Perhatikan ini saat Ingin Membuka Bisnis Ritel

Cahaya Muslim

05 February 2024 10:10

Saat memutuskan untuk membuka bisnis ritel, Anda perlu memperhatikan banyak hal. Salah satunya adalah permasalahan lokasi. Seperti diketahui, retail juga dapat diartikan sebagai eceran. Maksudnya, penjualan barang yang dilakukan satu-satu atau jumlahnya sedikit.

Umumnya, target marketnya adalah untuk keperluan rumah tangga atau digunakan sehari-hari oleh individu. Oleh sebab itu, untuk menentukan lokasi, Anda dapat mempertimbangkan lokasi yang padat penduduk. Bagaimana caranya untuk mendapatkan lokasi strategis bagi bisnis ritel Anda? Yuk, simak selengkapnya di sini.

Baca Juga: <strong>Apa Itu Location Intelligence dan Seberapa Penting Bagi Sebuah Bisnis</strong>

Apa itu Bisnis Ritel?

Bisnis ritel adalah penjualan produk dan jasa yang tujuannya untuk memenuhi kebutuhan si pemakai akhir. Bisnis ini juga dapat diartikan sebagai usaha bersama dalam bidang perniagaan dalam jumlah kecil kepada pengguna akhir.

Artinya, target konsumen dari bisnis ritel adalah orang-orang yang membutuhkan produk atau jasa untuk langsung digunakan oleh mereka. Jadi, konsumen membeli barang dari bisnis ritel bukan untuk dijual kembali, melainkan digunakan sendiri. Biasanya, jenis-jenis bisnis ritel ini seperti warung kelontong, minimarket, hingga supermarket.

Apabila diperhatikan, bisnis-bisnis tersebut dapat dengan mudah dijumpai di pinggir jalan, gang-gang kecil, atau tempat-tempat yang banyak dilalui oleh orang lain. Tujuannya agar tempat bisnis dikunjungi banyak pembeli. Hal ini menunjukkan betapa pentingnya pengaruh lokasi bagi bisnis ritel. 

Faktor-Faktor yang Perlu Diperhatikan saat Ingin Membuka Bisnis Ritel

Dalam membuka bisnis ritel, Anda tidak hanya sekadar menyiapkan modal. Akan tetapi, terdapat beberapa faktor yang perlu diperhatikan saat ingin membuka bisnis ini. Tentunya, Anda tidak ingin bisnis ritel Anda berakhir sepi. Oleh sebab itu, perhatikan faktor-faktor seperti lokasi, alur distribusi pengiriman barang, hingga penataan produk. Berikut penjelasannya.

Lokasi

Saat membuka bisnis ritel, lokasi sudah seharusnya menjadi faktor utama yang harus diperhatikan. Lokasi sangat menentukan bagaimana bisnis ritel Anda berjalan nantinya.

Tidak sekadar ramai, Anda juga perlu memperhatikan lokasi sekitar tempat berbisnis. Apakah lokasi sekitar ideal dengan bisnis ritel Anda? Bagaimana suasana lokasi sekitar? Hal ini akan membantu Anda mendapatkan gambaran mengenai pengalaman customer saat berbelanja di toko Anda.

Distribusi Penyediaan dan Pengiriman Barang

Ketika membuka bisnis ritel, artinya Anda harus menyediakan barang dalam jumlah yang besar. Perhatikanlah distribusi penyediaan sekaligus pengiriman barang.

Jangan sampai Anda kesulitan memenuhi kebutuhan customer karena tidak memperhatikan aspek distribusi ini. Perhatikan bagaimana alur distribusi barang Anda nantinya. Bayangkan skema cara yang mudah dan cepat untuk menangani barang-barang yang Anda jual.

Penataan Produk

Penataan produk sangat penting bagi customer untuk menemukan barang yang mereka butuhkan. Anda bisa mempelajari mengenai perilaku konsumen. Contohnya, memahami psikologi warna, hingga meletakkan produk yang sesuai sejajar dengan mata konsumen.

Tidak hanya itu, penataan produk juga dapat dilakukan dengan mempertimbangkan banyak hal lain. Intinya, bagaimana caranya agar konsumen akhirnya memutuskan membeli sebuah produk atau jasa saat melihat produk yang telah Anda tata sedemikian rupa.

Menggunakan Location Intelligence untuk Menentukan Lokasi Bisnis Ritel

Seperti diketahui, salah satu faktor penting dalam membuka bisnis ritel adalah menentukan lokasi. Menemukan lokasi strategis yang sesuai tidaklah mudah. Anda perlu menghabiskan banyak waktu untuk melakukan survei sampai akhirnya merasa cocok dengan lokasi tertentu.

Akan tetapi, tahukah Anda bahwa ada sebuah tools bernama location intelligence yang dapat membantu Anda memudahkan proses ini? Location intelligence tools adalah alat untuk melakukan pengumpulan data hingga analisis berdasarkan data geografis, spasial, zonasi, hingga tata ruang. 

Tools ini membantu Anda dengan mudah melakukan perencanaan kota, zonasi, dan analisis seluruh lokasi di Indonesia. Tidak hanya itu, location intelligence tools membantu memungkinkan untuk memvisualisasikan data di peta.

Dalam hal bisnis ritel, location intelligence membantu dalam memetakan unit bisnis Anda dan menganalisis pasar Anda secara geografis. Dari sini, Anda bisa dengan mudah menentukan lokasi bisnis ritel yang strategis. Dapatkan gambaran jelas mengenai calon lokasi bisnis Anda melalui location intelligence. Yuk, coba demonya sekarang.

Share :

Related Articles