Rekomendasi Media Monitoring Tools yang Mudah Digunakan

Cahaya Muslim

13 May 2024 04:13

Image

Media monitoring adalah kegiatan pemantauan media untuk mengumpulkan data berharga dari berbagai sumber, seperti media sosial, media online, hingga media cetak. Kegiatan ini memerlukan proses yang panjang agar mendapatkan data valid dan bisa dijadikan acuan untuk pengambilan keputusan.

Oleh sebab itu, guna mengefektifkan kegiatan media monitoring ini, Anda membutuhkan sebuah tools. Alat bantu media monitoring dapat memberikan Anda kemudahan sekaligus meningkatkan kecepatan dalam mengumpulkan hingga menganalisis data.

Prinsipnya, tools media monitoring haruslah mudah digunakan. Artinya, tools yang dipakai dapat membantu dengan mudah dalam penyediaan data dan mudah dipahami sehingga bisa diimplementasikan ke dalam pengambilan keputusan.

Apa rekomendasi media monitoring tools yang mudah digunakan? Temukan jawabannya di sini!

Baca Juga:Mengenal Media Monitoring

Fungsi Media Monitoring Tools

Media monitoring tools memiliki beberapa fungsi di antaranya adalah memudahkan pengumpulan data, hingga mendapatkan data sesuai kebutuhan. Berikut penjelasannya. 

  • Memudahkan pengumpulan hingga Penyajian Data

Prinsip sebuah tools atau alat bantu adalah membantu memudahkan penggunanya. Media monitoring tools dapat melakukan hal ini. Tools tersebut memudahkan pengumpulan hingga penyajian data.

Seperti diketahui, hal-hal tersebut tidak bisa dillakukan secara cepat dan mudah apabila. Anda harus mencari semua data yang berkaitan dengan bisnis secara manual sehingga memerlukan waktu yang lama dan kemungkinan data ada kemungkinan kurang valid. Dengan tools, Anda cukup mencari kata kucnci 

  • Data terintegrasi dengan baik

Media monitoring tools dapat mengumpulkan berbagai data yang berasal dari berbagai sumber. Itulah mengapa tools ini membantu agar data terintegrasi dengan baik. Anda bisa melihat segala informasi yang Anda butuhkan hanya dalam satu tempat.

Dari sini, Anda pun bisa menggunakan data dengan mudah untuk dijadikan landasan pengambilan keputusan. Jadi, Anda tidak perlu kebingungan lagi untuk mendapatkan insight berharga bagi bisnis.

  • Mendapatkan data sesuai kebutuhan

Terakhir, media monitoring tools juga berfungsi agar Anda bisa mendapatkan data sesuai kebutuhan. Dalam artian, tools ini mengumpulkan data sesuai kebutuhan bisnis Anda. Maka dari itu, Anda harus menetapkan target atau tujuan dari awal.

Alasannya, agar proses pengumpulan hingga menganalisis data menjadi lebih efektif. Jadi, Anda tidak perlu lagi berkutat dengan data-data yang tidak seharusnya ada. Media monitoring tools membantu melakukan pemfilteran hingga menyajikannya dalam bentuk yang menarik.
 

Mengenal Tools Kazee Media Monitoring

Rekomendasi media monitoring tools yang bisa Anda gunakan adalah produk dari Kazee. Kazee Media Intelligence atau Media Monitoring dapat melakukan berbagai macam hal untuk membantu Anda. Tools ini bisa membantu dalam hal analisis sentimen, mengetahui top influencer, hingga menganalisis tren terkini. Simak penjelasan lengkapnya di sini. 

Sentiment Analysis

Dalam analisis sentimen ini, Anda dapat mengetahui bagaimana respons pelanggan mengenai brand Anda. Apabila bisnis Anda baik, sentimen positif umumnya akan mendominasi. Begitu juga sebaliknya. Hal ini membantu Anda untuk menyesuaikan kebutuhan serta keinginan pelanggan.

Trend Analysis

Cari tahu apa tren terkini yang bisa saja memengaruhi bisnis Anda baik secara langsung maupun tidak langsung. Memahami tren terkini juga dapat membantu Anda untuk memahami dinamika bisnis yang terjadi. Jadi, bisnis Anda bisa tetap adaptif terhadap perubahan serta menjangkau lebih banyak calon pelanggan potensial.

Mention Analysis

Apa yang orang-orang bicarakan di media mengenai bisnis Anda? Jawaban ini dapat dilihat di Kazee Media Monitoring. Bermanfaat sebagai mention analysis, media monitoring memantau siapa saja dan apa yang mereka katakan mengenai bisnis Anda. Jadi, Anda bisa mencegah krisis sejak dini apabila ada penyebutan yang berpotensi memengaruhi citra  Anda.

Buzzer Tracking

Penting sekali untuk memantau aktivitas buzzer di media sosial. Terlebih lagi, saat ada informasi yang berkaitan dengan bisnis Anda. Aktivitas-aktivitas yang dilakukan buzzer di media dapat memengaruhi opini publik. Oleh sebab itu, Anda harus memastikan supaya informasi yang disebarluaskan oleh buzzer tentang bisnis Anda adalah hal positif. 

Top Influencers

Top influencers merupakan siapa orang berpengaruh yang banyak menyebut brand Anda di media sosial. Entah itu dalam hal review produk Anda, saran serta kritik, & sebagainya. Tidak semua influencers memiliki pengaruh yang besar bagi bisnis Anda. Dalam artian, banyak influencers yang sebenarnya kurang cocok untuk mempromosikan bisnis Anda. Maka dari itu, media monitoring membantu Anda menemukan influencer yang tepat dengan top influencers berdasarkan data yang disajikan.

Top Publications

Cari tahu postingan atau media yang melakukan publikasi terbanyak dalam membicarakan mengenai brand atau isu yang berkaitan dengan bisnis Anda. Hal ini membantu Anda agar tidak kebingungan untuk memahami bagaimana isu yang beredar, Tidak hanya itu, Anda juga bisa mengenal seperti apa media yang banyak mempublikasi pemberitaan mengenai Anda.

Top Locations

Dari mana penyebutan mengenai brand Anda berasal? Top location membantu Anda untuk mengetahui di mana saja orang-orang menyebut bisnis Anda. Memahami hal ini membantu Anda agar bisa menyesuaikan konten atau pesan berdasarkan lokasi tersebut. 

Social Network Analysis

Social Network Analysis (SNA) adalah metode yang menggambarkan bagaimana hubungan struktur sosial satu sama lain. Tidak hanya itu, SNA juga dapat diartikan sebagai metode mendapatkan data atau informasi dari big data yang tidak terstruktur. SNA dapat membantu Anda untuk menganalisis bagaimana keterkaitan sebuah sumber terhadap isu atau permasalahan yang sedang berkembang. 

Itulah rekomendasi media monitoring tools yang mudah digunakan. Dengan Kazee Media Monitoring, Anda bisa mendapatkan berbagai insight berharga untuk melakukan pengambilan keputusan lebih baik. Dapatkan data secara cepat, mudah, dan sesuai kebutuhan Anda. Apakah Anda penasaran dengan rekomendasi media monitoring tools satu ini? Klik  di sini untuk segera mencobanya.

 

Share :

Related Articles