Respon Warganet Terkait Kenaikan Tiket Masuk Borobudur

Bayu Septian

07 June 2022 07:22

Photo Candi Borobudur by Eugenia Clara on Unsplash

Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan telah mengumumkan harga tiket masuk Candi Borobudur sebesar Rp 750.000 untuk turis lokal pada Minggu (05/06).

Sementara untuk wisatawan asing (WNA), tiket masuk ditetapkan sebesar 100 dollar AS, namun keputusan ini masih belum final dan masih dalam tahap evaluasi.

Direktur Utama PT Aviasi Pariwisata Indonesia (Persero) Dony Oskaria mengatakan, kenaikkan Harga Tiket ini bertujuan membatasi jumlah pengunjung.

Pembatasan kunjungan ini dilakukan untuk tujuan konservasi Candi sebagai situs bersejarah.

Baca Juga: Guliran Isu Pemberitaan Kepadatan Statsiun Manggarai

Sejarah Borobudur

Candi Borobudur yang berlokasi di Kabupaten Magelang, Jawa Tengah merupakan tempat yang bersejarah dan memiliki kisah yang panjang.

Mengutip dari situs TWC Indonesian Heritage Management, Dinasti Sailendra membangun peninggalan Budha terbesar di dunia antara 780-840 Masehi.

Dinasti Sailendra merupakan dinasti yang berkuasa pada masa itu. Peninggalan ini dibangun sebagai tempat pemujaan Budha dan tempat ziarah.

Tempat ini berisi petunjuk agar manusia menjauhkan diri dari nafsu dunia dan menuju pencerahan dan kebijaksanaan menurut Buddha.

Peninggalan ini ditemukan oleh Pasukan Inggris pada tahun 1814 dibawah pimpinan Sir Thomas Stanford Raffles.

Area candi berhasil dibersihkan seluruhnya pada tahun 1835.

Borobudur dibangun dengan gaya Mandala yang mencerminkan alam semesta dalam kepercayaan Buddha.

Struktur bangunan ini berbentuk kotak dengan empat pintu masuk dan titik pusat berbentuk lingkaran.

Jika dilihat dari luar hingga ke dalam terbagi menjadi dua bagian yaitu alam dunia yang terbagi menjadi tiga zona (Kamadhatu, Rupadhatu, Arupadhatu) di bagian luar, dan alam Nirwana di bagian pusat.

Koridor Candi Borobudur

Selama restorasi pada awal abad ke 20, ditemukan dua candi yang lebih kecil di sekitar Borobudur, yaitu Candi Pawon dan Candi Mendut yang segaris dengan Candi Borobudur.

Candi Pawon berada 1.15 km dari Borobudur, sementara Candi Mendut berada 3 km dari Candi Borobudur.

Terdapat kepercayaan bahwa ada hubungan keagamaan antara ketiga candi tersebut namun masih belum diketahui secara pasti proses ritualnya.

Ketiga candi membentuk rute untuk Festival Hari Waisak yag digelar tiap tahun saat bulan purnama pada Bulan April atau Mei.

Festival tersebut sebagai peringatan atas lahir dan meninggalnya, serta pencerahan yang diberikan oleh Buddha Gautama.

Baca Juga: Anies-Puan Dirasa Cocok Maju Pilpres 2024, Ini Kata Pengamat

Analisis Kazee Media Monitoring Terkait Tiket Borobudur

Berangkat dari hal tersebut, Kazee Digital Indonesia mencoba memetakan data yang tersebar terkait isu pengunduran diri CPNS menggunakan sistem media monitoring. Periode analisis dilakukan pada tanggal 25-31 Mei 2022.

Dalam rentang waktu tiga hari terkahir yakni 4-6 Juni 2022, terdapat total ekspos data sebanyak 3.090 data terbagi kedalam linimasa twitter 1.038 data termasuk komentar, reply, dan like.

Selain itu, ekspos dalam pemberitaan terdapat 1.700 data, dan sisanya youtube, instagram dan facebook.

Komposisi Isu Kenaikan Tiket Borobudur

Perubahan harga tiket tersebut menjadi Rp 750 ribu yang disampaikan Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Menko Marves) menjadi buah bibir warganet.

Warganet menilai bahwa kenaikan harga tiket akan berdampak kepada masyarakat kalangan bawah, sehingga tidak semua orang dapat melihat warisan budaya dan sejarah khususnya pada candi Borobudur karena terhalang biaya yang dinilai mahal.

Top Person

Direktur Utama Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan, dan Ratu Boko (Persero) Edy Setijono menjadi Top Person terkait kenaikan tiket masuk Borobudur.

Hal tersebut berkaitan dengan klarifikasi yang dilakukannya karena perspektif masyarakat yang menanggap bahwa harga tiket wisata candi Borobudur untuk turis domestik yang mencapai Rp 750 ribu dianggap terlalu mahal. 

Edy Setijono menjelaskan bahwa tiket seharga Rp 750 ribu perorang bagi turis lokal hanya untuk menaiki Candi Borobudur, sementara harga tiket masuk kawasan candi masih tetap Rp 50 ribu per orang untuk wisatawan nusantara.

Selain itu, kenaikan harga naik ke candi borobudur untuk melindungi bangunan Candi atau konservasi demi menjaga kelestarian kekayaan sejarah dan budaya nusantara

Top Organisasi

PT Taman Wisata Candi (TMC) menjadi organisasi paling banyak diberitakan dan disebutkan baik di media online maupun media sosial.

Respon Netizen Pada Linimasa Twitter

Berikut ini merupakan tangkapan layar terkait respon atau tanggapan netizen pada linimasa twitter yang diambil dari system Kazee Media Monitoring.

Share :

Related Articles