Riuh Pemberitaan Jelang Tes Pramusim MotoGP Mandalika

Bayu Septian

07 February 2022 15:27

Sumber Foto: Liputan6

Riuh terasa tak kala para pembalap MotoGP telah tiba di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid (BIZAM) menjelang bergulirnya tes pramusim di Sirkuit Mandalika, Lombok.

Mengutip dalam pemberitaan CNN Indonesia, Sebanyak 24 pembalap dari 12 tim MotoGP resmi akan mengikuti tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok, 11-13 Februari mendatang.

Di antara ke-24 pembalap yang dipastikan hadir tersebut, terdapat sejumlah nama pembalap MotoGP terbaik seperti juara MotoGP 2021 Fabio Quartararo, Marc Marquez, Fransesco Bagnaia dan Jack Miller, Joan Mir, Johan Zarco, hingga Brad Binder. Tujuh pembalap ini merupakan pembalap dengan 7 poin tertinggi selama musim MotoGP 2021.

Tentu guliran isu media juga menyoroti kasus covid-19 yang tengah tinggi di Indonesia. Namun, tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika, Lombok sedianya akan tetap dilaksanakan 11-13 Februari mendatang.

Mengutip dalam rilis Kemendagri, Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat Tahun 2022.

Beberapa aturan dan himbauan Inmendagri 8/2022

  1. Jumlah penonton MotoGP juga akan dibatasi maksimal 100 ribu penonton, dengan kapasitas paling banyak 10 persen untuk kelas festival.
  2. Seluruh penonton juga diwajibkan telah melakukan vaksinasi dosis kedua serta membawa hasil negatif PCR swab test H-1 (khusus penonton yang berasal dari luar Pulau Lombok dan akan dilakukan screening dengan menggunakan aplikasi PeduliLindungi. Sedangkan, untuk penonton dari Pulau Lombok dilakukan pengecekan kesehatan dengan menunjukkan sertifikat vaksin dan hasil negatif PCR 2x24 jam atau tes antigen 1x24 jam.)
  3. Inmendagri ini juga mengatur kewajiban pemerintah daerah untuk melakukan vaksinasi dosis pertama dan kedua paling sedikit 80 persen serta melakukan akselerasi dosis lanjutan (booster) paling lambat H-1 minggu sebelum penyelenggaraan MotoGP Mandalika, serta menyediakan fasilitas kesehatan, tenaga kesehatan pendukung, dan mengaktifkan posko penanganan COVID-19 di tingkat provinsi, kabupaten/kota, kecamatan, kelurahan/desa, hingga RW/RT.
  4. Pemerintah daerah setempat juga diimbau untuk melakukan pengawasan dan penegakan yang persuasif kepada masyarakat agar tetap mematuhi prokes.
  5. Dalam aturan kedua poin a Inmendagri 8/2022, tertulis arahan untuk Bupati Lombok Tengah yaitu agar melarang warga menggelar tenda di luar sirkuit untuk nobar MotoGP. Warga diharapkan menonton acara MotoGP di rumah masing-masing dan tidak membuat kerumunan.
  6. Pejabat pemda mengimbau masyarakat untuk turut berperan aktif dalam menjaga disiplin protokol kesehatan yang ketat.

Lalu, bagaimana media mengabarkan informasi mengenai Isu tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika ini?

Artikel ini akan membahasnya dengan menggunakan media monitoring tools dari Kazee Digital Indonesia. Sebelumnya monitoring mengenai Mandalika sudah pernah dibahas dalam artikel ini: Top Isu Terkait Sirkuit Mandalika

Periode monitoring media terkait topik tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika ini diambil selama sepekan terakhir sejak 01 s.d 07 Februari 2021

Kazee Media Monitoring

07 Februari 2022 sebanyak 454 artikel sebagai puncak ekspos pemberitaan dengan sebaran isu diantaranya:

  1. Sejumah pebalap MotoGP seperti Marc Marquez hingga Fabio Quartararo, mulai berdatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, NTB.
  2. Gubernur Nusa Tenggara Barat , H Zulkieflimansyah, menegaskan sirkuit kebanggaan Indonesia , yakni Pertamina Mandalika International Street Circuit sudah siap 100% digunakan untuk tes pramusim MotoGP pada 11-13 Februari mendatang.
  3. Pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan terkait dengan penyelenggaran MotoGP Mandalika.

