Atensi Publik Terkait Rekonstruksi Pembunuhan Brigadi J

Bayu Septian

31 August 2022 09:51

Image by senivpetro on Freepik

Polri dengan tim terkait telah melakukan rekonstruksi kasus pembunuhan berencana Brigadir J atau Nofriansyah Yosua Hutabarat pada Selasa 30 Agustus 2022.

Dalam reka ulang tersebut, lima tersangka yakni Bharada Richard Eliezer, Putri Chandrawathi, Ferdy Sambo, Bripka Ricky Rizal dan Kuat Maruf turut dihadirkan.

Adegan reka ulang tersebut terjadi di tiga lokasi, yakni rumah dinas Irjen Ferdy Sambo di Kompleks Polri Duren Tiga, Jakarta Selatan, rumah pribadi Sambo di Jalan Saguling, Jakarta Selatan, dan rumah Sambo di Magelang, Jawa Tengah.

Polri menjelaskan, bahwa rekonstruksi juga diadakan di rumah pribadi Sambo karena, rumah pribadinya diduga menjadi tempat perencanaan pembunuhan.

Kadiv Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo menyatakan bahwa proses rekonstruksi kejadian pembunuhan berencana Brigadir J telah usai. Setidaknya, proses itu berjalan 7,5 jam.

Adapun Kepala Divisi Humas Polri, Irjen Dedi Prasetyo mengatakan, proses rekonstruksi tersebut menayangkan 78 adegan di dua lokasi tersebut.

Mengutip dari Catch Me Up berikut rincian dari reka adagena yang diperankan tersangka

  • Rumah Magelang, 16 Adegan, meliputi peristiwa dari tanggal 4,7, dan 8 Juli 2022
  • Rumah Saguling sebanyak 35 adegan, meliputi peristiwa di tanggal 8 dan peristiwa pascapembunuhan
  • Rumah di Kompleks Polri sebanyak 27 adegan, meliputi peristiwa tertembaknya Brigadir Yosua.

Dari 78 adegan tersebut, Ferdy Sambo dan Putri Chandrawathi sempat menolak atau keberatan memerankan salah satu adegan dalam rekonstruksi di Duren Tiga.

Bareskrim Polri Brigjen Andi Rian Djajadi menjelaskan  bahwa penolakan itu terjadi karena ada perbedaan keterangan dari masing-masing tersebut.

Oleh karena itu, kata Andi, penyidik kemudian melakukan beberapa versi reka adegan sesuai keterangan dari para tersangka.

BACA JUGA

Sebaran Isu Dalam Rapat Komisi III DPR RI Terkait Kasus Sambo

Analisis Media Monitoring

Tersebar isu pemberitaan dan media sosial yang menyoroti adegan rekonstruksi atas pembunuhan kasus Brigadir J.

Dengan menggunakan sistem Kazee Media Monitoring, artikel ini akan membahas isu apa saja yang paling banyak mendapatkan atensi publik selama periode 27-30 Agustus 2022.

Pergerakan Ekspos Data

Grafik pergerakan ekspos data terkait rekonstruksi pembunuhan Brigadir J baru diperbincangkan dimedia mulai tanggal 28 agustus dengan puncak eksposnya pada hari Selasa 30 Agustus 2022 saat rekonstruksi dilaksanakan oleh tim khusus kepolisian bersama para tersangka.

Dalam Periode ini terdapat 14.400 data perbincangan yang tersebar di media sosial dan media massa daring.

Analisis Sentimen

Sentimen positif memiliki porsi persentase paling tinggi dalam topik ini dengan bobot 47%, hal tersebut terkait dengan atensi warganet terhadap penampilan sambo yang akhirnya menggunakan baju tahanan.

Selain itu, Reskontruksi yang dilakukan kepolisian dinilai sudah transparan.

Anggota Komisi III DPR Habiburokhman menilai rekonstruksi kasus pembunuhan Nofriansyah Yosua Hutabarat alias Brigadir J sudah transparan.

Menurutnya, berbagai pihak bisa mengakses rekonstruksi yang disiarkan secara langsung.

"Itu bagian dari penyidikan, proses penyidikan. Kita tentu hormati sikap Kapolri yang mengedepankan transparansi, orang bisa lihat semua. Media bisa akses,".

Lalu kemesraan Sambo dan Putri dalam reskonstruksi juga terdeteksi sebagai sentimen positif.

Komposisi Isu Keseluruhan

Kazee Media Monitoring

Adapun 78 adegan yang diperankan tersangka menjadi isu yang paling banyak di perbincangkan publik.

Sample Cuitan Warganet

Berikut merupakan beberapa sample dari respon warganet terkait rekonstruksi kasus pembunuhan Brigadri J di media sosial Twitter.

Tokoh Terpopuler

Melalui Kazee Media Monitoring, terdapat data terkait tokoh yang paling banyak dimention, berikut top 10 tokoh yang paling banyak di mention media.

Organisasi Populer

Selain terdapat data terkait tokoh yang paling banyak dimention, juga terdapat data terkait top organisasi dalam topik ini.

Social Network Analysis Rekonstruksi Pembunuhan Brigadir J

Terkait topik Rekonstruksi Brigadir J cuitan yang paling banyak mendapatkan atensi dari warganet yaitu dari akun @Miduk17 dengan cuitan

“Ada yang menarik saat Rekonstruksi kasus Pembunuhan Brigadir J di Magelang Terlihat Kuat Maruf lebih dulu ada di KAMAR bersama PC Walau tak dijelaskan secara RINCI apa yang dilakukan oleh Kuat Maruf dan PC Pertanyaannya...Kuat Maruf NGAPAIN ada dikamar dgn bu PC?”.

Share :

Related Articles