Sebaran Isu Dalam Rapat Komisi III DPR RI Terkait Kasus Sambo

Bayu Septian

24 August 2022 08:47

Komisi III DPR RI menggelar Rapat Dengar Pendapat (RDP) bersama Kompolnas, Komnas HAM, hingga LPSK membahas kasus pembunuhan Brigadir Yoshua (Brigadir J) yang dilakukan oleh Irjen Ferdy Sambo.

Rapat digelar di Komisi III DPR RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin 22 Agustus 2022. Rapat dipimpin oleh Wakil Ketua Komisi III Ahmad Sahroni.

Ketua Kompolnas yang juga Menkopolhukam Mahfud MD, Ketua Komnas HAM Ahmad Taufan Damanik, dan Ketua LPSK Hasto Atmojo Suroyo Hadir dalam RDP tersebut.

Diketahui dalam rapat tersebut, Mahfud MD yang menjabat sebagai Ketua Kompolnas dicecar pertanyaan dan dihujani interupsi saat pemaparan oleh anggota Komisi III DPR RI.

BACA JUGA

Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Ekspos Pergerakan Data

Adapun puncak isu yang terjadi pada saat Rapat Dengar Pendapat dilakukan (22 Agustus 2022) terkait dengan usulan penonaktifan sementara Kapolri oleh Anggota DPR RI Fraksi Demokrat, Benny K Harman.

Hal tersebut diusulkan karena menurutnya publik dibohongi Polisi dan mengusulkan Kapolri Jenderal Listyo sigit Prabowo Dinonaktifkan dengan maksud pengusutan kasus kematian Brigadir J berjalan objektif.

Analisis Sentimen Rapat Komisi III DPR

Hasil analisis sentimen yang dilakukan menggunakan Kazee Media Monitoring, didominasi oleh sentimen negatif dengan bobot persentase sebanyak 57%.

Adapun salah satu isu negatif terkait hal ini yakni terkait Wakil Ketua Komisi III DPR RI Desmond Mahesa yang meminta Ketua Kompolnas untuk membubarkan Kompolnas.

Alasannya, karena Desmond menilai dalam kasus ini Kompolnas hanya menjadi Public Relation saja sehingga jika hanya memiliki kapasitas seperti itu lebih baik tidak perlu ada Kompolnas.

Komposisi Isu Rapat Komisi III DPR

Isu tertinggi dalam rapat dengar pendapat yang dilakukan oleh Komisi III DPR RI yakni terkait anggota DPR yang meminta Kapolri Dinonaktifkan sementara buntut dari kasus Brigadrir J. hal tersebut disampaikan oleh Fraksi Demokrat Benny K Harman.

Top Person

Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) sekaligus ketua Kompolnas, Mahmud MD dan Kapolri Jendral Listyo Sigit Prabowo menjadi  2 tokoh yang paling banyak di mention di media massa daring dan juga media sosial.

Influencer Pada Twitter

Catch Me Up top influencer ada topik ini dengan 91 total reetweet dengan cuitan "Komisi III DPR RI mengelar rapat dengar pendapat dengan Menkopolhukam Mahfud MD, LPSK, Kompolnas, hingga Komnas HAM untuk membahas kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat yang melibatkan mantan Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo".

Share :

Related Articles