Riuh Pemberitaan Survei Elektabilitas Jelang Pilpres 2024

Bayu Septian

14 June 2022 05:41

Image By rawpixel.com

Salah satu guliran isu pemberitaan menjelang pemilu serentak 2024 adalah banyak munculnya hasil survei elektabilitas. Figur-figur yang diprediksi muncul dalam kontestasi Pilpres 2024 diukur angka elektabilitasnya.

Mengutip dari Initu.id, Elektabilitas adalah tingkat keterpilihan yang disesuaikan dengan kriteria pilihan. Elektabilitas bisa diterapkan kepada barang, jasa maupun tokoh, badan atau partai.

Elektabilitas sering dibicarakan menjelang pemilihan umum. Elektabilitas partai politik berarti tingkat keterpilihan partai politik/ tokoh di publik. Elektabilitas partai/ tokoh tinggi berarti partai/ tokoh tersebut memiliki daya pilih yang tinggi.

Baca Juga: Koalisi Semut Merah PKS-PKB Mencuat, Netizen Bahas Masa Lalu

Artikel ini akan membahas media monitoring terkait survei elektabilitas figur-figur yang diprediksi muncul dalam kontestasi Pilpres 2024 selama periode 01 Mei 2022 sampai 13 Juni 2022.

Analisis Media Monitoring

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu, komparasi lembaga survey, top redaksi dan trending tagar dan keyword.

Baca Juga: Mengenal Social Media Monitoring Dan Manfaatnya

Sebaran Data

Dalam pantauan 01 Mei hingga 13 Juni 2022, data bergerak dengan akumulasi sebanyak 27.250 data dan tersebar pada platform linimasa twitter sebanyak 22.132 data dan pemberitaan media massa daring sebayak 5.118 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi terjadi pada beberapa kali yakni; 14 Mei 2022, 19 Mei 2022, 09 Juni 2022 dan titik tertinggi pada tanggal 13 Juni 2022.

Isu yang mempengaruhi gerak ekspos pada 14 Mei 2022:

  • Rilis hasil survei elektabilitas Lembaga Survei Kelompok Diskusi dan Kajian Opini Publik Indonesia (KedaiKOPI)
  • Ketua DPR RI Puan Maharani tidak perlu merisaukan peringkat Elektabilitasnya, selama Puan membela kepentingan masyarakat maka bukan tak mungkin Elektabilitas politikus PDIP itu akan menyalip para bakal capres lainnya.

Isu yang mempengaruhi gerak ekspos pada 19 Mei 2022:

  • Rilis Lembaga Survei Jakarta (LSJ) Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto merupakan capres yang paling banyak menjadi pilihan generasi digital natives.

Isu yang mempengaruhi gerak ekspos pada 09 Juni 2022:

  • Survei Poltracking Indonesia terbaru menempatkan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai calon pasangan capres cawapres yang memiliki Elektabilitas tertinggi

Isu yang mempengaruhi gerak ekspos pada 13 Juni 2022:

  • Survei Elektabilitas Charta Politica dimana hasilnya Ganjar Pranowo (36.5%) dan Prabowo Subianto (26.7%)

Sebaran Isu

Hasil Survei Poltracking Diklaim Cerminan Masyarakat Pilih Duet Ganjar-Erick di Pilpres 2024

Survei Poltracking Indonesia terbaru menempatkan duet Ganjar Pranowo dan Erick Thohir sebagai calon pasangan Capres-Cawapres yang memiliki elektabilitas tertinggi. Sementara elektabilitas calon pasangan Anies Baswedan-Puan Maharani merupakan yang terendah dari hasil polling politik yang dihimpun dari 1.220 responden Poltracking.

Hasil Rilis Survei Nasional Charta Politica: Membaca Situasi Politik dan Elektoral Pasca Rakernas Projo

Elektabilitas Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melonjak pasca agenda Rakernas V Projo di Magelang. Di mana dalam agenda tersebut Presiden Jokowi dianggap memberikan sinyal dukungan terhadap Ganjar Pranowo maju sebagai Calon Presiden (Capres) dalam Pilpres 2024.

Formula E Sukses Besar, Jadi Modal Anies Baswedan Maju Capres

Narasi kontra datang dari Mantan Wakil Ketua DPR RI Fahri Hamzah yang  mengkritik masa kampanye Pemilu 2024 selama 75 hari. Dalam media pemberitaan, Fahri Hamzah mengatakan seharusnya masa Kampanye pemilu seharusnya berjalan selama satu tahun.

Elektabilitas pasangan Ganjar-Erick Thohir dinilai semakin menarik perhatian masyarakat menjelang Pilpres 2024

Elektabilitas pasangan Ganjar Pranowo dan Erick Thohir dinilai semakin menarik perhatian masyarakat menjelang pemilihan presiden (pilpres) 2024. Ganjar-Erick pun dianggap cocok untuk meneruskan pemerintahan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Ketua DPR RI Puan Maharani tidak perlu merisaukan peringkat Elektabilitasnya

Pengamat politik yang juga Direktur Eksekutif Indonesia Political Opinion (OPI) Dedi Kurnia Syah berpendapat, Ketua DPR RI Puan Maharani tidak perlu merisaukan peringkat elektabilitasnya. Selama Puan membela kepentingan masyarakat, maka bukan tak mungkin elektabilitas politikus PDIP itu akan menyalip para bakal capres lainnya.

Tren Keyword dan Tagar Dalam Pemberitaan

Keyword Elektabilitas dikaitkan dengan tagar #Bangkitbersama, #ganjarpranowo, #ganjarku, #ganjarpedia banyak digunakan oleh media dalam pemberitaan maupun perbincangan secara luas.

Tagar #Bangkitbersama, #ganjarpranowo, #ganjarku, #ganjarpedia yang paling besar merujuk kepada tautan berita dan kicauan umum soal elektabilitas dua figur yang dikaitkan dengan Capres 2024 yaitu Ganjar Pranowo dan Erick Thohir.

10 Lembaga Survey yang Banyak Dimention Media

Poltracking Indonesia, Charta Politica, Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menjadi lembaga survey yang paling banyak dimention oleh media terkait dengan hasil survey elektabilitas figur-figur calon Presiden 2024.

Top 10 Redaksi Pemberitaan Terkait Survey Elektabilitas

Indonesia Today, Tribun News, RMOL menjadi redaksi media online yang paling banyak memberitakan rilis survey elektabilitas lembaga survei 2024.

Share :

Related Articles