Ragam Isu Demo Tolak Kenaikan BBM

Bayu Septian

08 September 2022 10:27

Kazee Digital Indonesia

Per 3 September 2022 Presiden Joko Widodo resmi menaikan harga BBM bersubsidi. Merespon hal tersebut, sejumlah kelompok masyarakat terutama Mahasiswa dan Buruh dengan keras menolak kenaikan harga BBM dan mengancam akan melakukan demo besar-besaran pada tanggal 6 September.

Hal tersebut karena kenaikan harga BBM dinilai akan membuat inflasi meroket sehingga membuat masyarakat semakin menjerit.

Presiden Partai Buruh sekaligus Ketua Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal menyatakan bahwa, aksi demonstrasi menolak kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM) akan dilangsungkan hingga Desember 2022.

Berdasarkan hal tersebut, Kazee Digital Indonesia telah mendapatkan data terkait demo penolakan BBM, diantaranya terkait sebaran isu, tokoh teratas yang paling banyak di mention, dan pemetaan lokasi.

BACA JUGA

Rencana Kenaikan Harga BBM Bersubsidi

Ekspos Data Demo Penolakan BBM

Pergerakan ekspos terkait aksi demo yang dilakukan disejumlah daerah di Indonesia bergerak fluktuatif. Puncak ekspos terjadi pada tanggal 6 September 2022. Adapun beberapa isu diantaranya yakni:

Komposisi Isu Pilihan

Tagar #BatalkanKenaikanBBM yang menggema di linimasa twitter menjadi isu pilihan dengan ekspos tertinggi pada periode kali ini.

Tagar tersebut diciptakan warganet sebagai bentuk penolakan atas kenaikan harga bahan bakar minyak yang pada hari Sabtu 3 September kemarin resmi diumumkan naik.

Selain itu, isu pilihan dengan ekspos tertinggi kedua yakni terkait Fraksi PKS yang Walk Out dari Rapat Paripurna DPR RI dalam agenda pengambilan keputusan soal RUU tentang Pertanggungjawaban atas Pelaksanaan APBN Tahun Anggaran 2021,

Presiden PKS Ahmad Syaikhu menilai hal itu bentuk penolakan atas keputusan pemerintah menaikkan harga BBM.

Tokoh teratas dalam hal ni yakni presiden @jokowi, Said Iqbal, dan @puanmaharani_ri.

Analisis Spacial

Secara demografi, Provinsi Nusa Tenggara Barat, Sulawesi Selatan, DKI Jakarta, Sumatera Utara, dan Jawa Barat menjadi 5 Provinsi teratas yang paling banyak disebutkan terkait Demo Penolakan Kenaikan Harga BBM.

Isu diantaranya yakni:

Nusa Tenggara Barat

Aksi ribuan mahasiswa tolak kenaikan harga BBM di Mataram, Nusa Tenggara Barat, berlangsung ricuh. Ribuan mahasiswa ini berupaya masuk ke dalam Gedung DPRD NTB untuk menyuarakan aspirasi. Aksi saling dorong tak terhindarkan. Mereka menolak kenaikan harga BBM lantaran dinilai akan menyulitkan masyarakat.

Sulawesi Selatan

Media sosial dibikin heboh peristiwa tembakan panah dari barikade polisi, saat pembubaran demo tolak harga BBM naik di Kota Makassar, yang berakhir ricuh. Propam Polda Sulsel mengatakan pihaknya mengaku belum mengetahui siapa pelakunya, mengingat aksi pemanahan terekam video dari balik barikade polisi.

DKI Jakarta

Fraksi Partai Keadilan Sejahtera ( PKS ) Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) DKI Jakarta menolak kenaikan harga Bahan Bakar Minyak (BBM) di Rapat Paripurna, Selasa (6/9/2022). Di sela-sela rapat Ketua Fraksi PKS di DRPD DKI Achmad Yani tampak memberikan interupsi dan menyatakan sikap menolak kebijakan tersebut. Dia mengatakan bahwa pihaknya mendapat beberapa aspirasi masyarakat yang mengeluhkan kebijakan tersebut. Terlebih dampaknya pada beberapa sektor, terutama kalangan ekonomi ke bawah.

Ragam Cuitan Warganet

Share :

Related Articles