Adapun isu lain yang terekam dipotret oleh media, diantaranya;

Kazee Media Monitoring

Sebanyak 10 isu teratas yang ditampilkan dalam pie grafik diatas merupakan isu-isu berkaitan dengan tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika selama sepekan terakhir, Adapun isu yang menarik dibahas diantaranya:

MotoGP Mandalika Bakal Terapkan Sistem Travel Bubble

Sorotan utama tertuju pada Para pembalap MotoGP yang akan menjalani tes pra musim di Sirkuit Mandalika sudah tiba dan datang menggunakan pesawat charter yang terbang dari Bandara Kuala Lumpur Malaysia. Dengan menggunakan skema Travel Bubble, para pembalap dihindarkan kontak langsung dengan masyarakat atau penggemarnya. Dari bandara kemudian mereka langsung berangkat ke hotel di kawasan Mandalika tempatnya menginap.

Pemerintah mengeluarkan sejumlah aturan terkait dengan penyelenggaran MotoGP Mandalika

Guliran isu pemberitaan media juga menyoroti Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Muhammad Tito Karnavian menerbitkan Instruksi Mendagri (Inmendagri) Nomor 08 Tahun 2022 tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 pada Penyelenggaraan Mandalika MotoGP di Pertamina Mandalika International Street Circuit, Nusa Tenggara Barat Tahun 2022. Adapun ringkasan aturan Inmendagri Nomor 08 Tahun 2022 ini sudah dibahas diawal artikel ini.

Tim dan Pembalap MotoGP Tiba di Lombok Untuk Tes Pra Musim

Kemudian sorotan media juga tertuju pada sejumah Pebalap MotoGP seperti Marc Marquez hingga Fabio Quartararo, mulai berdatangan di Bandara Internasional Zainuddin Abdul Majid, Lombok, NTB. Dalam akun instagram MotoGP, tampak sejumlah pebalap seperti Marc Marquez, Alex Marquez, Pol Espargaro, Darryn Binder, Fabio Quartararo, dan Brad Binder mengantre mengambil bagasi di depan coveyor belt bandara.

Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan 338 marshal lokal akan Mengawal tes pramusim

Perhatian media juga ditujukan kepada Mandalika Grand Prix Association (MGPA) menyebutkan 338 Marshal lokal akan ditugaskan mengawal tes pramusim MotoGP di Sirkuit Pertamina Mandalika, Lombok, NTB pada 11-13 Februari. Direktur Utama MGPA Priandhi Satria menegaskan bahwa pemenuhan Marshal berkualitas merupakan hal yang krusial dalam penyelenggaraan sebuah event balap. Oleh karena itu, di bawah koordinasi IMI pusat maupun NTB secara bersama-sama juga telah memberikan pelatihan guna meningkatkan kemampuan Marshal yang direkrut.

Polda NTB Siap Amankan Tes Pra Musim MotoGP 2022

Isu selanjutnya tertuju pada isu yang positif dimana Satuan Brigadir Mobile Kepolisian Daerah Nusa Tenggara Barat memastikan kesiapan pengamanan untuk agenda balap motor kelas dunia tahapan tes pra musim MotoGP Mandalika 2022.

Kazee Media Monitoring

Top 10 media diatas merupakan media yang sering menulis terkait dengan Isu tes pramusim MotoGP 2022 di Sirkuit Mandalika . Dilhat dari komposisinya, top 10 media teratas yang memberitakan diisi oleh media-media nasional.

Referensi:

https://setkab.go.id/mendagri-terbitkan-ketentuan-pencegahan-dan-penanggulangan-covid-19-di-ajang-motogp-mandalika/

Share :

Related Articles