pada tahun 2019. Melalui rapat terbatas pemerintah pada tanggal 29 April 2019, Presiden Joko Widodo memutuskan untuk memindahkan ibu kota negara ke luar Pulau Jawa.

Latar Belakang Pemindahan Ibu Kota Negara

Seperti dikutip dari Tribunnews bahwa pemindahan ibu kota Indonesia dari Jakarta ke lokasi lainnya telah didiskusikan sejak masa kepresidenan Soekarno hingga Susilo Bambang Yudhoyono. Presiden SBY mendukung ide untuk membuat pusat politik dan administrasi Indonesia yang baru, karena masalah lingkungan dan overpopulasi Jakarta. Kemudian kembali di rencanakan pada pemerintahan Jokowi.

Setelah melalui tahap perencanaan, seperti di lansir Kompas.com Presiden Joko Widodo resmi mengumumkan ibu kota baru berada di Kalimantan. Hal itu disampaikan Jokowi dalam konferensi pers di Istana Negara, jakarta pada 26 Agustus 2019. Jokowi mengatakan bahwa, lokasi ibu kota baru yang paling ideal adalah di sebagian Kabupaten Penajam Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Pembangunan pun direncanakan dimulai pada 2020 dan pemindahan akan dilakukan bertahap mulai dari 2024. Meski adanya kendala pandemi covid-19 di tahun 2020, namun pembangunan infrastruktur dasar di sekitar ibu kota baru terus dilakukan.

Hingga saat ini pemerintah masih terus mematangkan rencana pembangunan ibu kota baru. Lantas, seperti apa pemberitaan terkait pembangunan ibu kota baru berdasarkan perspektif media ? Kazee Digital Indonesia sebagai perusahaan yang bergerak di bidang data analytics, mencoba memetakan isu terkait pembangunan ibu kota baru yang berkembang di media online. Berikut data yang didapatkan dari media monitoring Kazee :

Pergerakan Data Terkait Pembangunan Ibu Kota Baru

Data terkait pembangunan ibu kota baru diambil dari ekspos media massa online dengan periode waktu 1 Januari hingga 12 Januari 2022. Secara keseluruhan terdapat 406 data dengan puncak data tertinggi ada pada tanggal 6 Januari 2022. Lantas apa saja isu yang menjadi menjadi sorotan media online terkait pembangunan ibu kota baru ? berikut hasil ekstrasi menggunakan media monitoring Kazee :

Desain Istana Presiden di Ibu Kota Baru Disetujui Jokowi

Desain istana presiden yang telah mendapat persetujuan presiden Joko Widodo, menempati posisi pertama sebagai isu yang paling banyak mendapat sorotan media online. Isu tersebut terekspos dengan presentase 28%. “Desain istana IKN (Ibu Kota Negara) yang telah final disambut dengan sukacita dan telah disetujui Presiden,” demikian tulis Nyoman Nuarta di akun instagramnya dikutip Rabu (5/1). Adapun seniman Nyoman Nuarta menjadi tokoh dibalik Desain istana presiden yang telah disetujui tersebut.

Infrastruktur Penyangga Ibu Kota Baru Dibiayai SBSN

Infrastruktur penyangga ibu kota baru yang dibiayai oleh SBSN, menempati posisi kedua sebagai isu yang banyak mendapat sorotan media online terkait pembangunan ibu kota baru dengan presentase 24%.  Menteri Keuangan Sri Mulyani mengungkapkan jika sebagian besar proyek yang dibiayai Surat Berharga Syariah Negara (SBSN) di Kalimantan Timur (Kaltim) ditujukan untuk mendukung pembangunan ibu kota negara baru. Proyek dimaksud seperti jalan dan jembatan. Adapun SBSN yang diterbitkan untuk berbagai proyek di Kaltim mencapai Rp 6,48 triliun periode 2014 sampai 2022.

Sri Mulyani Ungkap Harga Tanah di Ibu Kota Baru Akan Naik

Sri Mulyani yang mengungkapkan bahwa harga tanah di ibu kota baru akan naik, menempati posisi ke-tiga sebagai isu yang banyak mendapat sorotan media online terkait pembangunan ibu kota baru dengan presentase 19%. Menteri Keuangan (Menkeu) Sri Mulyani mengatakan Harga Tanah di daerah calon Ibu Kota Negara (IKN) baru sebentar lagi akan naik karena masifnya pembangunan infrastruktur, seiring dengan rencana pemindahan IKN dari DKI Jakarta ke Kalimantan Timur. Lonjakan Harga Tanah terutama akan terjadi di wilayah yang masuk Kutai Kartanegara dan Penajam Paser Utara.

