Guliran Isu Pemberitaan Kepadatan Stasiun Manggarai

Bayu Septian

01 June 2022 14:36

Sumber Foto: Detik.com

Salah satu sorotan di media baru-baru ini tertuju pada kepadatan Stasiun Manggarai saat pemberlakuan rute baru.

PT Kereta Api Indonesia (Persero) menerapkan perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek mulai 28 Mei 2022. Perubahan perjalanan terjadi pada lintas Cikarang/Bekasi dan lintas Bogor/Depok/Nambo serta pola transit pengguna KRL di Stasiun Manggarai.

Mengutip dari pemberitaan media, perubahan pola operasi tersebut menimbulkan kepadatan di Stasiun Manggarai.

Dalam artikel ini, akan dibahas isu apa saja yang bergulir selama sepekan terakhir menyoal kepadatan Stasiun Manggarai saat pemberlakuan rute baru.

Baca Juga: Ekspor CPO Kembali Dibuka, Berikut Isu yang Berkembang di Media

Mengutip kanal resmi KAI Commuter, Pada hari pertama (28 Mei 2022) tercatat jumlah pengguna yang melakukan perjalanan sebanyak 464.451 orang, dimana khusus di Stasiun Manggarai volume pengguna sebanyak 20.152 orang. Di stasiun ini pengguna yang transit mencapai lebih dari 120.000 hingga 200.000 orang setiap harinya.

Kepadatan yang terjadi seiring dengan penerapan SO5 atau Switch Over ke-5 di Stasiun Manggarai. Switch over yang di maksud di sini adalah pergantian atau peralihan sistem persinyalan, operasional, atau pelayanan guna meningkatkan keandalan layanan kepada pengguna jasa kereta.

Sebelum adanya SO5, pengguna kereta harus menyeberang rel, namun dengan penerapan SO5 dan seiring pembangunan renovasi Stasiun maka pengguna KRL nantinya tak perlu menyeberang rel.

Pembangunan ini untuk meningkatkan keselamatan dan keamanan para pengguna saat berpindah kereta seiring terus bertambahnya perjalanan kereta yang melintas Stasiun Manggarai dan terus bertambahnya volume pengguna.

Analisis Media Monitoring

Dalam analisis media monitoring, artikel ini akan berisi bagian dari media monitoring meliputi  top isu dan sampel isu yang menjadi pemberitaan.

Sebaran Data

Dalam pantauan 25 – 31 Mei 2022, data bergerak dengan akumulasi pada platform pemberitaan media massa daring sebayak 764 artikel.

Adapun puncak ekspos tertinggi diberitakan pada tanggal 30 Mei 2022 sebanyak 265 artikel dimana isu sorotan media tertuju pada:

  • Vice President (VP) Corporate Secretary PT KAI Commuter Anne Purba menyarankan penumpang memanfaatkan Stasiun transit lainnya selain Stasiun Manggarai untuk mengurai kepadatan
  • Eskalator menuju peron 12-13 arah Nambo, Depok dan Bogor mati karena banyaknya penumpang sehingga beban pun berlebih
  • Mengurangi kepadatan pengguna KRL di Stasiun Manggarai, KAI memberlakukan KRL Feeder di jam sibuk

Sebaran Isu

Dampak Perubahan Rute KRL Dikeluhkan, KAI Commuter Minta Maaf

Isu terbesar tertuju pada KAI Commuter selaku operator KRL Jabodetabek yang meminta maaf karena perubahan rute KRL yang berlaku sejak Sabtu (28/5/2022) menyebabkan keterlambatan kereta dan penumpukan penumpang. Keluhan para pengguna KRL membanjir melalui media sosial.

Mengurangi kepadatan pengguna KRL di Stasiun Manggarai, KAI memberlakukan KRL Feeder di jam sibuk

Selanjutnya isu tertuju pada Direktur Utama KAI Didiek Hartantyo menyatakan, sejumlah kepadatan para pengguna KRL dapat segera terurai setelah berbagai antisipasi yang dilakukan oleh KAI seperti pengoperasian KRL Feeder sejumlah relasi tujuan.

Transjakarta Tambah Bus Di Halte Manggarai

Isu ketiga media menyoroti PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) mengerahkan 5 unit armada tambahan guna mengantisipasi penumpukan penumpang akibat adanya perubahan rute KRL Jabodetabek. Kepala Departemen Komunikasi Korporasi dan CSR PT Transportasi Jakarta Iwan Samariansyah mengatakan armada tambahan disiapkan supaya dapat membantu mengurangi penumpukan penumpang.

Penumpang di Stasiun Manggarai Membludak Sampai Terjepit Berdesakan

Isu ini diangkat oleh media melaporkan bahwa ribuan pengguna KRL masih memadati Stasiun Manggarai. Media juga menggambarkan sejumlah penumpang tampak berlari-larian dan memaksa masuk ke dalam gerbong meskipun sudah penuh. Adapun disebutkan bahwa kepadatan terjadi pada peron 12 dan 13 tujuan Bogor. Di peron ini, ratusan penumpang berjajar sepanjang peron hingga beberapa baris.

KAI menyarankan penumpang memanfaatkan Stasiun transit lainnya selain Stasiun Manggarai untuk mengurai kepadatan

Isu ini diangkat oleh Vice President (VP) Corporate Secretary PT KAI Commuter Anne Purba menyarankan penumpang memanfaatkan stasiun transit lainnya selain Stasiun Manggarai, Jakarta Selatan. Vice President (VP) Corporate Secretary PT KAI Commuter Anne Purba mengatakan stasiun lainnya yang bisa digunakan sebagai transit, yakni Duri, Angke, dan Kampung Bandan.

Tren Keyword Dalam Pemberitaan

Keyword KRL, Commuter, Transit, Switch menjadi paling besar dan banyak digunakan oleh media secara luas. Hal tersebut merujuk pada liputan langsung kejadian soal diterapkannya perubahan pola operasi perjalanan KRL Jabodetabek mulai 28 Mei 2022.

Redaksi Media

Media tier nasional seperti Kompas, Tribun News dan Sindo menjadi media yang paling banyak memproduksi pemberitaan terkait dengan kepadatan Stasiun Manggarai saat pemberlakuan rute baru.

Share :

Related Articles