DPR Sebut RUU Ibu Kota Negara Bisa Disahkan Januari

Isu selanjutnya yang menempati posisi ke-empat yaitu pernyataan DPR yang menyebut bahwa RUU ibu kota negara akan segera disahkan pada bulan Januari 2022 ini, isu ini berkembang dengan presentase 12%. Anggota Panitia Khusus (Pansus) RUU Ibu Kota Negara G.Budisatrio Djiwandono mengatakan, pengesahan beleid ibu kota baru akan dilakukan pekan depan dengan sejumlah catatan yang telah dibahas di pansus.

Jembatan Penghubung Ibu Kota Baru Selesai Dibangun, Balikpapan-Penajam Cuma 1 Jam

Pembangunan jembatan penghubung di ibu kota baru yang telah selesai dibangun, menempati posisi ke-lima sebagai isu yang banyak mendapat sorotan media online terkait pembangunan ibu kota baru dengan presentase 7%. Pembangunan Jembatan Pulau Balang yang menghubungkan Kota Balikpapan dengan Kabupaten Penajam Paser Utara di Kalimantan Timur akan meningkatkan konektivitas Jalan Lintas Selatan Kalimantan yang menjadi jalur utama angkutan logistik di Pulau Kalimantan.

Pemerintah Mulai Siapkan Anggaran Untuk Ibu Kota Baru

Sorotan selanjutnya tertuju pada isu penyiapan anggaran oleh pemerintah untuk ibu kota baru, isu ini mendapatkan sorotan dengan presentase 5%. Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati mempersiapkan anggaran untuk beberapa program di dalam APBN 2022. Antara lain pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru dan Pemilu pada 2024. Meski begitu, dirinya belum menetapkan berapa jumlah dan rincian anggaran tersebut. Untuk anggaran IKN, angkanya akan keluar setelah RUU IKN selesai dibahas.

Ibu Kota Negara Pindah ke Kalimantan Timur, Jakarta Diyakini Tetap Berfungsi sebagai Kota Komersial

Isu terakhir yang banyak mendapat sorotan media terkait pembangunan ibu kota baru tertuju pada isu mengenai Jakarta yang akan tetap berfungsi sebagai kota komersial, meski ibu kota negara akan pindah ke Kalimantan Timur. Isu ini mendapatkan sorotan media dengan presentase 5%. “Kalau kita melihat bahwa IKN ini pada prinsipnya tidak akan serta merta menggantikan fungsi Jakarta sebagai kota komersial. Menurut perkiraan kami sampai 10 tahun ke depan, Jakarta masih akan menjadi daya tarik utama bagi pelaku industri properti,” ujar Senior Associate Director Research Colliers Indonesia Ferry Salanto dalam diskusi daring, Senin (10/1/2022) malam.

Top Person Terkait Isu Pembangunan Ibu Kota Baru

Sumber : Media Monitoring Kazee

Diagram di atas merupakan top person atau tokoh yang paling banyak mendapat sorotan media online terkait isu pembangunan ibu kota baru versi media monitoring Kazee. Posisi pertama ditempati oleh Presiden Joko Widodo, kemudian diikuti oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono, Angota DPR RI Fraksi Partai NasDem Jawa Barat VII Saan Mustopa dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno.

Top Redaksi Media

Berikut sejumlah redaksi media yang paling banyak memuat tulisan terkiat pembangunan ibu kota baru periode 1 januari – 12 januari 2022

Sumber : Media Monitoring Kazee

Sebagai kesimpulan, bahwa rencana pemindahan ibu kota negara dari Jakarta ke Kalimantan terus berjalan seiring dengan berbagai persiapan yang dilakukan oleh pemerintah. Adapun infrastruktur penyangga ibu kota baru telah dibangun seperti pembangunan jembatan penghubung, bahkan terbaru berdasaran pemberitaan di media online RUU Ibu Kota Negara (IKN) baru akan disahkan pada Januari 2022 ini.  

Referensi :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *